Ardhi Prabowo
Catatan Kegiatan dan Aktifitas Saya di dunia pendidikan, kemahasiswaan, jurnal ilmiah, pelatihan, dan kegiatan profesional lainnya
Menjadi Narasumber Workshop Reviewer
Categories: Editor Jurnal

aaMG_8838Jurnal ilmiah adalah bidang yang sudah saya geluti sejak tahun 2010. Namun, pengelolaan jurnal ilmiah yang profesional dan optimal baru saya lakukan sejak awal tahun 2013. Bahkan mekanisme proses bisnis online di terbitan ilmiah Kreano, baru saja saya lakukan di tahun 2015.

Sebagaimana dipahami, bahwa proses bisnis online yang ada di pengelolaan jurnal ilmiah ada beberapa tahap. Yaitu, online submission, editing, revieweing, dan finalisation. Dalam pengelolaan jurnal kreano, 3 tahap pertama telah dilakukan secara online, dan tahap finalisasi memang secara bertahap sedang dilakukan. pada prinsipnya, author dan reviewer tidak akan tahu satu sama lain, karena moderasi dilakukan oleh editor.

Pada tanggal 12 Februari 2016 yang lalu, saya menjadi narasumber kegiatan workshop reviewer jurnal di jurusan matematika yang dilakukan di Hotel Grasia Semarang. Dalam kesempatan tersebut saya memandu 38 dosen dari 43 undangan untuk peserta. Hasil kegiatan antara lain, tereviewnya naskah jurnal kreano dan UJME, serta terlatihnya dosen jurusan matematika untuk melakukan review naskah artikel skripsi melalui online.

Comments are closed.