Fungsi dan Tujuan Supply Chain Management


Supply chain management penting dalam industri bisnis. Supply sendiri artinya adalah sejumlah material yang disimpan dan juga dirawat sesuai dengan aturan tertentu dan dalam tempat persediaan atau inventory supaya selalu kondisi siap dipakai, di tata usahakan dalam buku perusahaan. Supply ini akan berhubungan dengan pemasok dan juga konsumen sehingga disebut sebagai supply chain. Supply chain memiliki arti suatu sistem yang mana menyalurkan barang produksi dan juga jasanya kepada para pelanggan. Rantai ini juga menjadi jaringan dari beberapa organisasi yang saling berhubungan dalam tujuan yang sama.

Pengertian SCM ini dikemukakan oleh para ahli yang berbeda, contohnya menurut Mentzer et. Al (2001) yang mengemukakan jika SCM suatu koordinasi sistem yang strategis antara fungsi bisnis tradisional dan juga taktik seluruh fungsi bisnis di dalam perusahaan tertentu dan juga di seluruh perusahaan dalam rantai suatu pasokan, tujuannya agar bisa meningkatkan kinerja dalam jangka panjang perusahaan individu rantai pasokan secara menyeluruh.

Fungsi SCM

Ada beberapa fungsi umum dari supply chain management ini. Fungsi yang pertama adalah merencanakan atau planning yang berfungsi untuk merencanakan apa yang akan dilakukan untuk bisa mencapai tujuan bisnis atau industri tersebut.  Yang kedua adalah sebagai organize yaitu untuk mengorganisasikan semua lini atau komponen untuk mencapai tujuan yang sudah direncanakan. Selain itu memiliki fungsi berupa penyedia sumber daya atau staff  penyusun organisasi perusahaan. Tujuan selanjutnya adalah instruksi atau directing yaitu menciptakan instruksi kerja supaya sumber daya atau staff di perusahaan bisa melaksanakan rencana yang telah dibuat.

Fungsi yang terakhir dari SCM ini adalah pengendalian atau control. Dari instruksi kerja yang diberikan akan dilakukan kontrol atau pengecekan untuk memastikan bahwa standar kerja maupun instruksi yang diberikan tersebut sesuai dengan ketetapan dan juga tujuan operasional perusahaan. Melihat dari beberapa fungsi manajemen yang sudah disebutkan di atas SCM ini memiliki peranan berupa mengubah bahan baku dan komponen yang dibutuhkan kemudian mengirimnya ke konsumen. SCM juga akan meyakinkan bahwa pengiriman produk atau jasa mampu memuaskan pelanggan.

Tujuan

Setelah Anda tahu fungsi dari SCM ada baiknya jika Anda tahu apa yang menjadi tujuan dari SCM tersebut. Supply chain management ini memiliki tujuan kerja sama di semua rangkaian jaringan perusahaan lebih terjaga untuk bisa mencapai tujuan dan kepuasan pelanggan. SCM juga bertujuan mempertimbangkan lokasi maupun fasilitas, aktivitas biaya produksi barang maupun jasa yang diinginkan oleh pelanggan dari tangan supplier dan pabrik kemudian disimpan di gudang, setelah itu didistribusikan. Yang kedua adalah mencapai efisiensi, biaya di seluruh sistem dan juga total biaya dari transportasi sampai dengan kegiatan pendistribusian.

Supply chain management ini akan lebih efektif jika digabungkan dengan WMS atau warehouse management system dimana keduanya saling melengkapi karena SCM ini sangat tergantung pada efisiensi WMS.

  1. No comments yet.
(will not be published)


Skip to toolbar