Hasil Observasi Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Dan Globalisasi Di Bidang Teknologi Hiburan Dan Informasi Di Dsn. Grasak Kab. Grobogan

Hallo teman-teman…

Kali ini penulis akan membahas mengenai perubahan sosial. Dimana materi tersebut berada di dalam mata kuliah Pengantar Sosiologi yang penulis tempuh ketika Semester 1 lalu. Tugas observasi mengenai perubahan sosial dan globalisasi tersebut bertujuan untuk menambah pemahaman mengenai mata kuliah Pengantar Sosiologi yang penulis tempuh. Semoga bermanfaat….

  1. Perubahan Sosial dan Globalisasi di Bidang Teknologi

Istilah teknologi berasal dari kata “techne” yaitu “cara” dan “logos” yaitu “pengetahuan”. Jadi pengertian teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia. Sebenarnya teknologi sudah ada sejak jutaan tahun lalu untuk membantu kehidupan manusia di zaman dahulu, namun masyarakat belum menyebutnya sebagai teknologi. Dalam arti umum teknologi juga dapat disebutkan sebagai sistem yang dapat bekerja dengan hasil pemikiran manusia.

Kemajuan teknologi tidak dapat kita hindari dalam kehidupan kita. Karena dengan berkembangnya teknologi akan seimbang dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang kita miliki. Setiap penemuan baru diciptakan memiliki manfaat positif bagi kehidupan manusia agar mendapat sesuatu hal yang lebih mudah. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat telah memberikan banyak manfaat dari berbagai macam penemuan yang telah ditemukan saat ini.

Namun demikian, meskipun pada awalnya teknologi diciptakan agar berdampak positif bagi masyarakat, disisi lain teknologi ternyata juga memiliki dampak yang negatif. Berbagai dampak positif dan negatif dapat terjadi akibat dari kemajuan teknologi, namun kita sebagai masyarakat harus cerdas dalam menanggapi kemajuan teknologi sehingga kita tidak terjebak didalam dampak negatif tersebut.

  1. Perubahan Teknologi Informasi dan Hiburan

Sejak dahulu teknologi sudah ada dan manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunkan teknologi karena manusia memiliki akal dan pikiran. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan pikiranya untuk menyelesikan setiap masalah yang dihadapinya. Kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesatnya beriringan pula dengan berkembangnya masyarakat tradisional menuju masyarakat yang modern, kemudian secara otomatis perkembangan tersebut menuntut masyarakat menuju kearah globalisasi. Penyebab utama yang paling dominan dari permasalahan tersebut adalah pada aspek teknologi informasi.

Teknologi informasi senantiasa berkembang, mulai dari yang sederhana hingga yang canggih seperti sekarang ini. Hal ini terjadi karena setiap manusia senantiasa membutuhkan informasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang mereka miliki. Informasi ini menjadi hal yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Tanpa adanya informasi, kehidupan akan tertinggal dan tidak mengalami perkembangan dan kemajuan. Oleh karena itu teknologi informasi senantiasa berkembang dari waktu ke waktu seperti halnya yang terjadi di dusun Grasak. Informasi sangat diperlukan. Pada awalnya masyarakat dusun Grasak mendapatkan informasi serta bertukar informasi melalui media lisan namun seiring perkembangan zaman munculah alat elektronik sebagai sumber informasi. Dari media lisan sendiri,masyarakat sering kali bertukar informasi antara satu dengan lainya. Mulai dari masalah-masalah sepele. Hingga masalah-masalah yang benar-benar penting. Bahkan sering kali terjadi fitnah atas berita atau masalah yang mereka bicarakan. Masyarakat masih sering bergosip karena hal itu sudah menjadi kebiasaan bagi mereka. Disamping pekerjaan rumah yang sudah selesaikan, mereka kebanyakan adalah sebagai ibu rumah tangga yang tidak memiliki kesibukan. Namun sekarang telah banyak masyarakat yang tidak hanya menjadi ibu rumah tangga, namun juga memiliki usaha lain untuk memperbaiki perekonomian mereka. Sehingga mengurangi intensitas bergosip oleh para masyarakat.

