Teknologi Informasi
Komputer
Categories: Uncategorized

PENGERTIAN KOMPUTER

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu computare yang berarti menghitung. Dalam bahasa inggris disebut compute. Karena asal mulanya pengolahan informasi  dengan komputer hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Secara definisi komputer diartikan  “Sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.

Karena bidang garapan ilmu komputer terlalu luas, para pakar dan peneliti sedikit berbeda mendefinisikan terminilogi komputer.
Menurut Robert H Blissmer, komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas berikut:Menurut Hamacher dkk, dalam buku Computer Organization, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output yang berbentuk informasi.

  • Menerima input
  • Memproses input sesuai programnya
  • Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  • Menyediakan output dalam bentuk informasi
  • Menurut Fouri, komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia.

Menurut Donald H Sanders dalam buku Computer Today, Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat, tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, intruksi program yang tersimpan di memori (stored program).

Dari definisi-definisi diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa Komputer adalah kumpulan mesin alat penghitung yang memiliki tempat penyimpanan atau storage, dapat menerima input data secara cepat, mengolah data secara cepat, dan menghasilkan data informasi secara cepat yang berguna dan sesuai dengan keinginan pemakai (user). Dimana ‘Informasi’ yang dihasilkan oleh komputer merupakan aplikasi dari komputer, dan input dari komputer merupakan data-data, sehingga komputer itu sendiri dapat dikatakan ‘Proses Tranformasi’ dari data menjadi informasi.

Agar lebih mudah dipahami, analogikan dalam pikiran bahwa komputer sebagai manusia yang mempunyai bentuk fisik dan non-fisik. Bentuk fisik manusia berupa tangan, kaki, kepala, telinga dan lain sebagainya. Susunan dan letak masing-masingnya membentuk tubuh. Sama halnya dengan komputer yang mempunyai bentuk fisik seperti monitor, keyboard, CPU dan lain sebagainya. Fisik yang terbentuk tidak berguna jika tidak dilengkapai non-fisik. Seperti manusia yang memiliki jiwa, komputer memiliki software untuk menjalankan sistemnya.

FUNGSI KOMPUTER

Setelah mengulas pengertian dan sejarah komputer, sobat sekalian pasti sudah bisa menyimpulkan beberapa fungsi dari komputer. Berikut akan diperjelas kembali fungsi komputer :

  • Komputer dapat melaksanakan komunikasi jarak jauh dan membagikan cukup banyak informasi dengan jaringan internet. Fungsi ini bahkan dinikmati oleh anak-anak bukan hanya orang dewasa
  • Komputer dapat mengontrol alat-alat pemantau seperti CCTV (kamera kontrol jauh), juga dapat mengontrol berbagai mesin otomatis yang kita pakai sekarang ini.
  • Komputer dapat digunakan juga sebagai sarana usaha dalam banyak hal, nilai dagang komputer yang sangat menjanjikan dan usaha lainnya yang menggunakan komputern sebagai sara seperti desain arsitektur, pemograman, perusahaan yang mengolah data laju naik turun keuntungan, bahkan warung internet.
  • Bidang kesehatan juga memfungsikan komputer untuk meningkatkan keefektifan dan keefisienan dalam pemeriksaan penyakit dalam maupun kehamilan (USG).
  • Komputer dapat memperkuat pertahanan negara maupun gedung-gedung tertentu yang secara otomatis dikendalikan oleh komputer. Seperti CCTV, alarm kebakaran dan penyimpanan berkas penting negara.
  • Dalam bidang pendidikan komputer dapat memudahkan proses belajar mengajar dengan dipersiapkannya bahan presentasi dengan komputer.
  • Sehari-harinya komputer bahkan berfungsi sebagai sarana hiburan dengan menyediakan game-game seru untuk dimainkan.

KOMPONEN – KOMPONEN KOMPUTER

Dalam sistem komputer, terdapat tiga komponen yang tidak akan pernah bisa dipisahkan. Jika komponen-komponen ini terpisah maka komputer tidak akan bekerja. Lalu, apa sajakah komponen-komponennya?

  1. Hardware (Perangkat Keras)

Perangkat keras merupakan perangkat yang dapat kita sentuh seperti perangkat pemasukan, perangkat pemrosesan, perangkat keluaran dan perangkat penyimpanan. Alat-alat penyusun perangkat keras biasanya canggih sehingga dapat membentuk komputer yang bekerja berdasarkan perintah. Dengan adanya perintah yang dimengerti oleh komputer, maka perintah tersebut melakukan berbagai aktivitas pada mesin dan menjalankannya sesuai susunan perintahnya. Pada perangkat keras terdapat processing device (CPU), input device, output device, dan storage device.

  1. Software (Perangkat Lunak)

Perangkat lunak merupakan prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Data elektronik merupakan bentuk software program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah. Pada perangkat lunak terdapat operating system (OS), application program dan language program.

  1. Brainware (Operator)

Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer. Perintah yang diterima komputer, seluruhnya berasal dari brainware.

CARA KERJA KOMPUTER

Jika sebuah komputer hanya terdiri dari perangkat keras saja seperti monitor, CPU, keyboard, belum bisa dikatakan sebagai komputer. Karena itu komputer bisa bekerja jika ada 3 unsur yang memenuhi syarat yaitu, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software) , operator (brainware). Hardware digunakan untuk media input output perintah, software digunakan sebagai media pengolahan perintah dan brainware adalah pengguna komputer (operator) yang berguna sebagai pemberi perintah dan pengguna data hasil olahan komputer.

Cara kerja komputer secara umum menggunakan ketiga unsur utama ini. Jadi, brainware memasukkan perintah atau input kedalam komputer melalui perangkat keras seperti keyboard, mause, microphone dll. Perintah input yang dimasukkan tadi di proses di dalam komputer dengan processor yang berfungsi sebagi otaknya komputer. Processor inilah yang mengolah semua perintah menjadi bahasa mesin yang mudah dipahamu oleh alat elektronik dalam komputer. Perintah yang sudah diolah tadi ditampilkan berupa hasil keluaran (output) berupa data melalui perangkat keras. Contoh hasil outputnya misalnya cetakan kertas melalui printer, suara melalui speaker video melalui monitor. Semua output yang ditampilkan komputer didukung software misalnya audio harus didukung software winamp, vlc, kmpplayer dll. Seandainya data yang hendak diproses adalah angka harus didukung oleh software microsoft word, excel power point dll.

Aplikasi Penerapan Komputer

Dunia sedang mengalami proses  revolusi penerapan dari tehnologi komputer yang disebut dengan “Computerization”.

Bidang Teknik dan pengetahuan

Computer Aided Design/Computer Aiden Manufacturing (CAD/CAM), perancangan dengan memakai bantuan komputer. Computer Aided Three Dimension Interactive Automation)

Bidang Bisnis

Management Information System (MIS), Suatu sistem informasi yang dapat menyediakan suatu informasi kepada manajmen untuk pengambilan suatu keputusan. Decession Support System (DSC), sistem pengambilan keputusan

Bidang Industri

  • Autospot (Automatic for Positioning Tools)
  • APT (Automatically Programmed Tolls)
  • Merupakan komputer untuk mengatur pengawasan proses produksi   industri secara otomatisasi.

Bidang Kedokteran

  • CAT (Computer Axial Tomography) , komputer diaplikasiakan untuk mengambil gambar seluruh organ tubuh.
  • DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), untuk mengambil organ tubuh yang  bergerak
  • SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), mendeteksi pertikel tubuh
  • PET (Position Emission Tomography),  dengan menggunakan isotop radio aktif
  • NMR (Nuclear Magnetic Resonance), teknik diagnosa dengan pusat atom

Bidang Perbankan

General Ledger and Financial , aplikasi untuk pembuatan neraca dan pembukuan

The Financial Planner, model untuk pembuatan laporan keuangan

Bidang Penerbangan

Abacus, sistem penjadualan pesawat terbang dan sistem pemesanan tiket.

Bidang Kriminalitas

  • CASP (Crime Analysis Support System), mengidentifikasi suatu daerah kemungkinan terjadi kriminalitas.
  • PROMIS (Prosecutor Offender Management Information System), sistem informasi mengenai bukti-bukti dari tertuduh untuk ke pengadilan.
  • CATH ( Computer Assited Terminal Criminal Hunt), sistem yang dapat menampilakan diskripsi dari orang-orang yang dicurigai.
  • MOTION (Metropolitan Orlean Total Information Online Network), sistem yang digunakan untuk informasi orang-orang dengan latar belakang kriminalitas, lengkap dengan detailnya.
  • ARJIS ( Automated Regional Justice Information System)

Bidang Entertaiment dan Games

Saat ini komputer tidak saja digunakan pada bidang-bidang pekerjaaan dan penelitaian saja. Namun banyak yang digunakan untuk bidang entertainment dan permainan (games).

Bidang entertainment misalnya untuk pembuatan animasi, periklanan, settting, bahkan untuk bermain musik. Di bidang Permainan komputer bisa digunakan untuk permainan (games) tiga dimensi (3D) dilengkapi dengan audiovisual yang menarik dan memberikan special efect. Bahkan kita dapat bermain dengan teman dalam satu komputer. Atau kita bermain dengan lawan dari komputer itu sendiri, misalnya bermain catur dan kartu.

Bidang Komunikasi Jaringan Global (Internet)

Dengan adanya komunikasi jaringan global pada komputer yang biasa disebut dengan internet (inter networking) saat ini, rasanya manusia yang menggunakan internet seolah bisa “menggengam dunia”. Segala sesuatu yang dibutuhkan tersedia pada internet baik yang gratis maupun membayar. Dengan internet manusia bisa melakukan komunikasi data teks, gambar, video, suara, bahkan komunikasi audiovisual secara langsung.

Pengguna internet bisa mencari informasi apa saja yang dibutuhkan misalnya ; informasi berita, sekolah, buku dan perpustakaan, kencan dan perjodohan, belanja atau pembayaran on-line, chatting, memutar radio, video, musik, bermain games,saling menukar informasi dan data (mail), konsultasi dan Tanya jawab, pooling, periklanan, dan bahkan merusak komputer orang lain dari jarak jauh, pesan kamar hotel, tiket pesawat, dan sebagainya.

 

DAMPAK  KOMPUTER  BAGI  KESEHATAN  PENGGUNA

Tenyata tak selamanya kemajuan dunia komputer berdampak positif bagi manusia. Salah satu hal yang paling mudah diamati adalah dampak komputer bagi kesehatan individu pemakainya. Dan dari semua keluhan kesehatan yang pernah ada, kebanyakan keluhan datang dari para pengguna laptop. Laptop atau notebook sebagai sarana mobile-computingmemang dirancang seefesien mungkin untuk dapat dengan mudah dibawa ke manapun. Namun efesiensi yang didapat dari penggunaan laptop ini rupanya harus dibayar mahal dengan mengorbankan faktor ergonomic yang sangat berperan dalam menjamin kenyamanan dan kesehatan sang pemakai.

Salah satu kasus gangguan kesehatan dalam penggunaan laptop dialami oleh  Danielle Weatherbee (29 tahun) dari Seattle, seperti yang ditulis dalam buku Using Information Technology. Karena kebiasaannya sehari-hari yang mempergunakan laptop di mana pun berada, ia kemudian mengalami gangguan tulang belakang. Setelah diperiksa, dokter mendapati tulang belakangnya sudah seperti seorang berusia 50 tahun. Inilah salah satu akibat dari dikorbankannya nilai ergonomic sebuah barang, dalam hal ini laptop.

Secara luas, memang dikenal beberapa gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh pemakaian komputer, antara lain Repetitive Stress/Strain Injury (RSI), Kelelahan Mata dan Sakit Kepala, Sakit Punggung dan Leher, dan Medan Elektromagnetik. Lebih lanjut mengenai Repetitive Stress/Strain Injury (RSI) sendiri adalah sakit pada pergelangan tangan, lengan, tangan dan leher karena otot-ototnya harus bekerja cepat dan berulang. Hal ini dapat menjadi semakin parah jika sang pemakai komputer tidak memperhatikan faktor ergonomic pemakaian komputer dalam jangka waktu lama. Faktor ergonomic sendiri sangat perlu diperhatikan untuk memperoleh kenyamanan dan posisi ideal yang sehat bagi tubuh selama pemakaian komputer.

Yang kedua adalah kelelahan mata dan sakit kepala. Sebenarnya ini merupakan keluhan yang paling banyak dikeluhkan para pemakai komputer, Computer Vision Sindrome (CVS) sendiri merupakan kelelahan mata yang dapat mengakibatkan sakit kepala, penglihatan seolah ganda, penglihatan silau terhadap cahaya di waktu malam, dan berbagai masalah penglihatan lainnya.

Untuk masalah medan elektromantik (EMF), sebenarnya telah marak dibicarakan dalam beberapa tahun terakhir ini. Banyak pihak yang mengkhawatirkan dampak medan magnetic yang terdapat pada berbagai jenis peralatan elektronik, termasuk komputer, terhadap para pemakainya. Mulai dari ketakutan akan gangguan kelahiran yang menyebabkan bayi lahir cacat hingga gangguan yang menyebabkan kanker, pernah menjadi isu seputar dampak medan magnetic. Akan tetapi hingga saat ini belum ada yang tahu pasti mengenai kebenaran dugaan tersebut. Namun begitu, di negara-negara maju seperti Inggris, pemerintahnya telah menganjurkan agar anak-anak di bawah umur mengurangi pemakaian barang-barang yang bermedan elektronik, termasuk komputer bagi anak. Menanggapi kekhawatiran tersebut, Federal Communication Commission (FCC) sebenarnya telah membuat pengukuran khusus yang disebut Specifik Absorption Rate (SAR). SAR sendiri berfungsi untuk menyediakan data tingkat radiasi dari tiap type ponsel yang ada.

CARA MENGATASI  TIMBULNYA  DAMPAK  NEGATIF

Berbagai bahaya kesehatan dari penggunaan computer bukannya tidak dapat diatasi. Dengan mengetahui dampak-dampak negative dari penggunaan computer, kita dapat tahu cara menanggulangi atau meminimalisir timbulnya dampak negative itu adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan Pencahayaan Pada Ruangan yang Ditempati Memakai Komputer Baik.

Pencahayaan ruangan harus baik karena jika pencahayaan dalam ruangan itu kurang baik, sama saja dengan kita membaca ditempat gelap atau kita membaca sambil tidur. Efek-efek yang ditimbulkan antara lain penglihatan menjadi kabur, mata menjadi mines, dll.

  1. Usahakan Sesering Melakukan Peregangan.

Peregangan sangat di sarankan bagi penggunaan computer yang lama, sebab jika kita melakukan sedikit peregangan, saraf-saraf yang awalnya kaku dan tegang akan kembali relax.

  1. Gunakan Meja atau Kursi yang Sesuai Dengan Postur Tubuh.

Meja dan kursi yang kita gunakan pada saat menggunakan computer sangat berpengaruh bagi kesehatan kita. Meja dan kursi yang kita gunakan sangat berperan penting karena karena jika kita salah memilih atau memakai meja dan kursi dalam megoprasikan suatu kegiatan, maka itu dapat menimbulkan penyakit-penyakit yang bersal dari berubahnya posisi tulang, misalnya pegal pada tangan, leher, bahu, sakit pinggang, sampai benngkoknya ruas tulang belakang.

  1. Gunakan Kaca Pengurang Radiasi cahaya pada Monitor.

Kaca pengurang radiasi sangat dianjurkan karena dengan menggunakan kaca ini, radisai yang sampai dimata kita sangatlah berkurang bahkan tinggal 20% dari tinggkat radiasi awalnya.

  1. Putarlah Musik yang Disukai Dengan Volume yang kacil.

Musik atau hiburan lain sangatlah penting agar kita tidak terlaju jenuh dan stress akibat pekerjaan kita.

  1. Seringlah Meminum Air Putih.

Kita juga sebaiknya sesering mungkin meminum air putih untuk mengurangi dehidrasi pada saat bekerja, apalagi pada ruangan yang ber-AC.

 

Leave a Reply