Cara Instal Sistem Operasi Windows 7

Cara Instal Sistem Operasi Windows 7

windows7-logo
Windows 7 Logo

Cara Instal Sistem Operasi Windows 7 – Melanjutkan postingan tentang Instalasi Sisten Operasi, kali ini akan membahas mengenai cara instal windows 7. Mungkin bagi sebagian orang ada yang sudah bisa bahkan mahir untuk instal OS, namun alangkah baiknya kalau kita saling berbagi pengetahuan bukan? Instal Windows 7 adalah suatu cara menginstal sistem pada komputer yang sangat mudah dan menjadikan PC/Laptop kita menjadi baru. Dengan kata lain Windows yang baru akan menghapus seluruh sistem pada satu partisi, termasuk adanya virus di Drive Hardisk kita. Mungkin dengan artikel ini bisa menjadi tutorial cara instal windows 7 dengan baik, benar dan sempurna melalui setiap bagian dari proses instal Windows 7 dengan bersih.

Untuk memulai proses instalasi windows 7, yang perlu anda lakukan adalah memilih boot pertama dari Windows 7 DVD (jika menggunakan Windows 7 DVD Installer) atau boot pertama dari perangkat USB (jika menggunakan Flashdisk). Cara Instal Windows 7 menggunakan media Flash Disk akan dibahas pada artikel selanjutnya. Berikut di bawah ini adalah langkah-langkah untuk Instal Sistem Operasi Windows 7.

1. Nyalakan Komputer / Laptop.

2. Ubah Boot Pertama Ke CD/DVD, namun jika dari Flash Disk Ubah Boot Pertama ke Flash Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 DVD Installer atau Flash Disk.

booting
3. Saat meyalakan Laptop/Komputer Masuk Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop merk lain Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer). Contoh Masuk Ke Setup Utility, Tampilan ini beraneka ragam tergantung merk, Cari Boot lalu Arahkan Boot Pertama Jadi DVD atau Flashdisk sesuai keinginan. Exit, Saving Changes Kemudian Yes, dan Komputer/Laptop akan segera Restart dari DVD. Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Windows 7 Installer ke Drive DVD, sebelum restart.

biosmenu1
biosmenu2
biosmenu3
4. Mulai Proses instal Windows 7 dari DVD Windows 7 Installer, Klik Apa saja pada keyboard, misalnya klik Enter (waktunya hanya 5 detik)

press
5. Pada Langkah ini tidak melakukan apapun

loadprocess
logon
6. Pilih English, Klik Next

choose-english
7. Klik Install Now

install-now
8. Klik I accept the license terms, kemudian Klik Next. Proses Segera Dimulai

agree-TOS
processing
9. Pada Langkah ini sangat penting sekali, karena kita akan membagi partisi driver. Klik Custom (advanced). Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama.

advanced
10. Setelah Itu masuk ke Contoh Gambar Di bawah ini, Pada langkah ini kita akan mengatur Partisi Yang akan di instal Windows 7 Yang Baru.

menu-win7
11. Delete Partisi System Windows Yang Lama, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk Drive (C:). Jadi kalau simpan Data-data dikemudian hari sebaiknya di (D:) atau (E:). Arahkan kursor, Delete Partisi dengan Klik Delete, kemudian klik OK-OK saja, sampai tampilan pada gambar berikutnya.

menu-win7-2
12. Arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan diisi Windows 7 Yang Baru, Klik New. Kemudian Klik OK-OK.

menu-win7-3
13. Maka Tampilan akan seperti berikut, Kemudian arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan Di instal Windows Yang Baru (Primary), Kemudian Klik Next.

menu-win7-5
Proses Instalasi Benar-benar dimulai, kalo sudah sampai langkah ini anda bisa benar-benar bersantai, karena selanjutnya akan berjalan Otomatis. Jangan klik apapun, biarkan saja sampai restart dengan sendirinya.
copying-win7

Catatan: Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk HARUS dicabut.

copying-win72

14. Setelah Restart, pada langkah selanjutnya jangan klik apapun. Biarkan berjalan dengan sendirinya sampai proses selesai.

menu-boo5
starting-1
starting-2
starting-4
starting-6
starting-7
starting-8
to-setup
15. Isi Nama untuk Laptop atau Komputer terserah anda sendiri dan Next.

computer-name
16. Untuk form password jika PC/Laptop anda sangat rahasia, maka isi dengan password yang mudah anda ingat dan jika tidak menggunakan password kosongkan form tersebut kemudian klik Next.

form-password
17. Jika sudah memiliki Kode Windows 7, ketik kodenya dalam kotak tersedia, dan klik Automatically activate Windows. Jika belum mempunyai kode, jangan diisi apapun, Disebelah Next nanti ada Skip, jadi Klik Skip.

serial-number-windows7
18. Klik Use recommended settings

recommended-setting
19. Sesuaikan waktu yang dikehendaki, kemudian klik Next

date-time-setting
Selamat Proses Instalasi sudah Sempurna

windows7-desktop

Catatan : Setelah selesai instal windows 7 langkah sebaiknya anda instal antivirus terlebih dahulu kemudian baru driver-driver yang harus diperlukan.

sumber:https://solusikompi.blogspot.co.id/2015/01/cara-instal-sistem-operasi-windows-7.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: