Ardhi Prabowo
Catatan Kegiatan dan Aktifitas Saya di dunia pendidikan, kemahasiswaan, jurnal ilmiah, pelatihan, dan kegiatan profesional lainnya
WALI PAIDI #3: Rokok dan Kopi, yang meng-Islam-kan Raja Jin
Categories: Ngaji

Setelah beberapa hari di indonesia wali paidi ini berencana melakukan suluk nyepi ke gua di gunung arjuna sesuai perintah sang sulthonul aulia…

Wali paidi mulai berkemas untuk berangkat ke gunung arjuna. Ber pres2 rokok sudah disiapkan mulai dji sam soe, gudang garam dan djarum sudah lengkap, tidak ketinggalan kopi satu blek juga dibawanya.

Setelah sampai di kaki gunung arjuna wali paidi mulai mendaki mencari gua yg di maksud oleh sang sulthonul aulia, pada hari yg ketujuh sejak pendakian wali paidi akhirnya menemukan gua tersebut, gua itu mulutnya kecil tertutup ilalang tp dalamnya luas , dipojok kiri ada sumber mata air dan dipojok kanan ada batu yg menyerupai meja yg kemungkinan oleh yg punya gua ini dulu dipakai untuk sholat.

Wali paidi menaruh barang bawaannya di sebelah batu yg mirip meja tsb, dan pergi menuju ke mata air untuk mandi dan berwudlu. ketika mandi , hati wali paidi ini dg sendirinya berzikir dg cepat dan otomatis, pengetahuan ruhani wali paidi semakin bertambah, hatinya berbunga2 tanpa dpt ia cegah, *nur bashiroh*nya semakin terang benderang. Setelah berwudlu wali paidi ini melakukan sholat di atas batu yg mirip meja itu, beratus ratus rokaat tanpa terasa telah berlalu dan wali paidi baru sadar ketika terdengar ayam berkokok.

Wali paidi turun dari batu menuju tempat perbekalannya untuk membuat kopi dan duduk santai sambil merokok, panci sudah di keluarkan dan rokok dji sam soe reefil sudah di siapkan, tapi alangkah kagetnya wali paidi ini ketika mencari korek tidak ada, ia keluarkan semua isi tasnya tapi tetap aja korek tidak ditemukan,

” wadoh ciloko iki,” (wali paidi bergumam sendiri)

Dia melihat kopi satu blek yg aromanya begitu harum dan berpres-pres rokok berbagai merk tergeletak disamping kopi..

“wes..wes..muspro kabeh iki, kok bisa koreknya gak kebawa..”  (kata wali paidi mulai kesal).

Satu-dua hari dilalui wali paidi ini tanpa kopi dan rokok dan pada hari yg ketiga wali paidi mulai tidak tahan, hatinya semeblak ketika melihat kopi dan rokok yg terkulai tak berguna..

Wali paidi mulai membaca hizb, semua hizb ia kerahkan dan setelah membaca asyfa’ 3x wali paidi ini mengusapkan telapak tangannya pada matanya dan byarr…

Seluruh alam jin dan makhluk halus lainnya tampak sangat jelas, terlihat Wali paidi, segerombolan jin diluar gua sebelah kiri.

Kira-kira 10 meter dari mulut gua, wali paidi mendatangi bangsa jin yg terdekat dg gua tsb, gerombolan jin yg melihat wali paidi datang, tampak ketakutan..

“ada yg pny korek api?..” (tanya wali paidi kepada bangsa jin)

“kami gak punya..”

( jawab mereka..)

Wali paidi langsung mengobrak abrik tempat para jin tsb, para jin lari tunggang langgang dan banyak sekali yg terluka.

Selanjutnya Setiap tempat yg ada jinnya didatangi oleh wali paidi ini dan kalau ditanya jawabannya gak punya korek api, maka wali paidi ini langsung mengobrak abrik tempat tersebut.

Gemparlah seluruh bangsa jin digunung arjuna melihat sepak terjang wali paidi ini, seluruh desa dan kota dari kerajaan jin di gunung arjuna ini telah di obrak abrik oleh wali paidi.

Nama wali paidi menjadi terkenal menjadi momok yg menakutkan dikalangan bangsa jin.

Dan akhirnya tibalah wali paidi ini dipusat kerajaan bangsa jin, ketika sampai di gerbang kerajaan, wali paidi disambut oleh 2 prajurit yg memang oleh raja mereka diperintahkan untuk menyambut wali paidi dan mengantarkan kepadanya.

Tampak wajah2 yang ketakutan di wajah prajurit jin ini melihat wali paidi, Dg suara tergagap – gagap prajurit ini mempersilahkan kepada wali paidi untuk masuk istana dan menemui raja mereka.

Dalam istana raja jin yg bernama ismoyo ini sudah menunggu kedatangan wali paidi, setelah wali paidi masuk istana, raja ismoyo ini langsung turun dari singgasananya menyambut langsung wali paidi dan mempersilahkan wali paidi untuk duduk di sampingnya.

Dengan agak takut raja ismoyo ini bertanya:…

“hamba dengar tuan wali telah membuat geger kerajaan hamba, tuan telah mengobrak abrik seluruh wilayah kerajaan tanpa ada yg sanggup melawan tuan, apakah gerangan yg tuan cari, sehingga tuan murka begini, mungkin hamba bisa membantu,”

Wali paidi menjawab :..

“aku mencari korek, apakah anda punya..??”

Seluruh prajurit tegang menunggu jawaban raja mereka, senjata pedang dan tombak sudah mereka pegang dg erat bersiap kalau” ada hal” yg tdk di inginkan..

Keringat yg berbau kemenyan keluar dr pori” para prajurit raja jin yakni raja ismoyo, suasana tegang masih sngt terasa, saking tegangnya ada perajurit yg terkencing” di celana.

“hehehe.. tuan wali, buat apakah korek tsb kalau hamba boleh tahu ” ( tanya raja ismoyo)

“buat menyalakan ini dan membuat ini ” ( jawab wali paidi sambil menunjukkan rokok dan kopinya)

“hanya untuk itu ..??” (tanya raja ismoyo heran)

“ya ..hanya untuk ini ” ( jawab wali paidi singkat)

Raja Ismoyo membathin dalam hati, wali ini aneh, masak hanya gara2 pingin ngerokok dan ngopi aja dia telah menghacurkan kerajaanku, dasar wali semprul..!!

” eeitt…namaku paidi .. !! bukan semprul ” ( sahut wali paidi)

” ah..maaf tuan, ternyata tuan bisa membaca isi hati hamba”

(raja ismoyo mulai takut dan heran)

” trus..gimana ..?? sampeyan punya korek apa tidak ”

( tanya wali paidi lagi)

” kalau hanya untuk menyalakan itu, pakai ini aja tuan ”

jawab raja ismoyo sambil menjulurkan jari telunjuknya yg tiba2 bisa mengeluarkan api..

” Masya Allah…kalian kan memang terbuat dari api, maaf baru ingat, hehehe..???”

( jawab wali paidi sambil cengengesan)

Wali paidi mendekati raja ismoyo, mengeluarkan sebatang rokok dji sam soe refillnya dan mulai menghisap rokoknya..

” hu…Allah…hu…Allah..”

Begitulah yg terdengar ketika wali paidi merokok,selanjutnya raja ismoyo memanggil panglimanya dan berkata kepadanya :..

” Buatkan kopi buat tuan wali ini ”

( perintah raja ismoyo sambil mengambil kopi dari wali paidi dan menyerahkan kpd panglimanya).

“jangan manis-manis..ya..”

( wali paidi berpesan)

Kerajaan raja ismoyo ini yg terkenal angker dan ditakuti bangsa jin dan manusia sekarang berubah bagaikan warung kopi pinggir jalan gara2 wali paidi..

” sampeyan tdk merokok…??” ( tanya wali paidi)

” tidak..” (jawab sang raja)

” apakah sampeyan jin muhammadi***h ” ( tanya wali paidi lagi)

” saya tidak mengerti maksud tuan ” (jawab raja ismoyo heran)

” maaf, agama sampeyan apa ” ( tanya wali paidi)

” saya tidak beragama ” (jawab raja ismoyo)

” oh..begitu..” (gumam wali paidi)

 

Keduanya lalu terdiam agak lama…

” maaf tuan…wirid apa yg tuan baca, sehingga tuan tidak bisa dikalahkan oleh para prajurit saya ” ( tanya raja ismoyo penasaran)

” hizb dan sholawat ” ( jawab wali paidi)

” maukah tuan mengajarkan kepada saya ” (pinta raja ismoyo.)

” ya…boleh, tapi sampeyan harus masuk islam dulu ” ( jawab wali paidi)

Lalu raja ismoyo memanggil panglimanya, memerintahkan kepadanya untuk mengumpulkan seluruh rakyat dan semua prajuritnya, dalam sekejab balai agung istana ramai dipenuhi prajurit dan rakyat, bahkan sampai meluber keluar istana, selanjutnya raja ismoyo bersimpuh dikaki wali paidi diikuti seluruh rakyatnya..

