RUMAH ILMU UNTUK MEMBANGUN UNIVERSITAS KONSERVASI BEREPUTASI

Konservasi, sebuah kata sederhana yang akan memberikan perubahan besar bagi dunia saat mampu untuk dilakukan dan diaplikasikan dengan baik. Universitas Negeri Semarang (Unnes) adalah salah satu Universitas di Indonesia yang menerapkan nilai-nilai konsevasi disetiap kegiatan pendidikan.

Jika berbicara tentang rumah ilmu, maka saya akan menjawab bahwa Unnes lah rumah ilmu yang paling tepat digunakan sebagi rumah pembelajaran konservasi. Tempat terbaik dimana seluruh elemen dapat belajar tentang berbagai hal. Sumber dari berbagai ilmu pengetahuan, dan sumber pencetak para lulusan-lulusan profesional yang berkompetensi tinggi. Unnes selalu berupaya untuk menjaga eksistensi nilai-nilai konservasi. Jika dilihat sekarang ini banyak sekali masalah-masalah yang tengah terjadi baik itu dalam segi lingkungan, budaya, ekonomi, sosial, pendidikan dan lain-lain. Disinilah asal mulai munculnya kesadaran untuk melestarikan setiap elemen yang perlu untuk dilindungi. Konservasi adalah upaya pelestarian lingkungan dengan tetap memerhatikan manfaat yang dapat diperoleh dari lingkungan. Di Universitas Negeri Semarang dilaksanakan upaya-upaya konservasi pada 7 pilar yakni : 1. keanekaragaman hayati dan bideversitas; 2. Arsitektur hiau dan transportasi internal; 3. Pengelolaan limbah; 4. Kebijakan nirkertas; 5. Energi bersih; 6. seni dan budaya; 7. kaderisasi konservasi. Terkait dengan hal tersebut, seorang mahsiswa Unnes harus memiliki perilaku konservasi yang didasarkan pada Tujuh Pilar Konservasi yang dimiliki Unnes.

Dan Univesitas Negeri Semarang akan terus mengembangkan nilai-nilai konservasi untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik. Sehingga Unnes akan terus menjadi Rumah Ilmu terbaik bagi siapapun yang berkeinginan untuk belajar tentang konservasi dan hal-hal lain.

Untuk itu saya mengajak kepada seluruh Masyarakat Unnes baik itu Mahasiswa, Tenaga Pendidik, Staff dan karyawan, dan seluruh elemen yang terkait untuk terus menjaga dan mengaplikasikan karakter-karakter konservasi. Sehingga mampu mewujudkan Universitas Negeri Semarang Sebagai rumah ilmu untuk universitas konservasi yang bereputasi. #1

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: