Arti Penting Perkebunan teh Medini terhadap kehidupan masyarakat Desa Ngresep Balong

 

Secara umum antropologi ekologi mengkaji permasalahan lingkungan dengan menggunakan konsep-konsep antropologi. Karena permasalahan lingkungan selalu dipengaruhi oleh kebudayaan yang dimiliki oleh suatu masyarakat.

Pemerintahan kolonial Belanda pada abad 19 telah mengubah sistem pertanian pangan menjadi sistem perkebunan. Perubahan sistem terjadi karena Belanda beranggapan bahwa perkebunan lebih menguntungkan bagi perekonomian pemerintahan Belanda, dari peristiwa tersebut banyak tanaman pangan yang digantikan dengan tanaman perkebunan. Jenis tanaman yang ada diperkebunan pada saat itu antara lain teh, tembakau, kopi, tebu, dan nila yang laku keras dalam pasaran dunia (Mubyarto, 1992:15).

Sejarah perkembangan perkebunan tidak terlepas dari pengaruh kolonialisme. Kapitalisme dan modernisasi. Perkebunan menjadi salah satu aspek penting dalam perkembangan perekonomian di Indonesia.

Indonesia merupakan Negara yang beriklim tropis yang memilik 2 musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Hal tersebut membuat Indonesia memiliki banyak perkebunan, salah satunya adalah perkebunan the yang dihampir setiap tempat diseluruh provinsi di Indonesia memilikinya.

Potensi perkebunan Teh yang dimiliki oleh Indonesia memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan masyarakat indonesia, baik kehidupan sosial, ekonomi, kelestarian lingkungan hingga kehidupan politik di Indonesia. Perkebunan the merupakan salah satu komoditi penghasil devisa bagi Negara setelah hasil tambang.

Perkebunan the Medini adalah salah satu dari sekian banyak perkebunan the yang berada di provinsi Jawa Tengah, perkebunan the Medini merupakan warisan pemerintahan colonial belanda yang terletak di sisi utara Gunung Ungaran, pada ketinggian 2050 mdpl (meter diatas permukaan laut), perkebunan the Medini tepatnya berada di desa Ngresepbalong, kecamatan Limbangan, kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Perkebunan the Medini ini memiliki luas sekitar 386,82 hektar dan berdiri sejak masa penjajahan Belanda yaitu pada tahun 1901.

Perkebunan teh medini tidak bias dilepaskan dengan masyarakat sekitar perkebunan tersebut, karena perkebunan tersebut memiliki timbal balik dengan kehidupan masyarakat sekitar perkebunan tersebut.

Dari uraian diatas, maka dapat ditarik rumusan masalah sebagai berikut :

  1. Bagaimana pandangan masyarakat akan keberadaan perkebunan the Medini yang terletak di desa Ngresepbalong Kecamatan Limbangan, kabupaten Kendal, Jawa Tengah tersebut ?
  2. Bagaimana cara masyarakat sekitar perkebunan the Medini menjaga kelestarian alam ?

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah :

  1. Untuk mengetahui pandangan masyarakat akan keberadaan perkebunan teh medini yang terletak di desa Ngresepbalong, kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.
  2. Untuk mengetahui cara masyarakat sekitar perkebunan the medina dalam menjaga kelestarian alam.
  3. Pembahasan

Perkebunan the Medini adalah salah satu dari sekian banyak perkebunan the yang berada di provinsi Jawa Tengah, perkebunan the Medini merupakan warisan pemerintahan colonial belanda yang terletak di sisi utara Gunung Ungaran, pada ketinggian 2050 mdpl (meter diatas permukaan laut), perkebunan the Medini tepatnya berada di desa Ngresepbalong, kecamatan Limbangan, kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Perkebunan the Medini ini memiliki luas sekitar 386,82 hektar dan berdiri sejak masa penjajahan Belanda yaitu pada tahun 1901.

  • Pandangan masyarakat desa Ngresepbalong tentang adanya perkebunan The.

Desa Ngresepbalong merupakan desa yang berada dikawasan perkebunan the medina. Keberadaan perkebunan the medina yang berada didesa tersebut memilik arti yang sangat penting terhadap kehidupan sosial masyarakat desa Ngresepbalong tersebut. Hal ini dikarenakan perkebunan the tersebut menjadi penghasilan utama bagi masyarakat desa Ngresepbalong, hamper 90% masyarakat desa Ngresepbalong ini bekerja disektor perkebunan the tersebut, demgan kata lain, keberadaan perkebunan the ini menjadi penyelamat bagi kehidupan ekonomi masyarakat desa Ngresepbalong tersebut. Perkebunan the medina ini juga dijadikan sebagai objek wisata karena pesonanya yang begitu indah, pengunjung yang memasuki perkebunan the ini dikenai biaya sebesar Rp 2.500,00 setiap orangnya. Selain penting karena meningkatkan ekonomi masyarakat desa Ngresepbalong, perkebunan ini juga menyediakan kekayaan alam yang tidak ada habisnya, seperti bermacam-macam tumbuhan, air yang tidak pernah mengalami kekeringan karena letaknya yang berada di pegunungan. Jadi masyarakat desa Ngresepbalong ini sangat menganggap penting keberadaan perkebunan the tersebut,karena jika tidak ada perkebunan teh tersebut masyarakat sekitar harus merantau keluar daerah untuk mendapatkan pekerjaan, dikarenakan letak desa Ngresepbalong itu sendiri yang jauh dari pusat perekonomian.