Selain informasi yang didapat secara lisan, banyak juga informasi yang masyarakat dapatkan melalui media elektronik. Media elektronik tersebut seperti televisi, radio, serta telepon genggam yang saat ini hampir seluruh lapisan masyarakat memiliki alat-alat elektronik tersebut. Melalui media-media tersebutlah masyarakat mendapatkan informasi dan mendapatkan wawasan baru mengenai dunia luar disekitar mereka, entah itu politik, sosial, pendidikan, kesehatan, bahkan mengenai selebriti yang menjadi idola mereka. Hal ini membuat masyarakat semakin modern dan mulai meninggalkan tradisionalitas.

Disamping media informasi, banyak pula terjadi perubahan globalisasi didalam masyarakat dalam bidang hiburan. Masyarakat dsn. Grasak, pada zaman dahulu mendapatkan hiburan dari pagelaran-pagelaran budaya yang diadakan oleh masyarakat sekitar sendiri. Seperti wayang orang, wayang kulit, ketoprak, karawitan, tayuban, serta orkes musik dangdut. Bagi anak-anak kecil mereka sering kali menghibur diri mereka dengan cara bermain dengan teman-teman sepermainan mereka. Dengan begitu, mereka tidak merasa jenuh berada dirumah dan bahagia karena bisa bermain dan mendapatkan banyak teman baru di lingkungan sekitar mereka tinggal. Namun seiring berkembangnya teknologi, muncul radio sebagai hiburan bagi masyarakat. Setelah muncul radio, munculah televisi sebagai hiburan untuk masyarakat. Mulai dari televisi hitam putih, berwarna, besar, kecil, bahkan televisi LED. Selain radio dan televisi, ada pula handphone yang memiliki aplikasi sebagai hiburan. Seperti internet, permainan, dan masih banyak lagi yang lainya. Perkembangan teknologi hiburan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu, bagi anak-anak yang lahir dari keluarga berada, mereka cenderung menghibur diri mereka dengan bermain dengan alat elektronik seperti handphone dan playstation (PS). Namun disamping hal tersebut juga terdapat banyak dampak negatif yang timbul akibat dari perkembangan teknologi informasi dan hiburan tersebut.

Dampak positif dari kemajuan teknologi tersebut antara lain seperti berikut :

  1. Memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi yang mereka butuhkan
  2. Mempercepat penyebar luasan informasi untuk masyarakat
  3. Waktu yang menjadi lebih efektif dan efisien dengan mudahnya mendapat informasi
  4. Informasi dan hiburan yang dibutuhkan masyarakat semakin berkembang dan inovatif
  5. Masyarakat dapat mendapatkan hiburan darimana saja dan dimana saja
  6. Masyarakat dapat menciptakan hiburan yang mereka inginkan

Dampak negatif dari kemajuan teknologi sebagai berikut :

  1. Ketergantungan masyarakat terhadap teknologi semakin tinggi
  2. Bagi para pelajar, mereka akan malas belajar karena semua informasi yang mereka perlukan ada di internet
  3. Kurangnya interaksi antar sesama
  4. Para seniman lokal akan tergeser dengan adanya hiburan yang serba instan pada kemajuan teknologi
  5. Sosialisasi yang kurang akan menimbulkan sikap antisosial pada masyarakat
  6. Terkikisnya rasa simpati dan empati antar sesama manusia

Kesimpulan

            Semua hasil dari perkembangan teknologi disegala bidang apapun itu. Sebenarnya diciptakan untuk memudahkan segala aktivitas manusia. Apalagi pada bidang teknologi informasi, dimana informasi sangat dibutuhkan oleh manusia. Informasi adalah sumber dari segala pengetahuan dan wawasan yang dimiliki oleh manusia. Dizaman yang modern ini segalanya serba instan, cepat dan tepat. Sepertihalnya informasi. Selain itu hiburan merupakan suatu hal yang penting juga bagi kehidupan manusia. Dimana apabila manusia tidak memiliki hiburan, manusia dapat terkena stres akibat rutinitas yang tiada hentinya itu. Sehingga hiburan merupakan alat untuk menyegarkan kembali otak dan fikiran dari segala rutinitas yang dijalani setiap hari. Oleh karena itu, manusia sangat membutuhkan informasi dan hiburan. Kedua hal tersebut merupakan kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi. Walaupun tidak sedikit pula yang menyalah gunakan kemajuan eknologi pada saat ini. Kita sebagai makhluk yang memiliki akal dan budi pekerti, maka kita seharusnya dapat mensyukuri dan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan hiburan ini untuk menjadikan hidup kita menuju arah yang lebih baik lagi.

Daftar Pustaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: