Ardhi Prabowo
Catatan Kegiatan dan Aktifitas Saya di dunia pendidikan, kemahasiswaan, jurnal ilmiah, pelatihan, dan kegiatan profesional lainnya
Berburu Chagoi
Categories: Hobby

chagoi2_36cm_200105sIkan koi jenis Chagoi, berwarna coklat ini memang tak semenarik kohaku atau showa. Chagoi sebagian besar tubuhnya berwarna gelap, coklat atau hijau tua. Tidak banyak penjual ikan yang memiliki koi jenis ini. Konon, ikan jenis ini adalah panglima dari para ikan koi. Jika ikan koi di kolamnya ingin jinak, setidaknya isilah kolam tersebut dengan satu ekor ikan jenis ini.

Semakin penasaran, saya mencoba mencari ke beberapa petani ikan, Eko&Nomi Koi Farm di daerah siwarak Ungaran adalah yang pertama saya kunjungi. Chagoi pertama yang saya lihat ukurannya jumbo, 50cm, dan harganya sudah selangit, 3,5jt satu ekor. Jelas itu bukan ikan untuk kelas pemula seperti saya. Saya menunggu breeder dan sortirnya saja, yang seharga 250-400k, kata saya.

Gema koi, banjarnegra memberikan angin segar. Petani ikan di banjarnegara tersebut menyampaikan bahwa Hamas koi yang ada di desa sebelahnya berhasil membreedingkan koi jenis tersebut. Namun ukurannya masih terlalu kecil, lanjutnya. Baru sekitar 10-12cm. Masih sangat kecil dan tentunya sangat lama untuk menunggunya besar. Niatan untuk menengok ke Hamas koi musnah, seiring dengan bertambah derasnya hujan di daerah Purwonegoro, Banjarnegara, saat itu.

Masih dalam rangka berburu Chagoi, minggu kemarin, saya berkunjung ke Cepiring, Kendal, di Mr. Koi. Kohaku di farm tersebut luar biasa. Warna dan coraknya sangat menarik, dan harganya pun fantastis. Namun, tekat saya tetap, chagoi yang saya cari. Dari sekian kolam yang ada di sana, saya hanya menemui 1 chagoi yang menarik. 750k dan tak bisa ditawar lagi. Kurang 150, gumam saya, dan ternyata proposal untuk chagoi tidak direstui oleh direktur keuangan. Apa lacur, kami pun pulang dengan cerita bahwa ikan koi ternyata membuat damai pemiliknya.

Salam koi….

Comments are closed.