  • Cara masyarakat sekitar perkebunan teh Medini dalam menjaga kelestarian alam.

Masyarakat sekitar perkebunan teh Medini sangat menjaga kelestarian alam sekitar perkebunan teh tersebut, mereka sadar akan kelestarian alam sekitar perkebunan teh tersebut karena jika tidak ada perkebunan teh tersebut, mereka tidak bisa sepenuhnya melakukan kegiatan sehari-hari, dikarenakan letak desa mereka yang jauh dari kecamatan maupun kota dan akses yang cukup sulit untuk mencapainya. Cara yang dilakukan oleh masyarakat sekitar perkebunan teh Medini dalam menjaga kelestarian lingkungan adalah sebagai berikut:

  • Pelestarian udara

Udara merupakan sesuatu yang sangat penting bagi seluruh manusia, karena semua manusia membutuhkannya untuk bernafas. Cara yang dilakukan oleh masyarakat sekitar perkebunan teh Medini dalam menjaga agar udaranya tetap bersih diantaranya adalah dengan membatasi penggunaan sepeda motor, dengan cara tersebut maka asap yang ditimbulkan dari asap knalpot juga berkurang, selain itu juga dengan menggunakan bahan industri yang aman bagi lingkungan serta pemasangan filter pada cerobong asap.

Selain itu warga sekitar perkebunan teh Medini juga mengurangi penggunaan kulkas, mengingat daerah perkebunan teh Medini juga berada didataran tinggi, sehingga warga sekitar jarang yang memiliki kulkas sehingga gas Freon yang dapat merusak lapisan ozon juga akan sedikit.

  • Pelestarian tanah

Upaya pelestarian yang dilakukan oleh masyarakat sekitar daerah perkebunan the medini selain menjaga kelestarian udaranya juga menjaga kelestarian tanah, hal yang dilakukan dengan cara menanam pohon kembali (Reboisasi) lahan yang telah gundul, selain itu juga membuat sengkedan atau terasering, karena letaknya yang berada didaerah pegunungan, sehingga akan menghambat laju aliran air hujan.

  • Pelestarian air

Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi kehidupan mansia, karena jika tidak ada air manusia tidak akan bisa melakukan kegiatan, karena semua membutuhkan air, tidak ada mahluk hidup yang tidak mebutuhkan air. Cara masyarakat desa Ngresepbalong dalam menjaga agar sumber air tetap terjaga adalah dengan cara tidak membuang sampah disungai, agar kelestarian sungai tetap terjaga, selain itu juga masyarakat desa Ngresepbalong tersebut hanya menggunakan air sesuai keperluan dan tidak secara berlebihan, sehingga ketersediaan air tetap terjaga meskipun di musim kemarau.

  • Kesimpulan

Dari pemamparan diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa masyarakat desa Ngresepbalong (masyarakat perkebunan teh Medini) sangat menganggap penting keberadaan perkebunan teh Medini tersebut, karena keberadaan perkebunan tersebut menjadi sumber perekonomian  bagi masyarakat tersebut. Masyarakat sekitar perkebunan teh Medini juga sudah memiliki kesadaran untuk menjaga ekosistem sekitar perkebunan teh tersebut, mereka juga sudah melakukan upaya agar ekosistemnya tetap terjaga dengan cara melakukan pelestarian udara, lingkungan, dan air.

  • Daftar Pustaka

http://www.kebuntehmedini.html (diakses pada hari Minggu 25 Oktober 2015 pukul 21.32)

7 comments

  1. menarik.. semoga informasinya bermanfaat dan bisa berkunjung ke sana

  2. Kak kasih gambar dong kebun teh medininya biar pembaca bisa mendiskripsikan sedikit mengenai artikel ini.

  3. lanjutkan kaka, menambah roda ilmuku :2thumbup

  4. desain blog dan artikelnya sudah dapat dikatakan bagus sebagai seorang pemula :2thumbup

  5. Perkebunan teh yg patut untuk dilestarikan

  6. penulisan judul dan artikelnya kurang rapi kak.. dibuat rata kanan kiri saja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Skip to toolbar