Ardhi Prabowo
Catatan Kegiatan dan Aktifitas Saya di dunia pendidikan, kemahasiswaan, jurnal ilmiah, pelatihan, dan kegiatan profesional lainnya
Menyusun Modul Adaptasi LPTK
Categories: Roadmap Kegiatan

20160223_075154USAID PRIORITAS adalah program lima tahun yang didanai oleh USAID, dirancang untuk meningkatkan akses pendidikan dasar berkualitas di Indonesia. USAID PRIORITAS adalah bagian dari kesepakatan antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Republik Indonesia. Program ini bekerjasama dengan mitra di tingkat nasional dan daerah untuk meningkatkan kualitas dan relevansi pembelajaran di sekolah, meningkatkan tata kelola dan manajemen pendidikan di sekolah dan kabupaten/kota, serta meningkatkan dukungan koordinasi di dalam dan antar sekolah, lembaga pendidikan/pelatihan guru, dan pemerintah di semua jenjang.

Salah satu program USAID PRIORITAS adalah bekerjasama dengan pihak universitas/LPTK dalam melakukan adaptasi terhadap modul/materi paket pelatihan USAID PRIORITAS yang berfokus pada peningkatan manajemen berbasis sekolah, strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa, membangun komunitas sekolah yang efektif, dan meningkatkan budaya baca di sekolah.

Pada tahun 2014-2015, USAID Prioritas telah menyusun modul 3, pelatihan untuk praktik yang baik di jenjang SD dan SMP. Berdasarkan masukan dari beberapa dosen (diluar instruktur dan fasilitator), bahwa kegiatan tersebut perlu diadakan kegiatan serupa untuk dosen di LPTK. Oleh karena itu pada tanggal 23-25 Februari 2016, USAID PRORITAS melakukan finalisasi modul 3 untuk di adaptasi LPTK di Hotel Grand Kemang jakarta.

Comments are closed.