Jakarta Juga Punya Kampung Warna Warni Seperti di Malang

Kampung Penas Tanggul merupakan salah satu perkampungan di Jakarta yang terletak di kawasan Cipinang Besar Selatan. Namanya kini lebih dikenal sebagai Kampung Tanpa Rokok. Namun ada juga yang menyebutnya dengan nama Kampung Warna-Warni.

Kampung Penas Tanggul baru saja diresmikan pada 10 Juni tahun 2017 lalu. Bercat warna-warni cerah, deretan perumahan di kampung ini sukses jadi daya tarik wisata baru bagi warga Jakarta.

Tahun 1985 silam, kawasan perkampungan ini hanya berisi bangunan rumah sederhana yang terbuat dari papan triplek. Lambat laun, mulai datang beberapa penghuni yang datang dari Tegal dan Sunda. Kampung Penas Tanggul pun mulai berubah menjadi kawasan perumahan yang padat dan sedikit kumuh.

ahun 2002 dan 2007 lalu, perkampungan ini pernah diterjang banjir yang cukup parah. Sejak mulai dibangun Banjir Kanal Timur (BKT) perkampungan ini pun lebih aman dari banjir.

Perlahan Kampung Penas Tanggul berubah menjadi perkampungan yang tertata dan menarik. Hal ini terjadi sejak masyarakat sekitar diajak oleh LSM FAKTA (Forum Kota Warga Jakarta) untuk mengecat rumah mereka dengan warna yang cerah. Warna suram dan kumuh pun sedikit demi sedikit hilang dari kampung ini.

Kondisi kampung makin terlihat cantik dengan dipasangnya pagar besi di sepanjang pinggiran sungai. Warga menghiasinya dengan tanaman hias yang menambah suasana asri kampung. Kini, Kampung Penas Tanggul banyak dikunjungi wisatawan yang sekadar ingin berfoto.

Uniknya lagi, ternyata kampung ini telah berubah menjadi salah satu kawasan bebas asap rokok pertama yang ada di Jakarta. Tak heran jika sirkulasi udara di daerah tersebut masih terjaga dengan cukup baik, dan tentunya warganya pun bisa hidup lebih sehat.

Kondisi ini juga yang memotivasi warga setempat untuk terus mengembangkan potensi wisata Kampung Warna-Warni di tengah hiruk pikuk kehidupan ibukota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: