Ardhi Prabowo
Catatan Kegiatan dan Aktifitas Saya di dunia pendidikan, kemahasiswaan, jurnal ilmiah, pelatihan, dan kegiatan profesional lainnya
Menyusun Modul Pelatihan PPG

IMG-20160128-WA0009Tanggal 26 Januari 2016, bertempat di Hotel Ambhara Jakarta, USAID Prioritas beserta beberapa koordinator PPG berkumpul untuk membahas perbaikan modul yang telah disusun beberapa waktu yang lalu. Pertemuan hari itu khusus membahas mengenai masukan di setiap unit modul pelatihan untuk instruktur PPG yang terdiri atas:

  1. Unit 1: Pembelajaran Aktif
  2. Unit 2: Menulis Jurnal Reflektif
  3. Unit 3: Pertanyaan Tingkat Tinggi
  4. Unit 4: Penilaian Otentik
  5. Unit 5: Persiapan Praktik Mengajar Terbatas
  6. Unit 6: Praktik Mengajar Terbatas
  7. Unit 7: Portofolio
  8. Unit 8: Rencana Tindak Lanjut

Modul pelatihan ini, pada awalnya ditujukan untuk memecahkan masalah pelaksanaan workshop PPG yang dilaksanakan di berbagai LPTK. Pada awalnya koordinator PPG di berbagai LPTK menyampaikan bahwa sebagian besar PTK belum memiliki model pelaksanaan workshop yang optimal. Dengan inisiasi dari USAID Prioritas, yang telah memiliki beberapa modul pelatihan pembelajaran, tim kemudian perlu menyusun sebuah modul pelatihan atau sumber yang dapat membantu instruktur melakukan tugasnya dalam workshop secara optimal.

Kegiatan hari tersebut kemudian dilanjutkan dengan finalisasi modul pelatihan atau buku sumber di Menara Ratu Plaza, di Kantor USAID Prioritas Jakarta. Harapannya modul tersebut akan selesai pada tanggal 28 Januari 2016, dan dilengkapi dengan media video di minggu berikutnya, sehingga pada minggu ketiga bulan Februari, modul tersebut telah dapat didistribusikan ke LPTK untuk didesiminasikan kepada seluruh instruktur PPG di masing-masing LPTK.

Comments are closed.