Dalam setiap masyarakat memiliki nilai-nilai kebudayaan yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang telah disepakati pada masyarakat bersangkutan. Nilai kebudayaan tersebut dapat membangun sikap toleransi, empati, dan saling menghargai diantara masyarkat Indonesia. Dimana Indonesia merupakan negara kepulauan dan multietnik, sehingga dengan adanya nilai kultural tersebut dapat menciptakan masyarakat Indonesia yang daman dan rukun. Salah satu contoh nilai kebudayaan yang ada dalam masyarakat yaitu gotong royong. Budaya gotong royong sudah melekat dengan nilai-nilai sosial yang diperlukan untuk kemajuan dan mensejahterakan masyarakat.

Gotong royong adalah budaya yang telah tumbuh dan berkembang dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia sebagai warisan budaya yang masih ada dan dilakukan secara turun temurun. Gotong royong merupakan bentuk kerjasama masyarakat dalam mencapai suatu hasil positif dari tujuan yang dicapai secara musyawarah dan mufakat yang dilakukan bersama. Dalam melakukan gotong royong harus dilandasi dengan semangat kebersamaan, toleransi, kepercayaan sehingga dapat tercipta hidup damai dan rukun.

Perubahan sosial memberikan dampak negatif pada nilai gotong royong dalam masyarakat. Adanya budaya konsumerisme, hedonisme, individual mengakibatkan tatanan dalam masyarakat menjadi rusak. Nilai dan norma sosial sebagai perekat dalam kehidupan bangsa semakin diabaikan. Nilai gotong royong dalam masyarakat mulai dikesampingkan dan tampaknya hanya sebagai simbol belaka. Perubahan sosial dapat terjadi secara tiba-tiba, hal tersebut dapat teratasi dengan menanamkan nilai-nilai kebudayaan yang lebih mendalam. Budaya gotong royong dapat diperkuat dan dijadikan rujukan acuan dalam kebidupan bangsa. Salah satunya dengan memperkuat institusi sosial lokal yang selama ini masih bertumpu pada nilai-nilai kebersamaan, menjunjung tinggi moral, saling menghargai, saling percaya sebagai penguatan kembali nilai budaya gotong royong dalam masyarakat.

Untuk lebih dalam memahami materi ini dapat klik https://news.liputan6.com/read/3138107/gotong-royong-kunci-pemanfaatan-iptek-dan-inovasi-riset?source=search

Penugasan

  1. Dari paparan materi diatas, bagaimana budaya gotong royong dalam masyarakat saat ini?
  2. Bagaimana cara dalam menjaga budaya gotong royong?

Referensi:

Effendi, Tadjuddin Noer. 2013. Budaya Gotong Royong Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi. Vol. 2. No.1.

Materi diatas sudah diposting oleh blof milik Vena Yulinda. Untuk memahami lebih lanjut silahkan membuka link dibawah:

Materi Pembelajaran 3 Antropologi Kelas XI : Cultural Values