Manfaat Daun Pepaya Untuk Pengobatan

Manfaat Daun Pepaya Untuk Pengobatan – Buah Pepaya berasal dari benua amerika yaitu berasal dari meksiko dan mempunyai nama latin carcia papaya selain buahnya yang manis dimakan pepaya muda juga dapat di jadikan sayur dengan cara di tumis.

Daun pepaya yang di rebus juga sering di gunakan untuk lalapan dengan sambal. Namun manfaat dan khasiat pepaya bukan hanya itu saja. Daun pepaya juga bermanfat untuk pengobatan. Mari kita simak ulasan berikut:

Manfaat Daun Pepaya Untuk Pengobatan

1. Kandungan nutrisi dalam daun pepaya.

Kandungan dalam daun pepaya antara lain Vitamin A, B, C, kalsium, protein, lemak, kalori, hidrat arang, zat besi, air. Dan zat untuk obat cacing yaitu carposide. Tidak hanya itu dalam akar dan getah pepaya juga terdapat zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit dan vitamin.

2. Manfaat Daun Pepaya.

*. Mengobati demam berdarah.

Daun pepaya dapat mengobati penyakit demam berdarah. Caranya ambil 4 atau 5 lembar daun pepaya, lalu rebus dengan 3 gelas air. Biarkan hingga mendidih hingga tersisa 1 gelas. Dan minum air rebusan ini sekaligus. Tetapi jangan terlalu sering mengkomsumsi air rebusan daun pepaya ini, kecuali penderita pada tahap yang mengawatirkan.

*. Menambah Nafsu Makan.

Daun pepaya dapat menambah nafsu makan, caranya ambil daun pepaya segumpal telapak tangan, lalu rebus dengan air dan beri sedikit garam, setelah daun pepaya matang lalu blender hingga halus. Minum air jus daun pepaya tersebut. Jus ini pun aman di gunakan untuk anak-anak.

*. Mengobati Nyeri pada Saat Haid.

Daun pepaya juga dapat mengobati rasa nyeri pada saat haid, caranya ambil selembar daun pepaya dan asam jawa serta tambah sedikit garam. Lalu rebus dan minumlah selagi hangat.

*. Melancarkan pencernaan.

Memakan daun pepaya sebagai lalapan dengan nasi dan sambal atau merebusnya lalu di makan dapat membantu pencernaan anda lancar. Karena zat karpain dalam daun pepaya dapat membunuh micro organisme yang menggangu sistem pencernaan.

*. Anti Jerawat.

Daun pepaya dapat di jadikan masker wajah anti jerawat dan mengobati jerawat. Caranya keringkan daun pepaya, lalu tumbuk sampai halus dan campurkan sedikit air. Selanjutnya oleskan pada wajah seperti menggunakan masker pada umumnya.

*. Anti kanker.

Getah batang dan Daun pepaya mempunyai banyak getah putih seperti susu. Menurut beberapa penelitian getah putih pada pepaya dapat mencega kanker. Getah ini otomatis kita dapat jika kita mengkonsumsi daun pepaya. Dimasak dengan cara apapun.

*. Mengobati sakit perut Balita.

Bagi ibu yang mempunyai balita yang sering kembung, daun pepaya dapat mengobatinya. Caranya ambil 2 atau 3 lembar daun pepaya, dan daun dadap serep, kapur sirih secukupnya. Tumbuk ramuan ini hingga halus dan usapkan pada perut balita yang kembung.

*. Mengobati balita yang kekurangan nutrisi.

Daun pepaya dapat mengobati balita yang kekurangan nutrisi. Caranya: ambil selembar daun pepaya , cuci bersih dan rebus dengan segelas air. Minumkan ramuan ini 2 Sendok makan sehari.

*. Manfaat lain.

Selain bermanfaat untuk kesehatan. Daun Pepaya juga dapat memperlunak daging saat di rebus. Tapi jangan terlalu banyak daun pepaya, agar rasanya tidak pahit.

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.