Hello Semuanya..

Kali ini saya akan memberikan rangkuman materi SMA Kelas XI tentang Kelompok Sosioal di Masyarakat. Jadi untuk lebih lanjut silahkan langsung saja simak materinya dibawah ini.

Apa itu kelompok sosial?

Berikut pandangan para ahli tentang pengertian kelompok sosial:

  1. Paul B. Horton berpendapat bahwa kelompok berarti setiap kumpulan manusia secara fisik (misalnya, sekelompok orang yang sedang menungu bus kota).
  2. Ronald L.Warren berpendapat bahwa satu kelompok sosial meliputi sejumlah manusia yang berinteraksi dan memiliki pola interaksi yang dapat dipahami oleh anggotanya secara keseluruhan.
  3. Robert K. Merton mendefinisikan kelompok sebagai sekumpulan orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang telah mapan.

Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa kelompok sosial adalah kumpulan individu yang memiliki hubungan dan saling berinterksi sehingga mengakibatkan timbulnya rasa kebersamaan dan rasa saling memiliki.

Tipe-tipe Kelompok Sosial

Soejono Soekanto Mengklasifikasikan Jenis-jenis Kelompok Sosial:

  1. Berdasarkan besar kecilnya jumlah anggota
  2. Berdasarkan derajat interaksi sosial
  3. Berdasarkan kepentingan dan wilayah
  4. Berdasarkan derajat organisasi
  5. Berdasarkan kesadaran terhadap jenis yang sama
  6. Berdasarkan hubungan sosial dan tujuan (kelompok pimer dan sekunder)

Hubungan Antar Kelompok dalam Masyarakat

Dimensi Hubungan Antarkelompok

Dalam hubungan antarklompok, berkait berbagai macam dimensi, diantaranya adalah dimnsi demografi, sikap, nstitusi, gerakan sosial, dan tipe utama hubungan antarkelompok. Namun kita akan membatasi bahasan pada empat dimensi yang telah dikemukakan, meliputi:

  1. Dimensi Sejarah

Hubungan antarkelompok dilihat dari dimensi sejarah diarahkan pada masalah tumbuh dan berkembangnya hubungan antarkelompok. Hal ini terkait dengan timbulnya stratifikasi etnik, stratifikasi jenis kelamin, dan stratifikasi usia.

  1. Dimensi Sikap

Dalam hubungan antarkelompok, sering muncul terjadi suatu prasangka dalam stereotip. Prasangka dalam hubungannya antar kelompok merupakan sikap bermusuhan yang ditunjukan pada suatu kelompok tertentu atas dasar dugaan bahwa kelompok tersebut mempunyai ciri yang tidak menyenangkan. Sikap ini dinamakan prasangka karena didasari oleh pengetahuan, pengalaman, ataupun bukti yang memadai. Contohnya terdapat pandanga bahwa orang batak mempuyai sifat yang kasar dan agresif. Ada juga yang beranggapan bahwa orang padang mempunyai sifat yang penuh perhitungan. Hal tersebut hanyalah prasangka yang bersifat subjektif.

  1. Dimensi Institusi

Dimensi Institusi dalam hubungan antarkelompok dapat berupa institusi politik dan ekonomi. Institusi dalam masyarakat dapat memperkuat pengendalian sosial sikap dan hubungan antar kelompok.

  1. Dimensi Gerakan Sosial

Hubungan antarkelompok sering melibatkan gerakan sosial, baik yang diprakarsai oleh pihak yang menginginkan perubahan maupun oleh mereka yang ingin mempertahankan keadaan yang sudah ada.

Pola Hubungan Antar Kelompok

  1. Akulturasi, terjadi apabila kedua kelompok ras yang bertemu mulai brbaur dan berpadu.
  2. Dominasi terjadi bila suatu kelompok ras menguasai kelompok lain.
  3. Peternalisme adalah suatu bentuk dominasi kelompok ras pendatang atas kelompok ras pribumi.
  4. Pluralisme adalah suatu pola hubungan yang mengakui adanya peramaan hak politik dan perdata masyarakat.
  5. Integrasi adalah suatu pola hubungan yang mengakui adanya perbedaan ras dalam masyarakat, tetapi tidak memberikan perhatian khusus terhadap ras tersebut.

Berdasarkan materi diatas, saya akan memaparkan sebuah arikel tentang kelompok sosial di masyarakat.

Silahkan untuk mengeklik link dibawah:

http://wwwcerminguru.blogspot.co.id/2012/01/kelompok-sosial-dalam-masyarakat.html

Kemudian untuk menambah wawasan mengenai materi ini, maka saya akan memaparkan beberapa soal pengayaan. Silahkan untuk mengerjakan soal dibawah ini:

  1. Apakah yang dimaksud dengan paternalisme? Menurut anda, bagaimana hal tersebut dapat terjadi?
  2. Ada banyak kelompok sosial di masyarakat khususnya di Indonesia, akibatnya dapat terjadi konflik kepentingan antarkelompok. Menurut pendapat anda bagaimana cara menyelaraskan kepentingan-kepentingan yang beragam antarkelompok?
  3. Berikan contoh fenomena akulturasi budya yang berada di Indonesia!

Demikian adalah rangkuman materi tentang Kelompok Sosial di Masyarakat. Jika terdapat kekurangan bisa komen di kolom komentar yang tersedia. Kritik dan saran anda sangatlah diperlukan.

Terimakasih.. semoga ilmunya bermanfaat..

Sumber:

Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2014. Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Esis Erlangga.