” Kami dg suka rela siap masuk islam, mengikuti agama tuan ” ( kata raja ismoyo kpd wali paidi)

” baiklah….ikuti apa yg aku ucapkan…” ( kata wali paidi)

Dengan suara yg sangat berwibawa wali paidi mengucapkan dua kalimat syahadat diikuti seluruh bangsa jin kerajaan raja ismoyo.

Ucapan syahadat para bangsa jin ini menggema keseluruh gunung arjuna , bahkan seluruh hewan digunung arjuna berhenti sejenak tidak ada yg bersuara mendengarkan ucapan syahadat ini..

Setelah mengucapkan dua kalimat syahadat, wali paidi mengajarkan pd mereka apa itu islam dan menjabarkan arti iman secara singkat.

Selanjutnya wali paidi tinggal diistana raja ismoyo guna mengajari mereka cara sholat, cara ber dzikir dan lain sebagainya, setelah beberapa minggu tinggal diistana wali paidi akhirnya mohon pamit kepada raja ismoyo…

” kami masih butuh pencerahan dari tuan, sudilah kiranya tuan tetap disini beberapa hari lagi ” ( pinta raja ismoyo kepada wali paidi)

” jangan kuatir, kelak aku akan datang lagi kemari ” ( kata wali paidi )

dan dengan tersenyum wali paidi mendekati raja ismoyo dan memegang dada raja ismoyo, sambil berkata:..

“ajaklah hatimu untuk dzikir terus menerus, ucapkan Allah … Allah …. secara berkesinambungan. Dalam keadaan apapun teruslah berdzikir, dan berusahalah selalu dlm keadaan punya wudlu, andai Allah mencabut nyawamu, km dlm keadaan suci…”

” terima kasih tuan, pesan tuan akan kami laksanakan..” ( jawab raja ismoyo dg ta’dzim)

” kalo hatimu sudah bisa berdzikir, maka Allah sendiri yg akan membimbingmu…” ( kata wali paidi)

” apakah kami akan menjadi wali kalau hati kami sdh bisa berdzikir sendiri ” ( tanya raja ismoyo)

“ha..ha…ha….jangan sekali2 punya niat pingin menjadi wali, krn keinginan itu termasuk nafsu, berdzikirlah krn Allah, jgn ada niatan yg lain” ( jelas wali paidi)

Setelah menghisap rokoknya wali paidi berkata lagi…

” Allah menjadikan manusia pemimpin dimuka bumi ini, dan mengangkat para walinya dari kalangan manusia ” (jelas wali paidi lagi)

” oh begitu… kalau Allah menghendaki begitu kami sangat ridlo dengan keputusan Allah tsb,” (jawab raja ismoyo maggut2)

” kalau boleh tahu tuan ini wali yg bagaimana? ” ( tanya raja ismoyo selanjutnya)

” hmm…aku adalah wali abdal, wali pengganti, kalo istilah dalam sepak bola sebagai pemain cadangan, wali tingkat rendah, aku dulu hanya seorang abdi seorang kiai, tugasku hanya menyiapkan rokok dan kopi, setelah kiai saya meninggal akulah yg dipilih Allah sebagai gantinya” ( terang wali paidi)

” jadi wali itu jumlahnya tetap sama dr dulu sampai skrng ?” ( tanya raja ismoyo dg bersemangat)

” iya, jumlahnya wali diseluruh dunia tetap sama, krn setiap yg meninggal pasti ada gantinya, biarpun kamu tidak ada hak untuk menjadi wali.. kamu hrs tetap semangat, krn dimata Allah derajad seseorang itu dilihat dr ketaqwaannya.  Wali itu hanya title yg diberikan Allah buat para wakil”nya dimuka bumi, guna untuk mengatur dan menata manusia dan wali dipilih dari para hamba yg dikehendakiNya,…

Bukan krn ibadahnya,  bukan krn dzikirnya , tapi krn kehendak Allah,.. jd salah besar kalau ada orang yg pingin atau mempunyai cita2 menjadi wali…”* ( jawab wali paidi)

” terimakasih tuan…mudah”an apa yg tuan ajarkan kepada kami menjadi ilmu yg manfaat”* ( ucap raja ismoyo)

Akhirnya wali paidi pamit dan meninggalkan gunung arjuna diiringi raja ismoyo dan seluruh rakyatnya….setelah wali paidi sudah tidak tampak raja ismoyo dg suara yg lantang berkata kepada rakyatnya..

” rakyatku semuanya….nanti atau kapanpun, kalau ada orang yg ke gunung arjuna ini berbekal rokok dan kopi, jgn sampai di ganggu ! Jagalah mereka sampai mereka meninggalkan gunung arjuna ini, demi menghormati guru kita Wali Paidi ”

” titah paduka akan kami laksanakan… “*

( jawab mereka serempak)

Comments are closed.