Suku Baduy adalah suatu kelompok masyarakat adat sub-etnis Sunda yang masih menjaga kebudayaan aslinya. asal mula nama Suku Baduy adalah tempat tinggal mereka yang secara turun temurun di lembah-lembah pegunungan Baduy. Nama sebenarnya dari Suku Baduy adalah Suku Kanekes. Terdapat dua lapisan masyarakat, yaitu:

  1. Suku Baduy dalam; yang keseluruhannya merupakan asli dari Suku Baduy yang masih berpegang teguh pada adat istiadat nenek moyangnya. Suku Baduy dalam biasanya menggunakan baju serba putih dan ikat kepala serba putih yang dibuat sendiri dengan tangan para wanita. baju mereka disebut dengan Jamang Sangsang.
  2. Baduy Luar, yang telah terpengaruh oleh teknologi ataupun agama (yang bukan menjadi kepercayaan Suku Baduy). Baduy Luar biasanya menggunakan baju yang berwarna hitam yang menandakan mereka sudah tidak suci. mereka juga terkadang menggunakan kaos atau celana jins seperti biasa.

Suku Baduy menganut animisme. inti dari kepercayaan mereka adalah ‘pikukuh’ yang berarti kepatuhan. terdapat arca yang menjadi obyek dari kepercayaan Suku Baduy yakni Arca Damas.

Suku Baduy Dalam maupun Baduy Luar menggunakan bahasa sunda dalam keseharian mereka. namun suku Baduy luar banyak yang telah mengerti bahasa Indonesia.

Annisa Medika MaulianaAntropologi SMAAntropologi UmumSosiologi SMASosiologi UmumUmumSuku Baduy adalah suatu kelompok masyarakat adat sub-etnis Sunda yang masih menjaga kebudayaan aslinya. asal mula nama Suku Baduy adalah tempat tinggal mereka yang secara turun temurun di lembah-lembah pegunungan Baduy. Nama sebenarnya dari Suku Baduy adalah Suku Kanekes. Terdapat dua lapisan masyarakat, yaitu: Suku Baduy dalam; yang keseluruhannya merupakan...Just a little library