UNNESKU KONSERVASI #1

Konservasi adalah upaya yang dilakukan oleh manusia untuk melestarikan atau melindungi alam. Konservasi dapat didefinisikan hal-hal lain. Salah satu contohnya adalah di indonesia, berdasarkan peraturan undang-undang, konservasi didefinisikan pengelolahan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediannya dengan tetap memelihara dan meningkatan kualitas keanekaragaman dan nilainya.

Pada tahun 2010, Universitas Negeri Semarang mendedikasikan sebagai kampus konservasi. Hal ini bertujuan agar unnes menjadi kampus yang bisa melestarikan berbagai sumber daya alam yang ada di sekitar daerah unnes. Unnes juga menerapkan arsitektur hijau dan sistem transportasi internal.

Saat ini unnes sudah menerapkan 7 pilar konservasi yang mewakili setiap fakultasnya. System ini haruslah didukung oleh semua pihak dan warga Unnes agar dapat berjalan dengan baik dan agar tercapai misi Unnes untuk menjadi kampus konservasi internasional. Seperti ketika di lingkungan kampus hendaknya berjalan kaki, bersepeda maupun menggunakan transportasi umum atau transportasi internal yang sudah disediakan oleh pihak Unnes. Dalam hal ini unnes juga menerapkan kepada setiap mahasiswa jiwa-jiwa konservasi melalui mata kuliah umum Pendidikan Konservasi. Disini diharapkan setiap mahasiswa bisa ikut serta melestarikan alam dan mendukung terciptanya kampus konservasi yang diharapkan.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: