Ardhi Prabowo
Catatan Kegiatan dan Aktifitas Saya di dunia pendidikan, kemahasiswaan, jurnal ilmiah, pelatihan, dan kegiatan profesional lainnya
Jurnal Kreano

Di awal tahun 2009, berenam antara Prof. Hardi Suyitno, Dr. Masrukan, Dr.Rochmad, Dr. Kartono, Drs. Amin Suyitno, M.Pd., dan saya, membicarakan mengenai perlunya sebuah terbitan yang dikelola oleh Jurusan Matematika Unnes. Saat itu, ide awal yang akan diwujudkan adalah membuat majalah populer yang berisi tulisan para guru dan dosen. Majalah itu nantinya adalah sarana publikasi artikel yang dibuat, hasil kajian pustaka, maupun hasil penelitian. Kami saat itu, tidak berniat untuk akreditasi majalah ini, yang penting terbit dulu.

Majalah tersebut kemudian diberi judul Kreano, dari kata Kreatif-Inovatif. Pengusul nama ini adalah Dr. Rochmad. Atas disepakatinya nama ini oleh Prof. Hardi, via email (saat itu, Prof. Hardi sedang di Ohio University program SAME DIKTI), maka Kreano lahir di awal tahun 2010, dengan p-ISSN: 2086-2334. Mulai saat itulah, kami berlima bergerak mencari naskah, dan terkumpul 6 naskah, berupa gagasan pembelajaran. Cover jurnal Volume 1 Edisi 1 yang bersejarah itu bisa dilihat di bawah ini.

CoverJurnal-ver3

Dan sejarah itu mencatat, bahwa terbitan pertama itu telah ikut mengantarkan Dr. Kartono,  menjadi Profesor di Universitas Negeri Semarang. Bertambah kuatlah Editor Jurnal Kreano sejak saat itu.

Tahun 2013, editor jurnal Kreano memutuskan untuk menerbitkan lebih banyak artikel dan mulai mengkhususkan kepada artikel hasil penelitian pendidikan. Terhitung mulai edisi Juni 2013, jurnal Kreano dalam setiap edisinya menerbitkan sekurangnya 100 halaman dengan 11-13 artikel setiap edisi. Pada tahun itu pula jurnal kreano mulai menerapkan penggunaan Open Journal system (OJS) yang menjadi platform dari OJS Unnes. Namun ISSN yang berlaku masih merupakan ISSN cetak, dan pada saat itu Jurnal Kreano belum memiliki ISSN untu terbitan elektronik oleh PDII LIPI. Link ISSN cetak dapat dilihat di http://u.lipi.go.id/1260249252.

Tahun 2015, Jurnal Kreano memperoleh ISSN untuk terbitan online (e-ISSN dapat dilihat di http://u.lipi.go.id/1420602621). Dan sejak itu, editor mulai menyadari pentingnya sebuah terbitan online diindeks oleh pengindeks dalam negeri dan luar negeri. Mulailah editor bergerak agar Jurnal kreano dapat diindeks di Google Scholar, DOAJ, dan pengindeks lainnya. Pada periode Januari s.d. Maret 2015, editor mulai mendaftarkan Jurnal Kreano ke DOAJ, IndexCopernicus, dan Portal Garuda (IPI). Hasilnya mulai dapat dilihat pada periode Mei 2015, Jurnal kreano telah terindeks di Portal Garuda (IPI) sebagai penindeks dalam negeri, dan DOAJ. Sebagai informasi bahwa DIKTI memberikan reward tambahan 5 poin untuk setiap jurnal yang diterbitkan di Jurnal yang terindeks DOAJ.

Sebagai Editor in Chief dari Jurnal Kreano, saya mengundang seluruh peneliti pendidikan dan pembelajaran matematika untuk dapat men-submit-kan naskahnya di Jurnal yang saya kelola. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengunjungi portal berita Jurnal Kreano, dan Open Journal System Jurnal Kreano.

Portal Berita Jurnal Kreano
Kreano - portal

OJS Jurnal Kreano
Kreano - OJS