01
Jan 16

Tugas Akhir Semester : Review 10 Blog Teman

Blog No.1 :

  1. Nama Pemilik Blog : Sella Ewinda P
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/sellaewindap/
  3. kelebihan/Keunggulan :materi pembelajaran yang telah di posting didalam blog sudah baik dan cukup lengkap sebagai bekal kita kelak jika kita mengajar di SMA ketika sedang PPL.
  4. kekurangan/kelemahan :tampilan blog masih sangat sederhana, sehingga kurang menarik pembaca yang ingin mencari informasi pada blog tersebut.
  5. saran dan ususlan tambahan/perbaikan :sebaiknya tema dibuat lebih menarik agar para pembaca tidak bosan.

Continue reading →


17
Dec 15

Materi Antropologi SMA Kelas XII : Kesenian di Indonesia

173665_festival-kesenian-musik-nusantara_663_382

Konsep Kesenian

Kesenian merupakan hasil unsur kebudayaan yang sudah sangat menyatu dengan kehidupan kita sehari-hari. Coba kamu bayangkan seandainya dalam kehidupan ini tidak ada kesenian, seperti musik, tari-tarian, puisi atau seni pertunjukan, pasti kehidupan kita akan terasa kering, hampa dan sangat menjemukan. Dalam konteks sederhana, keseniaan adalah sesuatu yang sifatnya menghibur.

Continue reading →


17
Dec 15

Materi Antropologi Kelas XII : Kesetaraan dan Hubungannya dengan Perubahan Sosial Budaya

dani 1

A.Kesetaraan
Kesetaraan dalam masyarakat diperlukan untuk mencapai sebuah kondisi sosial yang harmonis. Kesetaraan menghasilkan keadaan yang adil. Pada dasarnya kesetaraan sama halnya dengan kesederajatan. Kesetaraan sendiri berasal dari kata setara atau sederajat. Sehingga segala sesuatu yang sederajat tidak menunjukkan adanya tingkatan yang lebih rendah atau yang lebih tinggi. Kesetaraan dapat dilihat dari dua aspek, yaitu manusia dan sosialnya. Kesetaraan manusia merupakan kesetaraan yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Manusia diciptakan dengan kondisi yang sempurna dan mendapatkan keadilan yang sangat sempurna dari yang maha pencipta.

Continue reading →


17
Dec 15

Materi Antropologi Kelas XII : Budaya Lokal, Budaya Nasional, Budaya Asing dan Hubungannya Antar Budaya di Era Global

Tarian Tradisional Indonesia

Bangsa Indonesia adalah bangsa majemuk yang memiliki beragam budaya. Indonesia memiliki letak yang sangat strategis, tanah yang subur dengan kekayaan alam melimpah ruah. Menurut Anthony Reid, negara Indonesia merupakan negeri dibawah angin karena pentingnya posisi Indonesia di mata dunia. Keadaan geografi yang strategis ini menyebabkan semua arus budaya asing bebas masuk ke Indonesia. Hampir semua budaya setiap etnis mulai Asia sampai Eropa ada di Indonesia. Budaya yang masuk itu memperkaya dan mempengaruhi perkembangan budaya lokal yang ada secara turun temurun. Perkembangan kebudayaan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu :

Continue reading →


17
Dec 15

Materi Antropologi Kelas XII : Proses Globalisas dan Strategi Mempertahankan dan Memperkuat Nilai-Nilai Budaya Indonesia

budaya_indonesia_1_by_royyan

Pengertian Globalisasi
Menurut asal katanya, kata “globalisasi” diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Achmad Suparman menyatakan Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah. Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.

Continue reading →


17
Dec 15

Materi Antropologi Kelas XII : Relativitas, Ketahanan, Inovasi dan Asimilasi Budaya

doa-bersama

  1. Relativitas Budaya

Relativitas budaya artinya kebiasaan-kebiasaan dan pemikiran dalam suatu masyarakat harus dipandang dalam konteks masyarakat tersebut. Dengan demikian, jika kita ingin menilai kebudayaaan dari masyarakat lain, maka harus memahami kebudayaan masyarakat tersebut terlebih dahulu, sehingga baik dan buruknya penilaian terhadap masyarakat tersebut tidak tergantung pada ukuran-ukuran yang ada pada kebudayaan kita sendiri, melainkan berdasarkan ukuran-ukuran yang ada pada masyarakat tersebut. Gagasan, nilai, norma, maupun pola perilaku tertentu yang dilakukan oleh orang-orang dengan kebudayaan yang berbeda  dengan kebudayaan kita, yang mungkin terlihat aneh atau dapat dikatakan tidak masuk akal sebenarnya diaggap wajar saja pada lingkungan masyarakatnya. Begitupun juga sebaliknya.

Continue reading →


17
Dec 15

Materi Antropologi SMA Kelas XII : Karya Ilmiah dan Metode Penelitian Antropologi

books_4_by_trisa_sxy_stock1

  1. Pengertian Karya Ilmiah

Karangan ilmiah merupakan suatu karangan atau tulisan yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isisnya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya/ keilmiahannya.”—Eko Susilo, M. (1995:11).

Continue reading →


17
Dec 15

Materi Antropologi SMA Kelas XI: Metode Etnografi Dan Manfaatnya Dalam Mencari Solusi Berbagai Permasalahan Sosial-Budaya

liputan6

  1. Pengertian Etnografi

Istilah etnografi berasal dari kata ethnos yang berarti bangsa dan graphy yang berarti tulisan. Jadi, pengertian etnografi adalah deskripsi tentang bangsa-bangsa. Beberapa pendapat ahli antropologi mengenai pengertian etnografi sebagai berikut.

Continue reading →


17
Dec 15

Materi Antrologi SMA Kelas XI: Perubahan Budaya Dan Melemahnya Nilai-Nilai Tradisional

Perubahan Sosial Budaya

Bangsa Indonesia terkenal dengan kebudayaannya yang beraneka ragam. Pada setiap daerah masyarakat kita mengembangkan budayanya masing-masing. Kebudayaan yang dikembangkan di daerah-daerah dinamakan kebudayaan lokal. Kebudayaan dan masyarakat ialah satu hal yang tidak dapat dipisahkan karena masyarakat pasti memiliki budaya.

Continue reading →


17
Dec 15

Materi Antropologi SMA Kelas XI: Pemetaan Budaya, Masyarakat Pengguna Bahasa Dialek, Dan Tardisi Lisan Di Suatu Daerah Dan Nusantara

bundaran-hi

Indonesia merupakan himpunan masyarakat yang terdiri atas aneka suku bangsa yang mengikat diri sebagai satu bangsa, Indonesia. Menurut salah satu taksiran, ada lebih dari 500 suku bangsa yang hidup di Indonesia. Suku-suku bangsa di Indonesia beragam corak dan tingkat kebudayaannya. Ada suku bangsa yang secara social, ekonomi, dan politik telah berkembang dan mengenal system kerajaan, ada pula suku-suku bangsa yang secara social, ekonomi, dan politik masih hidup dalam kelompok-kelompok kecil berdasarkan atas aturan kekerabatan dan hidup dari berburu dan mengumpulkan makanan. Oleh karena itu bangsa Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk.

Continue reading →


Skip to toolbar