Ardhi Prabowo
Catatan Kegiatan dan Aktifitas Saya di dunia pendidikan, kemahasiswaan, jurnal ilmiah, pelatihan, dan kegiatan profesional lainnya
Android Page

android_platform_256Pada tahun 2010-2012, Jurusan Matematika memperoleh hibah PHKI tema B dari DIKTI. Saya kebetulan diberi amanah untuk menjadi sekretaris, dan dilanjutkan menjadi Ketua Task Force di akhir periode perolehan hibah. Salah satu program di tahun kedua adalah pelatihan pembuatan aplikasi android dengan menggunakan Eclipse. Pada pelatihan tersebut, karena semua peserta adalah orang awam, coding dengan pemrograman eclipse jelas tidak mudah. Orang harus bekerja dengan coding yang bahasanya pun berbeda dengan bahasa coding Visual Basic seperti yang biasa digunakan di Unnes. walhasil kegiatan tersebut tidak optimal dilakukan.

Saya sempat tidak bersemangat untuk melanjutkan program tersebut. Namun, tantangan kuat terjadi, saat saya menguduh sebuah aplikasi untuk matematika kelas dasar, namun pembuatnya justru mahasiswa bukan dari jurusan matematika, di UNILA, (saya ingat betul tantangan itu). Motivasi kuat itu bertemu dengan master penemu, Bung Riza Arifudin, (dulu mitra kerja di Jurusan Matematika, namun sekarang sudah mendirikan jurusan baru, Ilmu Komputer di Unnes). Dari beliaulah saya belajar menggunakan AppInventor. Aplikasi onlie ini dikembangkan oleh MIT (Massachuset Institute of Technology), macam ITB begitulah, bekerjasama dengan Google. Aplikasi ini free.

Semakin berkembang dan bersemangat, saya lalu belajar mengunggah aplikasi di Playstore, dan jadilah MIPA Mobile Learning di Playstore, sebagaimana tampak di gambar berikut.

mipa mobile learning