Kredivo vs KlikACC, Mana Bunga Paling Ringan?

Solusi keuangan masyarakat kini beralih pada aplikasi pinjaman uang online yang aman dan terdaftar di OJK. Diantara fintech yang tersedia, ada dua yang bisa dijadikan pertimbangan yaitu Kredivo dan KlikACC.

Kredivo melayani masyarakat luas secara umum sementara untuk KlikAcc memang dikhususkan untuk para pelaku usaha atau UMKM yang membutuhkan dana. Sehingga proses pendaftaran KlikACC juga memerlukan waktu yang lebih banyak serta harus lebih teliti dengan persyaratan yang perlu diajukan.

Syarat menjadi member Kredivo vs KlikACC

Syaratnya mudah saja jika ingin meminjam lewat Kredivo harus terdaftar terlebih dahulu. Apa saja syaratnya? Berusia antara 18-60 tahun yang dibuktikan dengan KTP, punya penghasilan stabil dan tetap minimal Rp3 juta. Bisa berasal dari gaji bulanan atau pendapatan usaha bulanan. Berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri.

Sementara untuk mendapatkan pinjaman dari KlikACC juga harus melewati verifikasi data. Pada saat registrasi beberapa syarat yang wajib disertakan seperti KTP, Kartu Keluarga, NPWP, slip gaji atau buku rekening. Semua proses pendaftaran dilakukan secara online.

Syarat secara umum untuk pengguna KlikAcc adalah berusia antara 21 sampai dengan 65 tahun, serta dokumen-dokumen yang disebutkan. Yang jelas punya handphone aktif, email dan juga nomor rekening atas nama sendiri.

Cara pendaftaran menjadi member Kredivo vs KlikACC

Saat ini aplikasi resmi Kredivo sudah bisa diunduh lewat Google Play Store maupun App Store. Proses pendaftaran bisa dilakukan secara online dan kapan saja sehingga sangat fleksibel. Proses persetujuannya pun lebih cepat dari lembaga keuangan konvensional yang memakan waktu berhari-hari.

Tidak ada survei ataupun pengecekan ke rumah atau kantor pengguna. Semua sudah dilakukan verifikasi secara online lewat data-data yang submit. Paling lambat proses verifikasi data memakan waktu 1×24 jam. Jika sudah oke, notifikasi persetujuan membership akan diinformasikan lewat layanan pesan singkat atau email.

Agak berbeda dengan KlikACC karena limitnya bisa sampai lebih dari Rp100 juta. Oleh karena itu, proses verifikasi data bisa memakan waktu sampai dengan 7 hari kerja.

Bunga dan biaya admin Kredivo vs KlikACC

Kredivo memberikan bunga 2,6% per bulan untuk semua jenis layanan. Tenor yang diberikan untuk belanja online maupun offline adalah 3 bulan, 6 bulan sampai dengan 12 bulan. Khusus untuk transaksi pinjaman dana, diberikan biaya admin sebesar 6% dari total pinjaman yang akan dipotong di muka.

KlikACC memberikan bunga pinjaman 1% per bulan secara flat. Limit kredit yang diberikan antara Rp4 juta sampai dengan Rp2 Miliar. Meskipun memberikan bunga yang rendah tetapi KlikACC lebih eksklusif menyasar para pelaku usaha atau UMKM sehingga pinjaman yang diberikan berupa pinjaman produktif.

Kelebihan Kredivo vs KlikACC

Memilih aplikasi pinjaman uang online saat ini memang dibutuhkan pengetahuan dan kehati-hatian. Terlebih jika kita tidak paham dengan produk dan keunggulannya. Seperti kelebihan yang diberikan oleh Kredivo, pengguna bisa menggunakannya tidak hanya untuk belanja online dengan cara bayar cicilan tetapi juga bisa digunakan untuk bayar berbagai kebutuhan seperti BPJS, tagihan air, tagihan listrik hingga pembelian token listrik secara online.

Manfaat yang diberikan Kredivo bisa dirasakan secara langsung dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari bayar berbagai tagihan sampai beli burger di McD dengan memanfaatkan fitur scan barcode dari Kredivo.

Hal-hal tersebut belum bisa diberikan oleh KlikACC karena punya fokus yang berbeda. Meskipun demikian, jika kamu seorang pengusaha yang butuh modal dengan proses cepat, bisa memanfaatkan Kredivo lewat pinjaman tunainya. Limitnya bisa mencapai Rp30 juta. Proses mudah maksimal 1×24 jam sudah mengetahui status pinjaman kita.