KONSERVASI

Konservasi adalah upaya-upaya pelestarian lingkungan akan tetapi tetap memperhatikan manfaat yang bisa didapatkan pada saat itu dengan cara tetap mempertahankan keberadaan setiap komponen-komponen lingkungan untuk pemanfaatan dimasa yang akan datang. Konservasi bertujuan untuk memelihara maupun melindungi tempat-tempat yang dianggap berharga supaya tidak punah dan rusak. Selain itu juga menghidupkan kembali fungsi yang sebelumnya dari bangunan tersebut atau mengganti fungsi lama dengan fungsi yang baru. Melindungi benda-benda sejarah atau benda jaman purbakala dari kerusakan yang diakibatkan oleh faktor alam, dan manusia. Serta melindungi benda-benda cagar alam yang dilakukan secara langsung yaitu dengan cara membersihkan, memelihara dan memperbaiki baik itu secara fisik maupun secara langsung dari pengaruh berbagai macam faktor, misalnya seperti faktor lingkungan yang bisa merusak benda-benda tersebut.

Konservasi juga bermanfaat terhadap ekosistem yaitu, untuk melindungi kekayaan ekosistem alam dan memelihara keseimbangan ekosistem secara berkelanjutan. Melindungi spesies flora dan fauna. Untuk melindungi ekosistem yang indah, menarik dan unik. Untuk melindungi ekosistem dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor alam, mikro organisme dan lainya. Untuk menjaga kualitas lingkungan supaya tetap terjaga.

Dilihat dari segi ekonomi konservasi bermanfaat untuk mencegah kerugian yang diakibatkan oleh sistem penyangga kehidupan misalnya yaitu kerusakan pada hutan lindung,daerah aliran sungai dan lain-lain. Kerusakan pada lingkungan akan menimbulkan bencana dengan demikian akan menyebabkan kerugian bagi masyarakat maupun pemerintah. Selain itu untuk mencegah kerugian yang diakibatkan hilangnya sumber genetika yang terkandung pada flora yang mengembangkan bahan pangan dan bahan untuk obat-obatan.

Beberapa contoh konservasi alam adalah sebagai berikut, yaitu cagar alam, suaka marga satwa, dan hutan bakau atau hutan manggrove.

Tulisan ini di buat untuk mengikuti komptisi blog bidik misi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: