Pengertian Access Point dan Fungsinya

Pengertian Access Point dan Fungsinya

By | December 6, 2015

Dalam dunia internet access point sangat diperlukan sekali. apalagi jika kita menggunakan internet tanpa kabel atau bisa disebut dengan wifi. Nah biasanya setiap radio internet yang kita memiliki, mempunyai menu dengan sistem access point. Sebenarnya apa sih access point itu ? di sini wireless mode akan memberikan sedikit penjelasan supaya kita mengerti apa itu access point. Karena sekarang ini dunia IT dituntut untuk lebih memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi informasi.

Apa Access point itu ?

pengertian access pointAccess Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.

Atau Agar kita lebih mudah untuk memahaminya maka bisa dibilang sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan alat-alat dalam suatu jaringan, dari dan ke jaringan Wireless.

Fungsi Access Point

fungsi access pointSecara garis besar, access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Atau jika ingin diperinci lebih jelas lagi fungsi access point adalah sebagai berikut :
1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel

Nah itulah beberapa fungsi dari access point. Jadi jika anda punya alat radio wireless anda bisa setting radio anda dengan mode access point. Setiap radio berbeda beda setting access pointnya. Namun pada dasar nya sama. Nanti akan saya berikan petunjuk cara setting access point di beberapa radio yang berbeda seperti TP LINK, UBNT, Mikrotik dan lain lain.

Cara Setting Access Point

Untuk cara setting access point yang saya tuliskan disini adalah yang simple dan mudah dimengerti saja. Biasanya yang sering digunakan para pemula adalah TPLINK. Jadi saya berikan contoh dengan radio TPLINK.

Saya menjelaskan langsung dari cara memanggil radionya. Jadi disini saya sudah menganggap anda sudah bisa memanggil radio TPLINKnya. Saya menggunakan TPLINK 5110g.

Langkah Awal
1. Dalam melakukan setting acces point yang pertama harus dilakukan adalah mengetahui ip, username, dan password dari access point tersebut.

2. Sebelum memanggi radio TPLINK nya. Pastikan IP address anda sudah di ubah ke 192.168.1.12 (angka terakhir 12 ini terserah bisa anda isi berapapun asal jangan 254.)

3. Panggil radionya dengan masukkan alamat 192.168.1.254 di browser anda. Bisa Google chrome atau mozilla.

4. Nanti akan masuk menu login dan masukkan user dan passwordnya.

Username : admin
Password : admin

5.Setelah masuk nanti akan terlihat menu awal di TPLINK. Setelah itu pilih mode Wireless pada menu TPLINK. Gambarnya bisa anda lihat seperti dibawah ini.

setting access point 1

6. Kemudian anda pilih menu wireless mode dan pilih menu access point di menu wireless mode tersebut.

setting access point 2
7. Kemudian klik simpan.
8. Setelah itu tinggal buktikan di laptop anda. Nanti di wifi laptop anda akan ada pancaran sinyal wifi dari TPLink yang sudah anda setting tadi.

sumber:  https://www.wirelessmode.net/pengertian-access-point-dan-fungsinya.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: