Perbedaan Desinfeksi dan Sterilisasi Yang Perlu Anda Ketahui


Desinfeksi dan Sterilisasi memiliki tujuan akhir yang sama yakni sebuah aktivitas untuk menghilangkan beberapa unsur yang mengotori benda lain. Mengotori disini juga bisa disebut dengan mencemari,  namun keduanya memiliki perbedaan dalam pengertian serta prosesnya.

Pengertian desinfektas yaitu suatu proses yang mana mampu mencegah, dan bahkan menghilangkan mikroorganisme dari benda mati. Adapun contoh mikroorganisme ini yaitu bakteri, virus dan kuman yang mana akan berakibat fatal serta sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja.

 

Sedangkan sterilisasi yaitu suatu proses yang mana mampu membunuh mikroorganisme. Tindakan sterilisasi mampu menghancurkan spora dari benda mati,  pengobatan, dan juga cairan. Nah, karena keduanya memiliki pengertian serta proses yang berbeda, tentunya ada beberapa Perbedaan Desinfeksi dan Sterilisasi.

Perbedaan Sterilisasi Dan Desinfeksi Dari Beberapa Segi

  1. Pengertian

Pertama yaitu dilihat dari segi pengertian. Untuk pengertian sterilisasi dan desinfeksi sudah dibahas di atas tadi yang intinya sama-sama mampu menghilangkan bakteri seperti virus. Jika disinfeksi bisa menghilangkan mikroorganisme tidak termasuk spora nya.

Sedangkan strerilisasi bisa menghilangkan mikroorganisme termasuk sporanya. Virus tersebut berada pada benda mati serta permukaanya.

  1. Metode

Kedua yaitu dilihat dari metodenya. Untuk metode dari desinfeksi yaitu memakai desinfektan yang mana seperti pemutih, klorin, hydrogen peroksida, pasteurisasi, pemanasan, dan detergen.

Sedangkan sterilisasi menggunakan metode yaitu pemanasan, iradiaso, tekanan yang tinggi, penyaringan dan bahan kimia.

  1. Jenis

Ketiga yaitu dilihat dari jenisnya. Untuk jenis desinfeksi yaitu desinfektan udara, alcohol, aldehida dan agen pengoksidasi. Sedangkan jenis sterilisasi yaitu penguapan, pemanasan, proses kimia, radiasi dan filtrasi.

  1. Aplikasi

Keempat yaitu dilihat dari aplikasinya. Untuk aplikasi desinfeksi yaitu berguna untuk mendekontaminasi pada permukaan benda serta udara. Sedangkan aplikasi untuk sterilisasi biasanya digunakan untuk instrument bedah, medis, makanan dan juga obat-obatan.

Kita bisa menarik kesimpulan bahwa antara desinfeksi dan sterilisasi memiliki perbedaan yang cukup significant. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Selain perbedaan diatas, ada juga perbedaan lainya.

Adapun perbedaanya yaitu, deinfeksi biasanya sering digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Sedangkan sterilisasi sering digunakan untuk dunia medis atau kesehatan.

Desinfeksi sering digunakan untuk benda mati serta pada permukaannya saja. Melakukan desinfeksi tidak boleh terkena kulit. Kenapa tidak boleh kena kulit? Karena bahan yang digunakan berbahaya bagi kulit manusia.

Adapun beberapa benda mati yang menggunakan desinfektan seperti kamar tidur, kamar mandi, lantai, rumah, sekolah, kantor, mall dan juga tempat bermain. Tempat-tempat umum seperti itu yang biasanya sering dihinggapi kuman.

Sedangkan sterilisasi, bisa digunakan untuk makanan dan juga berbagai alat kesehatan. Nah proses sterilisasi ini sering juga digunakan di semua rumah sakit atau tempat medis.

Adapun contoh desinfeksi seperti akhir-akhir ini, yaitu dengan cara menyemprotkan cairan desinfektan pada benda mati yang mana mampu menghilangkan serta membunuh virus covid 19 yang bisa dilakukan atau disemprot pada benda mati seperti ruangan, rumah, tempat kerja, tempat belanja dan tempat beribadah.

Jasa semprot disinfektan amat direkomendasikan karena dalam pekerjaannya sudah menggunakan peralatan yang sesuai standar keamanan Medis lengkap. Karena jika tidak hati-hati dalam menggunakan disinfektan di rumah, disinfektan juga bisa membahayakan bagi kesehatan jika terhirup oleh orang sekitar di rumah maupun terkena kulit. Pastikan anda memakai jasa semprot disinfektan profesional dan juga berpengalaman.

Itulah Perbedaan Desinfeksi dan Sterilisasi yang bisa Anda ketahui dan semoga kita semua terhindar dari virus yang mengguncang dunia sata ini.

, , , ,

  1. No comments yet.
(will not be published)


Skip to toolbar