Ardhi Prabowo
Catatan Kegiatan dan Aktifitas Saya di dunia pendidikan, kemahasiswaan, jurnal ilmiah, pelatihan, dan kegiatan profesional lainnya
Koi Banjarnegara
Categories: Blogging, Hobby

Perjalanan 3 hari ke rumah kali ini membawa beberapa cerita unik. Cerita yang tidak mudah ditemukan di Semarang, tempat kami sekeluarga membangun kehidupan. Cerita tersebut terangkum indah selama 8 jam perjalanan Sokaraja-Semarang. WOW…. ya 8 jam. Karena setidaknya ada 4 jam diantaranya yang merupakan pertemuan yang terencana dan tak terduga.

Saya ceritakan 2 jam diantaranya. Juga tentunya untuk mempromosikan bahwa Jawa Tengah juga memiliki sentra usaha ikan hias, terutama ikan KOI.

AWENA KOI.

20160327_115455Pemilik kolam Awena adalah Mas Weni dan Istri. Kolam tersebut menyatu dengan rumah, disebelah barat rumah beliau. Ada beberpaa kolam yang ada disamping rumah, dua diantaranya adalah kolam indukan, dan setidaknya ada 4 ekor indukan ukuran 40-50 cm didalamnya. Ada 1 kolam koi dengan ukuran 15-20 cm, dan yang lain masih bibit antara 5-15 cm. Ada dua kolam lain yang tampaknya berisi koi yang bagus, namun saya  gagal menjangkau kolam tersebut karena memang susah dijangkau. Untuk harga memang tidak berhasil saya temukan informasinya karena si Empunya kolam tidak berada di lokasi.

HAMAS KOI

20160327_121828Mas Iwan sebagai pemiliknya usianya tidak jauh dari usia saya. Namun, inilah yang disebut dengan petani ikan sesungguhnya. Tempatnya tidak jauh dari awena, namun gambar Google mapsnya belum dapat ditemui. Mas Iwan membibitkan sendiri seluruh koi yang dijual. Lokasi kolamnya cukup jauh dari rumah, namun cukup luas untuk ukuran petani ikan. Ada 4 kolam utama di sana, kolam induk, kolam bakal induk, kolam bibit, dan 2 kolam anakan.

Saya berani mengatakan inilah petani sesungguhnya karena melihat bagaimana mas Iwan memperlakukan pelanggan sebagaimana tamunya. Bahkan ketika saya datang dengan maksud melihat-lihat, beliau akan melayani selayaknya raja. Iwan membentuk sendiri indukannya, memijahkan, bahkan sampai membesarkan sendiri ikan koi miliknya. takjub saya, melihat kegigihannya. Iwan bercerita kalau pelanggannya bahkan dari seantero jawa tengah, tegal, pekalongan, semarang adalah pasar utamanya.

Saya tidak tertarik dengan bibit koi, lalu ditunjukkannya kolam dengan ukuran 10cm. Wah, luar biasa, kohaku yang sudah disortir batiknya bagus sekali. Grade A katanya. Namun untuk membeli koi tersebut, harus paket sebanyak 300 ekor, sehingga perlu uang sebanyak 3juta. wah, susah kalau seperti itu,kolam saya tak sebesar itu.

Namun kembali, chagoi yang saya incar tidak ada. Berakhirnya cerita perburuan dengan ZONK.

Berikut adalah screenshot dari Gema Koi dan Awena Koi  yang lokasinya berdekatan.
AWENA-Koi1

Gambar 1, papan informasi AWENA KOI belum terpasang (Sumber Google MAPS)

AWENA-Koi3

Nomor 1 adalah pintu masuk AWENA KOI, dan 2 adalah Lokasi AWENA KOI. Cukup jauh, dan harus jalan kaki (Jika naik mobil) karena jalan yang cukup sempit (berpapasan dengan motor pun tak bisa)

GEMA-Koi1

GEMA KOI, masuknya melalui jalan setapak di sebelah minimarket alfa. 50m dari pintu masuk, akan ditemui kolam-kolam koi dan disitulah Gema Koi berada.

GEMA-Koi2

yang bertanda panah adalah lokasi GEMA KOi. Perhatikan peta, tampak bahwa GEMA KOI dan AWENA lokasinya cukup berdekatan.

Comments are closed.