Pembelajaran Menurut Aliran Kontemporer

images

Pembelajaran teori kontemporer yang adalah pembelajaran berdasarkan teori belajar kontruktivisme. Kontruktivis Von Glassersfeld mengembangkan fungsi kognitif dalam mengkontruksi pengetahuan. Disini pembelajaran berfungsi membekali kemampuan peserta didik mengakses berbagi informasi yang dibutuhkan dalam belajar dalam kaitan perolehan informasi peserta didik mempunyai kemampuan mengakses beragam informasi yang digunakan untuk belajar, maka pendidik berfungsi membekali kemampuan peserta didik dalam menyeleksi informasi yang dibutuhkan. Informasi tidak memuat sai-satunya kebenaran tetapi informasi hanya memiliki makna dalam konteks waktu, tempat, permasalahan dan bidang tertentu.
Pembelajaran kontruktivisme mengkritisi konsep pembelajaran yang selama ini, belajar mengajar dalam arti cenderung berpusat pada pendidik dipihak lain cenderung berpusat pada subjek belajar. Karena kontruktivisme berpegang pada pandangan keaktifan peserta didik dalam mengkontruksi pengetahuan berdasarkan intraksinya dalam pengalaman belajar yang diperoleh. Bentuk pembelajaran student center learning strategies dilaksanakan melalui belajar aktif, belajar mandiri, belajar kooperatif dan kolaborasi generatif learning dan problem based learning.
Model pembelajaran yang dikembangkan dalam teori kontruktivisme adalah berdasrkan teori pembelajaran Quantum. Pengertian quantum teaching mencangkup dan dapat dipahami melalui tiga hal sebagai berikut:
,
Quantum berarti interkasi yang mengubah energi menjadi cahaya. Teaching berarti pengajaran kemudian diarttikan sebagia pembelajaran untuk menghilangkan kesan dominasi tugas pendidik terhadap peserta didik dan memberikan pengakuan lebih terhadap kemampuan peserta didik untuk belajar dengan bantuan dan bimbingan pendidik .
Pemercepatan belajar berarti menyingkirkan hambatan yang menghalangi proses belajar alamiah dengan secara sengaja menggunakan musik,mewarnai lingkungan sekeliling, menyusun bahan ajaran yang sesuai secara efektif penyajian dan keterlibatan aktif.
Fasilitas artinya memudahkan segala hal fasilitas dalam konteks ini merujuk pada impelementasi strategi yang menyingkirkan hambatan belajar.mengembalikan proses belajar yang mudah dan alami.
Berdasarkan keterangan diatas disimpulkan bahwa pembelajaran quantum adalah adanya upaya pendidik untuk mengorkestrasikan berbagi intraksi dalam proses pembelajaran yang menjadi cahaya yang melejit prestasi pesrta didik dengan menyingkirkan hambatan belajar melalui penggunanaan, cara dan alat yang tepat sehingga peserta didik dapat belajar secara mudah dan alami.
Pembelajaran quantum dirancang berdasarkan 3 hal yaitu: asas utama, prinsip-prinsip dan model. Asas utama berkaitan dengan konsep yang digunakan untuk pembelajarn quantum yaitu: Bawalah dunia mereka ke dunia kita dan antarkan dunia kita ke dunia mereka. hal ini mengandung konsekuensi bahwa langkah pertama yang hareus dilakukan pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran adalah membangun jembatan autentik memasuki kehidupan peserta didik untuk mendapatkan hak mengajar dari mereka.
Belajar adalah kegiatan full kontak, suatu kegiatan yang melibatkan seluruh kepribadian manusia (pikiran, ;perasaan dan bahasa tubuh) disamping pengetahuan, sikap dan keyakinan sebelumnya serta presepsi masa mendatang. Prinsip-prinsip yang digunakan dalam pembelajaran quantum terdiri dari 5 macam yaitu :
No Prinsip Keterangan
1 Segalanya berbicara segala sesuatu diruang kelas berbicara mengirim pesan tentang belajardari lingkungan kelas hingga bahasa tubuh pendidik dari kertas yang dibagikan hingga rancangan pelajaran
2 Segalanya bertujuan semua upaya yang dilakuakan pendidik dalam mengubah kelas mempunyai tujuan yaitu agar peserta didik dapat belajar secara optimal, mencapai prestasi tertinggi.
3 Pengalaman sebelum pemberian nama
Proses belajar yang paling baik terjadi ketika peserta didik telah mengalami informasi sebelum mereka memperoleh nama unmtuk hal0hal yang mereka pelajari.
4 Akui setiap usaha Pendidik hendaknya mengakui setiap usaha yang telah dilakukan oleh peserta didik agar peserta didik selalu mengoptiomalkan usahanya misalnya dengan pemberian hadiah oleh pendidik pada peserta didik
5 Jika layak dipelajari maka layak pula dirayakan
Setiap usaha yang telah dilakukan oleh siswa yang terbaik perlu mendapatkan suatu pengharagaan sebagai hasil kerja keras mereka.

6 comments

Skip to comment form

  1. Tampilan sudah bagus, tapi coba kasih contoh pengaplikasiannya di kelas

    1. Siap. nanti ditambahkan ya

  2. ada daftar pustaka atau sumber?

  3. tolong berikan contoh atau pengaplikasiannya di kelas

    1. Siap. nanti ditambahkan ya

  4. Siip bagus

Leave a Reply to Rukhiyatina Azizah Cancel reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: