Materi Ajar Antropologi Kelas XII (Materi Pokok Ke-4) : Karya klmiah dan Metode Penelitian Antropologi

images (16)

Antropologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia yang bekembang dalam masyarakat. Output dari pada antropolog  adalah melaksanakan penelitian untuk mengkaji masalah-masalah budaya dimasyarakat. Penelitian ini juga nantinya digunakan sebagai referensi dalam mempelajariantropologi. Banyak antropolog menggunakan metode kualitatif dalam melakukan penelitian. Hal ini dilakukan karena antropologi merupakan ilmu yang membutuhkan investigasi yang mendalam untuk membuktikan suatu kebenaran empiris. Ruang lingkup antropologi adalah kebudayaan masyarakat dan dekat dengan kebiasaan-kebiasaan yang ada dimasyarakat maka antropolog menggunakan teknik-teknik personal untuk menggali data.

Beberapa antropolog mendifinisikan kebudayaan sebagai pengetahuan yang diperoleh manusia dan digunakan untuk menafsirkan pengalaman dan menimbulkan perilaku ( Spradley, 1997:5). Untuk menggambarkan kebudayaan menurut prespektif ini, para antropolog dalam menjalankan penelitian selalu mempertimbangkan perilaku manusia dengan jalan mengurai apa yang diketahui mereka yang membolehkan mereka dalam berperilaku secara baik dengan common sense dalam masyarakatnya. Tingkat keberhasilan penelitian adalah berhasil mendidik pembaca bagaimana sebaiknya berperilaku dalam suatu latar kebudayaan. Oleh karena, penelitian etnografi sangat cocok menggunakan metode kualitatif yang mendalam dibanding secara kuantitatif. Hasil penelitian inilah yang nantinya akan dikomunikasikan ke masyarakat agar menjadi pertimbangan maupun masukan bagi masyarakat dalam mengkaji kebudayaan. Mengkomunikasikan penelitian dengan melakukan penyusunan laporan penelitian yang nantinya akan dibuat artikel dan disampaikan oleh masyarakat. Proses penyampainya bisa berupa artikel bebas maupun lewat presentasi dalam seminar.

Secara umum penelitian adalah cara-cara yang dilakukan dalam suatu proses kegiatan yang bertujuan

untuk mengetahui, menjelaskan, dan memahami suatu keadaan yang terjadi dalam masyarakat. Penelitian juga untuk mencari suatu kebenaran secara empiris. Seorang peneliti budaya selalu memiliki rasa ingin tahu yang sangat mendalam. Biasanya dalam penelitian kualitatf juga melakukan komparasikan atau membandingkan unsur-unsur kebudayaan dari konteks masyarakat yang hidup dengan unsur-unsur dan aspek suatu kebudayaan. Jenis penelitian kualitatif yang sering digunakan oleh ilmu antropologi untuk meneliti kebudayaan adalah metode etnografi.  Metode riset kualitatif ini dipakai dengan cara menyelami manusia secara sensitif dan alamiah dalam konteks sosial budayanya serta umumnya ditunjukkan oleh etnik untuk fenomena yang diteliti. Seorang Peneliti etnografi memasukkan dirinya ke dalam budaya dan sub budaya dalam penelitiannya dan mencoba untuk melihat dunia dari sudut pandang budaya. Peneliti berusaha memahami makna dan interpretasi. Mereka membandingkan antara persepsinya sendiri (etic) dan menggali perbedaannya dengan persepsi informan (emic). Penelitian kualitatif ini seolah-olah menjadi ciri bagi penelitian dalam ilmu pengetahuan antropologi. Dengan demikian penelitian juga difungsikan untuk mengetahui masalahmasalah budaya yang berkembang di masyarakat.

 Penelitian Etnografi

Etnografi menurut Prof. Dr. Lexy J. Moleon, M.A. dikenal sebagai dengan uraian rinci yang ditemui etnograf jika menguji kebudayaan menurut prespektif antropologi. Suatu seri penafsiran terhadap kehidupan, pengertian akal sehat yang rumit dan sukar dipisahkan satu dari yang lainnya. Tujuan etnografi adalah mengalami bersama pengertian pemeranserta kebudayaan memperhitungkan dan menggambarkan pengertian baru untuk pembaca dan orang luar. Etnografi bukan sekedar mengumpulkan data tentang orang atau kebudayaan, tetapi juga berupaya menggali kebudayaan sekelompok masyarakat secara keseluruhan.

Penelitian atau kajian etnografi bersifat holistik atau menyeluruh. Artinya, kajian etnografi tidak hanya mengarahkan perhatiannya kepada salah satu atau beberapa variabel tertentu saja. Bentuk holistik didasarkan pada pandangan bahwa budaya merupakan keseluruhan sistem yang terdiri dari bagian-bagian yang tidak dapat dipisahkan. Dengan demikian, tujuan utama etnografi adalah mengkaji dan memahami keadaan penduduk asli atau pribumi, hubungan-hubungannya dalam semua aspek kehidupan, kesadaran mereka terhadap keadaan lingkungannya, dan pandangan hidup mereka. Oleh sebab itu, kegiatan kerja lapangan etnografi diibaratkan sebagai orang yang sedang belajar melihat, mendengar, berbicara, berpikir, dan bertindak dalam berbagai cara yang berbeda.

Langkah Penelitian Metode etnografi dalam Antropologi

Langkah dalam melakukan studi etnografi  adalah seperti dikemukakan Spradley (1997) dalam buku Metode Etnografi, sebagai berikut: Pertama, menetapkan informan. Ada lima syarat minimal untuk memilih informan, yaitu: (a) enkulturasi penuh, artinya mengetahui budaya miliknya dengan baik, (b) keterlibatan langsung, artinya (c) suasana budaya yang tidak dikenal, biasanya akan semakin menerima tindak budaya sebagaimana adanya, dia tidak akan basabasi, (d) memiliki waktu yang cukup, (e) non-analitis. Tentu saja, lima syarat ini merupakan idealisme, sehingga kalau peneliti kebetulan hanya mampu memenuhi dua sampai tiga syarat pun juga sah-sah saja. Apalagi, ketika memasuki lapangan, peneliti juga masih mendugaduga siapa yang pantas menjadi informan yang tepat sesuai penelitiannya.

Kedua, melakukan wawancara kepada informan. Sebaiknya dilakukan dengan wawancara yang penuh persahabatan. Pada saat awal wawancara perlu menginformasikan tujuan, penjelasan etnografis (meliputi perekaman, model wawancara, waktu dan dalam suasana bahasa asli), penjelasan pertanyaan (meliputi pertanyaan deskriptif, struktural, dan kontras). Wawancara hendaknya jangan sampai menimbulkan kecurigaan yang berarti pada informan. Ketiga, membuat catatan etnografis. Catatan dapat berupa laporan ringkas, laporan yang diperluas, jurnal lapangan, dan perlu diberikan analisis atau interpretasi. Catatan ini juga sangat fleksibel, tidak harus menggunakan kertas ini itu atau buku ini itu, melainkan cukup sederhana saja. Yang penting, peneliti bisa mencatat jelas tentang identitas informan.

Keempat, mengajukan pertanyaan deskriptif. Pertanyaan ini digunakan untuk merefleksikan setempat. Pada saat mengajukan pertanyaan, bisa dimulai dari keprihatinan, penjajagan, kerja sama, dan partispasi. Penjajagan bisa dilakukan dengan prinsip: membuat penjelasan berulang, menegaskan kembali yang dikatakan informan, dan jangan mencari makna melainkan kegunaannya.

Kelima, melakukan analisis wawancara etnografis. Analisis dikaitkan dengan simbol dan makna yang disampaikan informan. Tugas peneliti adalah memberi sandi simbol-simbol budaya serta mengidentifikasikan aturan-aturan penyandian dan mendasari.

Keenam,  mengajukan pertanyaan struktural. Yakni, pertanyaan untuk melengkapi pertanyaan deskriptif.

Ketujuh, membuat analisis taksonomik. Taksonomi adalah upaya pemfokusan pertanyaan yang telah diajukan.

Kedelapan, mengajukan pertanyaan kontras. Kita bisa mengajukan pertanyaan yang kontras untuk mencari makna yang berbeda, seperti wanita, gadis, perempuan, orang dewasa, simpanan, dan sebagainya.

Kesembilan, membuat analisis komponen. Analisis komponen sebaiknya dilakukan ketika dan setelah di lapangan. Hal ini untuk menghindari manakala ada hal-hal yang masih perlu ditambah, segera dilakukan wawancara ulang kepada informan.

Kesepuluh, menemukan tema-tema budaya. Penentuan tema budaya ini boleh dikatakan merupakan puncak analisis etnografi. Keberhasilan seorang peneltii dalam menciptakan tema budaya, berarti keberhasilan dalam penelitian. Tentu saja, akan lebih baik justru peneliti mampu mengungkap tema-tema yang orisinal, dan bukan tema-tema yang telah banyak dikemukakan peneliti sebelumnya.

Kesebelas, menulis etnografi. Menulis etnografi sebaiknya dilakukan secara deskriftif, dengan bahasa yang cair dan lancar. Jika kemungkinan harus berceritera tentang suatu fenomena, sebailrnya dilukiskan yang enak dan tidak membosankan pembaca. informan kunci juga penting dalam penelitian etnografi.

Perlu ditekankan lagi, bahwa informan kunci sangat penting dalam penelitian etnografi. Informan kunci dapat ditentukan menurut konsep Benard  yaitu orang yang dapat berceritera secara mudah, paham terhadap informasi yang dibutuhkan, dan dengan gembira memberikan informasi kepada peneliti. Informan kunci adalah orang-orang yang memiliki hubungan erat dengan terhormat dan berpengetahuan dalam langkah awal penelitian. Orang semacam ini sangat dibutuhkan bagi peneliti etnografi. Orang tersebut diperlukan untuk membukan jalan (gate keeper) peneliti berhubungan dengan responden, dapat juga berfungsi sebagai pemberi ijin, pemberi data, penyebar ide, dan perantara. Bahkan akan lebih baik apabila informan kunci mau memperkenalkan peneliti kepada responden agar tidak menimbulkan kecurigaan.

Daftar rujukan:

Anggarani, Asih dkk. 2006. Mengasah Keterampilan Menulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Jakarta: Graha Ilmu

Koentjaraningrat. 1990. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta. Spradley, James P. 1997. The

Ethnograpic Interview (terjemahan), Metode Etnografi. Yogyakarta : PT Tiara Wacana Yogya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: