Nov 20

Materi Antropologi SMA Kelas XI: Institusi Sosial

Materi di bawah ini saya kutip dari blog Selasar Ilmu milik teman saya. Selamat membaca :)

Lembaga sosial adalah kelompok sosial yang terbentuk dari nilai, adat istiadat, kepribadian dan unsur lainya yang berkembang di lingkungan masyarakat. Lembaga sosial ini terbentuk oleh kebutuhan masyarakat mengenai keteraturan dalam menjalani kehidupan bersama. Digunakan untuk mengatur tata cara menjalin hubungan dengan yang lainnya.

Unsur- unsur Lembaga
a. Symbol kebudayaan

Manusia telah menciptakan berbagai cara yang berfungsi mengingatkan dengan cepat akan suatu lembaga. Bender merah putih misalnya, orang didunia lain akan mengetahui bahwa seseorang dengan membawa bendera merah putih saat olimpiade secara langsung akan mengetahui bahwa orang tersebut berasal dari indonesia. Gedung sekolah juga dpat dijadikan sebagai symbol lembaga, gereja, sekolah, istanag merupaka symbol dari sebuah kejayaan manusia di dalamnya.

b. Kode perilaku

Orang yang terlibat dalam perilaku suatu lembaga haruslah dipersiapkan untuk melaksanakan perananya secara tepat. Peran ini seringkali diungkapkan dalam norma yangresmi seperti sumpah atau janji dalam perkawinan.

c. Ideology

Idiologi suatu lembaga meliputi kepercayaan lembaga terhadap penerapan norma lembaga pada berbagai masalah kehidupan. Kehidupan yang lebih sederhana mungkin tidak menghasilkan ideology tentang perilaku lembaga. Misalnya agama yang sudah maju mempunyai seperangkat kepercayaan tentang asal usul alam semesta serta nasib dan tujuan manusia.

Fungsi Lembaga
1. Fungsi Manifes

Terdapat fungsi yang oleh bayak orang dipandang akan dipenuhi oleh lembaga itu sendiri. Misalnya, sekolah harus mendidik anak-anak. Mempunyai fungsi yang jelas, diakui, dan biasanya dipuji.

2. Fungsi Laten

Terdapat berbagai konsekwensi lembaga yang tidak dikehendaki dan tidak dapat diramalkan. Lembaga pendidikan tidak hanya mendidik anak-anak tetapi juga menyelenggarakan hubungan dan menjauhkan anka-anakn muda dari belenggu kemiskinan yaitu diharapakan dengan bersekolaha mampu mendapatka kerja yang baik.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

%d blogger menyukai ini:
Lewat ke baris perkakas