Ardhi Prabowo
Catatan Kegiatan dan Aktifitas Saya di dunia pendidikan, kemahasiswaan, jurnal ilmiah, pelatihan, dan kegiatan profesional lainnya
Membuat Daftar Isi di BlogUnnes
Categories: Blogging

Untuk pemakai awal (newbie) macam saya, wordpress ini sedikit kaku. Tidak mudah untuk mengubah atau mengutak-atik HTML yang ada di dalam mesinnya. Berbeda dengan blogger yang memang memberi keluasan kepada user untuk memainkan script yang ada dalam mesin mereka. Termasuk diantaranya untuk membuat daftar isi. Sampai saat ini, untuk membuat daftar isi di wordpress, saya masih menggunakan plugin Wp-Archives by Jim Penaloza versi 8. Walaupun sudah dijamin aman, namn tetap saja, menggunakan plugin dari luar tidak serta merta membuat saya yakin mengenai keamanan plugin tersebut. Namun, karena tidak kompeten di bidang ini, saya tetap memakainya.

Tampilan daftar isi tersebut dapat dilihat sebagaimana tampilan berikut ini:

Daftar Isi

Untuk membuatnya, silakan install plugin WP-Archives by Jim Penaloza. Atau kalau di blog.unnes ini, plugin tersebut telah terinstall. Selanjutnya klik ‘activate’.

Setelah itu, buat page baru dengan nama ‘Daftar isi’ atau ‘index’. Aktifkan dulu mode Text (bukan mode Visual), lalu ketikkan :   <!–wp_archives–>   : (tanda titik dua, tidak perlu dicopy), dan lalu selesai.

Indeks atau daftar isi kalian akan jadi sebagaimana contoh disini.

 

Comments are closed.