4 Tips Pemberian Makanan Kucing yang Tepat


Tidak hanya jenis makanan kucing saja yang wajib diketahui. Namun penting bagi Anda untuk mengetahui seperti apa tips pemberian pakan yang baik dan benar. Sebagus apapun jenis makanan yang Anda berikan jika pemberian makannya tidak sesuai akan menyebabkan pertumbuhan kucing terganggu dan kesehatannya tidak terjaga secara maksimal. Pakan yang bergizi tinggi juga harus di imbangi dengan pemberian pakan yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips pemberian makanan kucing yang wajib untuk diperhatikan:

Jaga Higienitas Tangan dan Tempat Makan

Sebelum Anda tahu bagaimana cara memberikan makanan kucing yang baik dan benar ada baiknya jika Anda menjaga higienitas dan kebersihan tempat makan terlebih dahulu. Alasannya adalah kuman akan bisa mudah menyebar dari tangan dan tempat pakan yang kotor. Anda bisa mencuci tangan Anda terlebih dahulu sebelum memberikan makan dan cuci tempat pakan dengan sabun dan keringkan sebelum digunakan agar tidak menimbulkan bau.

Jika Anda juga memelihara beberapa kucing sekaligus dan tidak bisa akur ada baiknya jika memisahkan tempat makan mereka.  Tempat makan ini harus dari bahan keramik atau stainless steel agar mudah dibersihkan dan lebih higienis. Pilih tempat makan dengan tingkat kedalaman yang pas agar kucing bisa makan dengan nyaman dan aman.

Berikan Makan Secara Rutin

Tips memberikan pakan yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah berikanlah secara rutin di waktu yang sama setiap harinya. Dengan waktu yang sama ini Anda akan bisa melatih kedisiplinan kepada kucing-kucing kesayangan Anda. Waktu makan yang terbaik adalah yang hari ini dan hari selanjutnya sama. Anda bisa mencatat kapan Anda bisa memberikan waktu makan yang tepat ini.

Frekuensi

Tips selanjutnya adalah frekuensinya. Untuk anak kucing dengan usia 4 minggu ke atas akan lebih baik jika Anda memberikannya makan empat kali dalam sehari, sementara itu khusus kucing yang sudah berusia dewasa Anda bisa memberikannya pakan tiga kali di dalam sehari. Yang harus Anda perhatikan adalah kucing ini akan tidur beberapa kali dalam sehari dan selama beberapa jam sehingga ketika terbangun akan lapar. Anda bisa mencatat dan mengenali kebiasaan tidur kucing agar pemberian makan tidak bertabrakan dengan jam tidurnya.

Makanan Basah atau Kering

Yang sering menjadi pertanyaan bagi cat lover adalah bagus mana makanan basah atau kering.  Kedua makanan tersebut bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan kucing dimana mudah ditemukan di pet shop. Untuk kucing tertentu sejenis persia makanan basah akan lebih cocok dicampurkan dengan daging yang masih fresh dengan kualitas bagus. Selain itu juga baik untuk anakan kucing karena kandungan lemak yang cukup tinggi. Namun hal yang harus Anda perhatikan adalah selain umur kucing bertambah akan lebih baik jika mengurangi porsi lemak dan juga menggantinya dengan kandungan protein dan juga kadar serat yang tinggi. Untuk kucing dewasa Anda bisa memberikan pakan kucing yang kering.

Demikianlah tips pemberian makanan kucing yang wajib untuk Anda ketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

  1. No comments yet.
(will not be published)


Skip to toolbar