PUISI PERJALANAN INI

Mentari pagi mulai menyapa

Kulihat indahnya pagi dari jendela

Kuhirup udara pagi yang menyegarkan jiwa

Berkah rahmat Tuhan Yang Maha Esa

Kala mentari mulai beranjak naik

Ku langkahkan kaki dengan ikhtikad hati

Menjalankan kewajiban yang diberi

Menuntut ilmu sepenuh hati

Langkah kaki melangkah dengan pasti

Dengan semangat yang tiada henti

Bersama kawan bersenang hati

Menuntut ilmu di Universitas Konservasi

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

MEMBANGUN RUMAH ILMU UNTUK MEWUJUDKAN UNIVERSITAS KONSERVASI #3

Pada tahun 2010, Universitas Negeri Semarang melakukan perubahan yaitu dengan mendedikasikan sebagai universitas konservasi. Unnes adalah satu-satunya universitas yang pertama kali berani menerapkan konservasi dalam perwujudan pendidikannya. Inilah salah satu wujud Universitas Negeri Semarang dalam mewujudkan rumah ilmu yang diharapkan bisa memberikan pendidikan yang bukan hanya pendidikan formal namun pendidikan yang mampu memberikan ilmu kepada para mahasiswanya untuk melestarikan lingkungan alam sekitar dan nantinya diharapkan dapat menyalurkan semua ilmu yang didapat kepada masyarakat atau khalayak umum agar bisa bersama-sama menjaga lingkungan alam di bumi kita ini.

Usaha yang dilakukan Unnes pada saat ini sudah melakukan usaha pengkonservasian di lingkungan sekitar kampus dengan membangun hutan mini di dekat Fakultas Mipa dan FBS. Unnes juga sudah memiliki rumah pembibitan, rumah kupu, dan rumah kompos. Dengan begitu diharapkan Unnes bisa mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana cara melestarikan alam kepada mahasiswa-mahasiswa Unnes dengan di mulai dengan hal yang kecil namun sangat bermanfaat untuk beberapa tahun ke depannya apabila itu dilakukan dengan bersama-sama dan konsisten.

Seperti pada sekarang ini, unnes memberikan pembelajaran kepada mahasiswa baru dengan mata kuliah umum pendidikan konservasi. Itu merupakan salah satu perwujudan rumah ilmu yang dilakukan oleh Unnes. Mata kuliah pendidikan konservasi bukan hanya dilakukan di dalam ruang dengan hanya mendapatkan materi-materi namun mata kuliah ini dilakukan di luar ruangan seperti setiap berapa bulan sekali diadakan senam dan tari konservasi. Juga diadakan perlombaan parikan konservasi yang itu bisa memberikan nilai lebih dalam perwujudan rumah ilmu di Unnes ini. Unnes juga mewajibkan setiap mahasiswa baru untuk melakukan penanaman pohon dengan setiap mahasiswa 5 pohon. Dengan ini diharapkan dapat menanamkan ilmu konservasi dan pelestarian alam di dalam diri mahasiswa.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Pentingkah Menanamkan Jiwa Konservasi Dalam Diri Mahasiswa??? #2

Apasih konservasi itu? Emang konservasi itu penting ya?

Mungkin pertanyaan tersebut sering terdengar dan sering terutarakan oleh mahasiswa. Ya konservasi mungkin adalah sebuah kata asing yang baru didengar oleh mahasiswa khususnya mahasiswa baru. Karena ketika mereka masih sma tidak pernah mendengar kata konservasi.

Apasih konservasi?

Konservasi adalah upaya yang dilakukan oleh manusia untuk melestarikan atau melindungi alam. Bukan hanya itu konservasi juga memiliki definisi lain yang dipandang dari berbagai sudut. Konservasi juga sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan di indonesia. Universitas negeri semarang yang dikenal sebagai kampus konservasi memiliki tujuan untuk melindungi sumber daya alam yang ada di bumi ini dengan menanamkan jiwa konservasi pada setiap diri mahasiswa. Bukan hanya mahasiswa tetapi semua pihak-pihak unnes. Tetapi disini mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa diharapkan ke depannya dapat membantu melestarikan bumi kita ini agar tidak banyak terjadi kerusakan alam. Mahasiswa juga diharapkan bisa mensosialisasikan konservasi kepada masyarakat.

Namun saat ini kesadaran akan konservasi pada diri mahasiswa masih kurang. Masih banyak yang kurang membudayakan jalan kaki maupun bersepeda. Alasannya bermacam-macam seperti kampus jauh,unnes itu luas jarak per fakultasnya juga lumayan jauh. Sebenernya unnes sudah menyediakan transportasi internal yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa namun untuk saat ini transportasi tersebut belum bisa berjalan dikarenakan minimnya kendaraan dan banyak kendaraan yang rusak.

Namun di sini diharapkan mahasiswa tetap menjalankan aturan-aturan konservasi yang sudah ditetapkan oleh unnes. Perwujudan konservasi bukan hanya pada perilaku namun dalam diri itu juga penting. Jadi diharapkan kepada semua mahasiswa maupun semua pihak yang ada di unnes menguatkan jiwa-jiwa konservasi dan bisa meneguhkan jati diri kita sebagai kampus konservasi. Mari kita wujudkan bersama konservasi yang unggul.

Salam konservasi!

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

parikan konservasi

menyang pasar tuku lombok brambang bawang

arep mulih mampir tuku tempe

iki Universitas Negeri Semarang

konservasi dadi semboyanne

 

menyang banjarsari

mampir omahe rosi

kampusku lestari

UNNES ku konservasi

jangan kacang winor godong kara

digawe bareng karo budhe darsi

piweling mring mahasiswa

aja lali budaya konservasi

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

UNNESKU KONSERVASI #1

Konservasi adalah upaya yang dilakukan oleh manusia untuk melestarikan atau melindungi alam. Konservasi dapat didefinisikan hal-hal lain. Salah satu contohnya adalah di indonesia, berdasarkan peraturan undang-undang, konservasi didefinisikan pengelolahan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediannya dengan tetap memelihara dan meningkatan kualitas keanekaragaman dan nilainya.

Pada tahun 2010, Universitas Negeri Semarang mendedikasikan sebagai kampus konservasi. Hal ini bertujuan agar unnes menjadi kampus yang bisa melestarikan berbagai sumber daya alam yang ada di sekitar daerah unnes. Unnes juga menerapkan arsitektur hijau dan sistem transportasi internal.

Saat ini unnes sudah menerapkan 7 pilar konservasi yang mewakili setiap fakultasnya. System ini haruslah didukung oleh semua pihak dan warga Unnes agar dapat berjalan dengan baik dan agar tercapai misi Unnes untuk menjadi kampus konservasi internasional. Seperti ketika di lingkungan kampus hendaknya berjalan kaki, bersepeda maupun menggunakan transportasi umum atau transportasi internal yang sudah disediakan oleh pihak Unnes. Dalam hal ini unnes juga menerapkan kepada setiap mahasiswa jiwa-jiwa konservasi melalui mata kuliah umum Pendidikan Konservasi. Disini diharapkan setiap mahasiswa bisa ikut serta melestarikan alam dan mendukung terciptanya kampus konservasi yang diharapkan.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”