Wujudkan UNNES Sebagai Universitas Konservasi Yang Bereputasi

Begitu mendengar kata konservasi pasti yang pertama diingat adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mengapa demikian? Karena unnes adalah salah satu kampus di Indonesia yang dengan gencar mencanangkan sistem konservasi dalam setiap kegiatan pembelajarannya.

Konservasi adalah upaya pelestarian lingkungan dengan tetap memerhatikan manfaat yang dapat diperoleh dari lingkungan. Salah satu wujud konservasi adalah konservasi sumber daya alam, yakni upaya pengelolahan sumber daya alam yang menjamin pemanfaatannya secara bijaksana. Konservasi juga dapat dipandang dari segi ekonomi dan ekologi. Konservasi dari segi ekonomi adalah usaha mengalokasikan sumber daya alam untuk sekarang, sedangkan dari segi ekologi, konsevasi merupakan alokasi sumber daya alam untuk sekarang dan masa yang akan datang. Konservasi dalam pengertian sekarang sering diterjemahkan sebagai the wise of nature resource.

Universitas negeri Semarang (unnes) adalah salah satu uiversitas yang mengedepankan pentingnya konservasi. Dalam Peraturan Rektor Universitas Negeri Semarang Nomor 27 Tahun 2012 tentang Tata Kelola Kampus Berbasis Konservasi di Universitas Negeri Semarang pada Pasal 2 disebutkan bahwa tata kelola berbasisis konservasi bertujuan mewujudkan suasana kampus hidup secara bijaksana melalui pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup dan partisipasi, penuh dari warga unnes.

Berdasarkan pemahaman tersebut makan setiap unit kerja bertanggung jawab mendukung, menjaga, memantaun dan melakukankoordinasi untuk mewujudkan partisipas 7 (tujuh) pilar konsevasi yaitu : 1) konservasi keanekaragam hati; 2) arsitektur hijau dan sistem bersih; 6) konservasi,etika, seni dan budaya; dan 7) kaderisasi konservasi. Ketujuh pilah tersebut saling melengkapi, bersinergi, dan mendukung.

Nilai – nilai konservasi menjadi suatu eksistensi yang sangat tinggi di Unnes. Bagaimana tidak disetiap kegiatan-kegiatan pembelajaran baik itu intra maupun ekstra selalu diselipi nilai-nilai konservasi didalamnya.

Selain itu, unuk menjaga eksistensi dari konservasi. Universitas negeri Semarang mengadakan program senam konservasi dan tari konservasi yang merupakan program kuliah bersama bagi mahasiswa pengampu mata kuliah Pendidikan Konsevasi. Kegiatan tersebut memiliki dampak yang positif terhadap perkembangan karakter konservasi di kalangan mahasiswa dan tenaga pendidik di Universitas Negeri Semarang.

Mari sebagai kader-kader konservasi kita bersama membangun Universitas Negeri Semarang Sebagai Rumah ilmu untuk mewujudkan Kampus konservasi yang bereputasi. #2

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: