Berjuta Karya, dari FBS Unnes

FBS-Dosen
Sumber dari laman FBS Unnes

Dimulai dari sejarah, FBS (Fakultas Bahasa dan Seni) kadang banyak yang keliru malah ada yang mengira Fakultas Bahasa dan Sastra wkwk. Ya memang hampir hampir mirip, tapi beda.

Dulu pada 1961, masih gabung sama Undip dengan nama FKIP, lalu berubah menjadi IKIP Yogyakarta Cabang Semarang, berubah lagi jadi IKIP Semarang, berubah karena meihat kondisi kebutuhan guru pada saat itu. dan Sekarang menjadi Unnes, FBS termasuk dalam 5 fakultas yang mengikuti perubahan dan perjalanan Unnes. Saat ini berdasarkan pada laman FBS Unnes , FBS tercatat memiliki 6 Jurusan dengan 16 Program Studi yaitu :

  1. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia:
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
    • Sastra Indonesia (S1).
  2. Jurusan Bahasa dan Sastra Daerah (Jawa)
    • Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah – Jawa (S1)
    • Sastra Daerah – Jawa (S1)
  3. Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris
    • Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
    • Sastra Inggris (S1)
  4. Jurusan Bahasa dan Sastra Asing
    • Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
    • Sastra Prancis (S1)
    • Pendidikan Bahasa Arab (S1)
    • Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
    • Pendidikan Bahasa Mandarin (S1).
  5. Jurusan Seni Rupa
    • Pendidikan Seni Rupa (S1)
    • Seni Rupa Murni (S1)
    • Seni Rupa Pengutaman Desain Komunikasi Visual (S1)
  6. Jurusan Seni Drama, Tari, Musik
    • Pendidikan Seni Tari (S1)
    • Pendidikan Seni Musik (S1)

 

Ciri khas dari kampus FBS ini adalah memilikiwarna khas ungu sebagai identitasnya, entah juga pemberian warna tersebut atas dasar apa dan siapa yang memberikannya hingga saat ini saya masih belum tahu, di Fakultas lain juga begitu dengan warna nya masing masing. Lanjut ke ulasan dan catatan saya tentang Jurusan di FBS.

Nova-Jalan-di-Lorong-Oke
Sumber dari Laman FBS Unnes

Jurusan Bahasa dan Satsra Indonesia

Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia merupakan Jurusan Idaman guru Bahasa Indonesia, ya iyalah. Disini mereka belajar seluk beluk Bahasa Indonesia yang baik dan benar, wkwk. Punya teman dari Jurusan Bahasa Indonesia memang menyenangkan, kenapa begitu ? Karena kita sering melihat atau mendengar mereka suka bercerita, berpuisi, berpantun, dan masih banyak lainnya. Bisa belajar lebih banyak tentang Bahasa Indonesia dari sejarahnya, salah kaprah penggunaan bahasa di kehidupan sehari hari dan dianggap lumrah, jika mau cari sekretaris organisasi atau apalah bisa nih cari dari Jurusan ini, meskipun ga jaminan paling tidak mengetahui bagaimana cara yang baik dan juga benar buat surat, proposal, undangan dan masih banyak yang lain di dunia sekretariatan. whehe. Biasanya sih anak dari Jurusan ini seing mengadakan acara apresiasi seni, baik itu untuk memperingati bulan bahasa, atau untuk tugas, bahan juga sukarela. Disini juga ada Himpunan Mahasiswa atau Hima BSI yang secara khusus sebagai wadah untuk mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Kegiatannya aktif di psoting di Instagram dan juga blog mereka.

GKSSS

Di acara GKSS tersebut mahasiswa dari Bahasa dan Sastra Indonesia menampilkan berbagai karya dari art, seni tari, solo vokal, baca puisi, monolog serta ada screening film.

 

 

FOTO-UTAMA-BAHASA-JAWA
Sumber dari Laman Bahasa dan Sastra Jawa Unnes

Jurusan Bahasa dan Sastra Daerah (Jawa)

Jurusan Bahasa dan Sastra Jawa Unnes, di Unnes terdapat juga Jurusan tentang Sastra dan Bahasa Daerah namun masih terbatas pada budaya Jawa saja, besok kalo nikahan dan mau adat Jawa, bisa nih kontak dari mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Bahasa Jawa. Disini terdapat dua Program Studi yaitu yang Pendidikan dan Murni. Salah satu alasan kenapa ada bule di Unnes bisa juga karena ada pertukaran pelajar dari negara lain, dan seringnya juga karena ada yang mau belajar tentang budaya yang ada di Indonesia. Mahasiswa Bahasa dan Sastra Jawa atau BSJ ini punya agenda atau acara yang rutin setiap tahun diadakan, yaitu Unnes Mantu, di Unnes Mantu mereka menampilkan adat dan tradisi ngunduh mantu yang sangat lekat dengan Budaya Jawa, acaranya lengkap dari awal sampai akhir menggunakan adat Jawa. Bisa nih diliat disini dari Yutube

 

 

bahasa-Inngris-Unnes
sumber : https://fbs.unnes.ac.id

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris

Untuk yang satu ini, merupakan jurusan lintas Internasional wkwk. Secara, Bahasa Inggris bahasa umum yang digunakan di dunia, disini juga dibagi atas Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris.

Dari laman prodi (unnes.ac.id/prodi/) Secara umum, yang menjadi perkuliahan di jurusan Sastra Inggris seperti Public Speaking, Creative writing, Theatre, Journalism, Debate,Translation, Interpreting, Indonesian Studies, Australian Studies, American Studies, British Studies, Literary Criticism, Drama, Drama Analysis, Poetry Analysis, dan Public Relation. Kalau di prodi Pendidikan Bahasa Inggris ada Listening, Speaking, Reading, Writing, Lexical Studies, Grammar, Pronunciation, Language Teaching Theories, Language Teaching Methods, Language Teaching and Technology, Language Testing/Assessment, Cross-Cultural Understanding, Praktek Pengalaman Lapangan, dan lain-lain.

Di jurusan ini, mahasiswa harus wajib punya kamus Bahasa Inggris dari berbagai terjemahan, ya kecuali kalo udah hapal semua mah ga usah pake kamus wkwk.

 

Jurusan Bahasa dan Sastra Bahasa Asing

Jurusan Bahasa dan Sastra Asing memiliki 5 Program Studi, yaitu :

Pendidikan Bahasa Prancis (S1)

Merupakan prodi yang fokus dalam kompetensi dan sastra linguistik dari Bahasa Prancis, untuk menciptakan serta memberikan bekal bagi mahasiswa yang fokus mempelajari Bahasa Perancis, pada prodi ini terdapat juga eksrakulikuler dari mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Prancis berupa klub Konversi Bahasa dan ektra teater. Nah kalo dari Jurusan ini, peluang kerja banyak juga dari mulai penerjemah hingga duta besar, wkwk. Duta Besar nya bukan di Inggris ya, tapi Prancis.

Sastra Prancis (S1)

Hampir sama dengan yang diatas, hanya beda pada jenisnya, kalo Pendidikan lebih pada untuk mefokuskan menjadi pengajar, namun kalo sastra juga tidak terbatas pada kajian kesastraan, peuang kerja juga tersebar luas.

Screenshot-2019-12-23-22-27-13-332-com-miui-gallery-720x462
sumber : https://pba.unnes.ac.id

 

Pendidikan Bahasa Arab (S1)

Pendidikan Bahasa Arab, sebagai salah satu program studi di Jurusan bahasa dan sastra asing ini yang fokus pada studi Bahasa Arab. Kalo ini, bisa punya peluang jadi penerjemah serta dubes juga, tapi bukan di Perancis, tapi di Arab atau Timur Tengah, hehe. Sering juga ada seminar dan lomba yang diadakan oleh Program Studi ini untuk mahasiswa dan juga umum.

kaiwakai-unnes-pbj
sumber : https://pbj.unnes.ac.id/

Pendidikan Bahasa Jepang (S1)

Wah, kalo disini merupakan tempatnya para mahasiswa juga yang mungkin kebanyakan suka dengan Bahasa Jepang, serta mungkin penikmat anime atau kartun dari Jepang. Meskipun tidak semua,

Pendidikan Bahasa Mandarin (S1)

Program Bahasa Mandarin ini fokus pada Comprehensive Chinese, Listening, Speaking, Reading ,Writing, Modern Chinese, Tang and Song poetry reading, Ancient Chinese, Chinese Audio visual, dll, meskipun masih memiliki mahasiswa yang tidak begitu banyak namun telah memiliki kerja sama yang baik dengan beberapa universitas di Tiongkok, seperti Ningbo University, Henan Normal University, Beijing Foreign Studies University dan Huaqiao University.

 

 

robert-ramayana-3
sumber : https://senirupa-unnes.com/

Jurusan Seni Rupa

Nah, ini merupakan jurusan para mahasiswa yang keren dan kreatif serta memilki imajinasi yang biasa diluar dari yaang lain, sen rupa. Disini memiliki beberapa Program Studi, yaitu :

Pendidikan Seni Rupa (S1)

Prodi yang sudah terakreditasi A ini mencetak berbagai lulusan yang tentunya fokus pada bidang keseni rupaan, memiliki mahasiwa yang telah mewakili Unnes dalam beberapa ajang di tingkat nasional serta banyaknya karya baik dari dosen maupun mahasiswa.

Seni Rupa Murni (S1)

Nah, ini juga sama memiliki lulusan dan mecetak untuk dapat berkontribusi dalam dunia seni kreatif sesuai dengan bidang keahliannya, ide-ide yang imajinatif dapat memberikan sentuhan pada penikmat seni rupa.

Seni Rupa Pengutaman Desain Komunikasi Visual (S1)

Prodi Desain Komunikasi Visual atau DKV ini merupakan tempatnya para desiner-desainer handal, baik yang dari awa hingga profesional. Prodi DKV ini bagaimana mneciptakan relasi dari seni untuk dapat menarik serta memberikan pengaruh bagi penikmatnya untuk terbawa dalam konsep desain yang diciptakan.

Jurusan Seni Rupa memiliki dua acara besar yang memiliki tujuan untuk mengenalkan dan juga mengapresiasi seni dari berbagai mahakarya oleh mahasiswa dan secara umum juga yang diringkas dalam acara yang menarik serta memberikan banyak pengalaman-pengalaman seru. Buat kamu, penikmat seni, khususnya seni rupa, wajib untuk kamu untuk datang di acara ini. yaitu Guyub Rupa dan Pasar Branding. Acara ini seiap tahun rutin diadakan oleh mahasiswa jurusan seni rupa.

ratusan-penari-ramaikan-hari-tari-dunia-di-unnes-syo
sumber : https://rakyatjateng.fajar.co.id/

73155144-2779569988743768-5298307785610493952-nEvent-Semarang-Pameran-Karya-Mahasiswa-DKV-se-Jawa-di-Pasar-Branding-5-luar00738-Whats-App-Image-2019-06-25-at-09-12-19

Jurusan Seni Drama, Tari, Musik

Yang satu ini merupakan salah satu jurusan favorit juga bagi mereka yang suka dan menggeluti dunia seni terutama dalam bidang musik dan tarian, yaitu

Pendidikan Seni Tari (S1)

ratusan-penari-ramaikan-hari-tari-dunia-di-unnes-syo

dan Pendidikan Seni Musik (S1).

musik-696x392
sumber : unnes.ac.id

Mahasiswa dari Jurusan Seni, Drama, tari, Dan Musik atau biasanya orang menyebut sendratasik ini telah memiliki berbagai prestasi dan berbagai kegiatan. Jurusan ini juga memiliki acara yang besar, seperti Unnes Menari, Hari Musik Dunia, Hari Tari Dunia yang tiap tahun rutin digelar.D49k5r3-UIAE8qgg
Event-Semarang-HARI-MUSIK-DUNIA-2018-luar00126-1

 

 

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: