SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Memakmurkan Manusia dan Alam agar Seimbang di Universitas Negeri Semarang #3
November 16th, 2015 by Astri Setia Ningrum

Oleh: Astri Setia Ningrum

Pendidikan Fisika 2014

3

Di era Perkembangan IPTEK yang semakin maju, semakin banyak pula kebutuhan manusia dalam kehidupan. Hal ini memicu munculnya sifat ketidakpuasan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tanpa memperhatikan lingkungan alam sekitar, karena pada umumnya sifat manusia yang konsumtif seiring pengaruh globalisasi.

Dampak yang terjadi akibat pengeksploitasian yang besar-besaran tersebut membuat alam kita tidak seimbang. Hal ini di perparah dengan pembangunan gedung-gedung bertingkat yang mencakar langit turut merusak ekosistem alam yang pelaksanaannya tidak memperhatikan lingkungan, baik ekositem laut, ekositem darat, maupun ekositem udara. Selain merusak ekosistem, pembangunan tersebut juga memunculkan wabah penyakit yang mengancam masyarakat.

Oleh karena itu, kita sebagai kader konservasi harus segera mencegah dan menyelamatkan alam kita dari kerusakan dengan kegiatan konservasi. Jangan hanya mementingkan diri pribadi, melainkan juga memperhatikan lingkungan sekitar. Namun, gerakan konservasi tanpa aksi adalah tindakan nihil belaka. Yang kita perlukan adalah tindakan nyata, bukan omong kosong belaka.

Langkah Nyata Kita sebagai Mahasiswa untuk Mewujudkan Konservasi di UNNES

  1. Mengefisiensi energi dengan menggunakan lampu dan alat listrik yang hemat energi, menggunakan listrik saat diperlukan, mematikan alat listrik saat tidak di gunakan, meyediakan fasilitas kendaraan umum massal secara efektif dan efisien, mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang bersifat menghemat energ, mengembangkan dan melakukan penelitian untuk energi alternatif, dan lain-lain.
  2. Membuang sampah pada tempatnya, memilah sampah sesuai dengan kategorinya, mengurangi sampah plastik, dan lain-lain.
  3. Mencintai Lingkungan Hidup Sekitar dengan kegiatan kerja bakti bersih lingkungan UNNES.
  4. Menjaga Lingkungan Kampus yang Sehat.
  • Mengurangi atau menghemat penggunaan lampu pendingin ruang kelas, konsumsi air dan energi lainnya.
  • Membangun mekanisme pembuangan sampah di kampus.
  • Membiasakan untuk kegiatan hemat atau bahkan mendaur ulang semua kertas, plastik dan sejenisnya
  • Melakukan diskusi atau studi kasus tentang pemeliharaan lingkungan kampus dan sejenisnya.
  • Mengadakan karya wisata atau studi banding dalam rangka pemeliharaan dan peningkatan kebersihan dan kelestarian lingkungan kampus.
  1. Mengurangi Pencemaran dengan Bersepeda, Berjalan Kaki dan Transportasi Umum
  • Jika tidak jauh, bersepeda atau berjalan kaki adalah transportasi yagn sebaiknya kita pilih untuk kegiatan sehari-hari. Bersepeda dan berjalan kaki tidak hanya mengurangi jumlah polutan penyebab polusi tetapi juga membantu kita untuk lebih sehat
  • Apabila menempu jarak menengah hingga jauh, kita dapat mempergunakan transportasi umum massal, Pertimbangannya adalah mengurangi volume kendaraan dan emisi gas yang dihasilkan setiap hari.
  • Berbagi kendaraan. Sebuah perusahaan atau ekolah, atau pribadi sebaiknya menyediakan saranan angkutan khusus seperti bus karyawan atau kampus yang dapat mengangkut karyawan dan murid yang memiliki rute searah.
  • Memberlakukan sistem jam three in one. Hal ini dilakukan untuk mengefisienkan penggunaan kendaraan roda empat, yaiut minimal tida orang di dalam sebuah kendaraan.
  1. Memanfaatkan fasilitas kampus dengan sebaik-baiknya, seperti membaca buku di perpustakaan, menggunakan Rumah PKM sebagai tempat belajar organisasi, ruang kuliah untuk kegiatan perkuliahan, dan lain-lain.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco

»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Skip to toolbar