Serba-Serbi Perawatan Bayi Baru Lahir yang Harus Diperhatikan Oleh Pasangan Muda


Perawatan bayi baru lahir menjadi sebuah hal yang cukup rumit untuk dilakukan jika masih kurang pengetahuan ataupun pengalaman. Nah, hal ini yang sering terjadi pada pasangan muda yang baru pertama kali memiliki buah hati dan belum terlalu berpengalaman dalam merawat buah hatinya yang baru lahir tersebut. Karena itulah kita akan membahas tentang serba-serbi perawatan bayi yang harus diperhatikan oleh para pasangan muda agar nantinya lebih siap dalam merawat buah hatinya.

Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Memandikan bayi yang baru lahir menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki bayi, memandikan bayi bisa jadi sebuah hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Pasangan muda biasanya masih kebingungan dalam memandikan si kecil karena masih minimnya pengalaman yang dimilikinya.

Meskipun tampak seperti sebuah tantangan, perawatan bayi baru lahir yang satu ini sebenarnya tak sesulit yang dibayangkan. Yang terpenting adalah Anda harus punya keberanian untuk memegang tubuh si kecil. Setelah itu, Anda bisa mulai memandikannya dengan hati-hati agar bayi tetap merasa nyaman saat dimandikan.

Dalam memandikan bayi yang baru lahir, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Perlengkapan mandi bayi yang perlu dipersiapkan adalah air hangat, sabun bayi, sikat halus, wash lap, handuk, dan bak mandi bayi.

Merawat Tali Pusar

Dalam merawat tali pusar, Bunda harus senantiasa menjaga kebersihannya agar tidak terjadi infeksi. Sebelum tali pusar belum lepas, pastikan agar kondisinya selalu kering. Apabila tidak sengaja terkena air, maka Bunda harus segera mengeringkannya dengan menggunakan kain kasa yang steril. Untuk membersihkan kotoran pada tali pusar, Bunda cukup menggunakan baby oil dan kapas yang bersih. Biasanya tali pusar akan lepas dengan sendirinya dalam 1-4 minggu setelah bayi dilahirkan.

Menyusui Bayi yang Baru Lahir

Menyusui bayi yang baru lahir adalah sebuah pengalaman baru yang begitu berkesan bagi ibu yang baru memiliki buah hati untuk pertama kalinya. Meski demikian, untuk ibu yang belum punya pengalaman dalam menyusui buah hati tercinta, tentu saja akan muncul perasaan bingung dan khawatir.

Meski ada rasa khawatir, bingung, atau bahkan takut dalam menyusui buah hati tercinta, namun pada dasarnya setiap ibu memiliki kemampuan untuk menyusui bayinya asalkan ada keyakinan pada dirinya bahwa dia bisa melakukannya.

Sebenarnya tidak ada ketentuan waktu terbaik untuk menyusui, namun ketika bayi sudah rewel ataupun memasukkan jempolnya ke mulut, maka itu tandanya bayi lapar dan menginginkan ASI. Biasanya bayi yang baru lahir minta disusui oleh ibunya setiap 2-3 jam sekali.

Itulah beberapa halĀ  tentang perawatan bayi baru lahir yang perlu diperhtikan oleh pasangan muda. Untuk mememudahkan orang tua dalam merawat buah hatinya yang baru dilahirkan, kini hadir rangkaian produk Mitu Baby perawatan bayi baru lahir. Untuk merawat kelembutan kulit bayi, Bunda dapat menggunakan Mitu Baby Sensitive Wipes. Untuk perawatan kulit bayi saat mandi, gunakan Mitu Baby Milk Bath. Bunda dapat juga menggunakan Mitu Baby Liquid Powder untuk membuat kulit bayi selalu tampak segar. Selain itu, ada pula Mitu Baby Oil dan Mitu Baby Cologne yang bisa Anda gunakan untuk membuat kulit bayi semakin sehat dan terawat.

  1. No comments yet.
(will not be published)


Skip to toolbar