Hallo semuanya…

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan manfaat tanaman hias didalam kamar kos. Postingan ini diajukan untuk mata kuliah Penulisan Kreatif dan Ilmiah Populer pada semester empat.

Untuk lebih tahu tentang manfaat tanaman hias didalam kos, yuk simak penjelasan dibawah ini.

Selamat membaca, semoga bermanfaat…

Tanamanan hias didalam ruangan, pastinya kalian sudah bisa membayangkan kan Guys? Pasti kalian juga pernah melihatnya. Sebagian dari kalian menganggap tanaman hias ya hanya berguna untuk mempercantik eksterior saja kan? Eits, kalian jangan salah, tanaman hias mempunyai banyak manfaat yang tidak sembarangan lho, seperti contoh yang paling menonjol adalah manfaat untuk kesehatan. Tentunya hal ini sangat cocok bagi kalian para anak kost, karena tidak sedikit anak kost yang kurang memperhatian kesehatan. Yah mungkin saja saya termasuk dalam kategori tersebut, karena saya sering didepan layar monitor berjam-jam unuk menonton darama Korea, hehe. Baiklah kita kembali ke manfaat tanaman hias, terutama manfaat tanaman hias didalam kamar kost, apa saja sih manfaatnya?

  1. Menurunkan Stres

Mungkin bagi kalian yang anak kost sedang ada banyak masalah seperti banyaknya tugas yang menumpuk ataupun belum dapat uang transferan mungkin. Nah, tanaman hias ini bermanfaat untuk menurunkan stres karena setiap warna memiliki efek yang berbeda secara psikis dan melihat benda-benda berwarna hijau seperti tanaman dapat membuat pikiran lebih segar. Wow!

  1. Memberi Inspirasi

Ketika kalian sedang membutuhkan inspirasi seperti misalnya mencari inspirasi untuk membuat judul penelitian, judul skripsi ataupun dengan mencari inspirasi untuk memotifasi diri sendiri, jangan ragu untuk meletakan tanaman hias di kamar kost kalian. Warna pada dedaunan dapat memberikan inspirasi dan energi positif pada sekelilingnya, termasuk juga pada kalian!

  1. Sebagai Pembersih Udara Alami

Mengingat banyaknya mahasiswa yang menggunakan kendaraan bermotor di wilayah kampus saya UNNES, mengakibatkan asap kendaraan mengotori udara dan tentunya udara menjadi kotor dan tidak sehat untuk dihirup, hal ini tentunya sangat tidak baik untuk pernafasan dan juga paru-paru. Dengan adanya tanaman hias di kamar kost, maka tanaman tersebut dapat membersihkan udara disekeliling kita.

  1. Menyejukan Mata

Banyak dari kita yang  merasakan ketika sedang melihat dedaunan yang berwarna hijau, maka membuat mata kita akan terasa sejuk dan rileks. Ketika mata lelah misalnya akibat menatap layar komputer berjam-jam, ataupun setelah membaca buku, melihat tanaman dapat membuat mata kita menjadi terasa segar kembali lho Guys. Apalagi bagi kalian yang sedang mengerjakan tugas ataupun skripsi.

  1. Menyembuhkan Sakit Kepala

Karbondioksida yang tinggi didalam ruangan dapat menyebabkan sakit kepala. Maka dari itu tindakan meletakan tanaman hias didalam kamar kost sangatlah tepat, karena tanaman dapat memproduksi oksigen dan menurunkan karbondioksida, sehingga kita lebih banyak menghirup udara yang lebih segar dan sehat.

  1. Melembabkan Kulit

Bagi kalian para perempuan yang sangat memperhatikan penampilan tentu saja tidak mau mempunyai kulit kering kan? Ingin perawatan kulit juga mahal, apalagi mengingat kalau kita ini anak kos dan tidak mau kantong menjadi bolong hanya karena hal ini. Nah, ada solusinya nih. Selain kalian meminum air putih yang cukup dan memakan buah dan sayur-sayuran, kalian juga dapat meletakan tanaman hias didalam ruangan karena tanaman menjadi filter alami bagi udara dan dapat meningkatkan kelembaban udara dalam ruangan, sekalipun kita tinggal di iklim yang kering. Hal ini tentunya baik untuk menjaga kulit kita agar tidak kering.

Naaah, bagaimana menurut kalian? Banyak sekali kan manfaatnya? Mulai dari kesehatan sampe kecantikan kulit juga ada hehe. Yuk, belajar hidup sehat mulai dari sekarang Guys! Walaupun kita sebagai anak kost tetapi bukan berarti kita dapat mengabaikan kesehatan, karena lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Untuk mendapatkan tanaman hias juga tidak susah kok, tidak harus yang mahal juga bahkan tidak harus beli, karena tanaman tersebut sangat mudah didapatkan. Jika bagi kalian yang tidak mau ribet menyiram tanaman setiap saat, kalian dapat menanam kaktus karena tanaman ini mampu hidup berhari hari tanpa disirami air, atau bagi yang tidak mempunyai banyak waktu dan mau lebih praktis lagi kalian dapat menanam dengan hidroponik. Hidroponik merupakan bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah, melainkan menggunakan media air seperti contoh gambar diatas. Tempat dari tanaman tersebut juga tidak harus membeli, bisa juga memanfaatkan botol bekas karena memang kampus saya UNNES merupakan kampus yang berbasis konservasi maka saya memanfaatkan botol bekas seperti gambar diatas. Agar lebih menarik lagi, kalian bisa menghias botol tersebut agar terlihat lebih cantik.

Bagaimana Guys? Tertarik untuk meletakan tanaman hias dikamar kost? Selamat mencoba, semoga bermanfaat.