Ardhi Prabowo
Catatan Kegiatan dan Aktifitas Saya di dunia pendidikan, kemahasiswaan, jurnal ilmiah, pelatihan, dan kegiatan profesional lainnya
Strategi Belajar Mudahkan Siswa
Categories: Roadmap Kegiatan

KUDUS– Agar siswa dapat belajar dengan mudah, guru perlu membuat strategi dalam proses belajar dan mengajar (KBM). Strategi itu bisa dirancang sesuai kebutuhan siswa.

Hal ini disampaikan oleh dosen pada Jurusan Matematika di Universitas Negeri Semarang (Unnes) Ardhi Prabowo SPd MPd dalam kuliah tamu yang diselenggarakan oleh Program Studi (Prodi) Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muria Kudus (UMK).

Beberapa contoh strategi yang dipaparkannya, memberikan pengenalan dan pencerahan kepada mahasiswa dari Prodi Matematika, Prodi PGSD, dan Prodi PBI.

Di antaranya adalah program pembelajaran kelompok dengan pendekatan kolaboratif yang dinilainya sangat penting. ”Pembelajaran kolaboratif ini menuntut peserta didik untuk aktif. Melalui strategi ini peserta didik didorong untuk menghasilkan sebuah karya,” ungkapnya.

Selain itu, yaitu strategi pembelajaran berbasis proyek. ”Dalam pembelajaran Bahasa Inggris misalnya yaitu dengan berkirim postcard atau melaksanakan interview kepada turis-turis asing di tempattempat wisata,” ujarnya.

Menurut Ardhi, salah satu tantangan terbesar di era digital saat ini yang tidak dapat dihindari guru, dosen, dan praktisi pendidikan lainnya adalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat.

Maka institusi harus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul, mampu berkompetisi dalam sistem ekonomi baru yang berdasar pada kreativitas penciptaan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang baik.

”Teknologi juga penting diterapkan dalam pendidikan. Ini bagian tidak terpisahkan yang harus dipakai untuk mempermudah pembelajaran saat ini,” tandasnya.(H76-48)

Sumber dari: SuaraMerdeka.com

Berita lain:

  1. BeritaSemarang.net
  2. elshinta.com
  3. nusantaranews.co

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.