Jenis-Jenis Keyboard Pada Komputer

Jenis-Jenis Keyboard Pada Komputer

jenis-jenis keyboard computer. Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:

  1. KEYBOARD SERIAL. Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada computer tipe AT. Gambar dibawah ini adalah port yg biasa digunakan pada computer jenis keyboard serial dan gambar dari keyboar serial.
  2. KEYBOARD PS/2. Biasanya digunakan pada computer ATX, dan saat ini menjadi yang paling banyak digunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilakukan dengan cermat, sebab port yg dimiliki sama dengan port untuk mouse. gambar dibawah ini adalah port dan keyboard jenis PS/2.
  3. KEYBOARD WIRELESS. Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan computer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau Bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan computer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangakan penerima biasanya dipasangkan pada port USB atau serial pada CPU. Gambar dibawah ini adalah gambar keyboard jenis wireless beserta dengan mouse optic.
  4. KEYBOARD USB. Komputer terbaru saat ini sudah banyak menggunakan jenis konektor USB adalah jenis keyboard generasi terbaru. Bentuknya sangat fleksibel dan cenderung bias dibawa kemana pun. Keyboard jenis ini bias digolongkan sebagai keyboard portable. Umumnya terbuat dari karet, dan pasti kedap air. Gambar dari keyboard USB bisa dilihat dibawah ini.

Struktur tombol pada keyboard
Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan-penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.
Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4 yaitu :
a. Tombol ketik (typing keys) adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka, serta tana baca. Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
b. Numeric Keypad
Bagian ini merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka operasi perhitungan. Srtuktur angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
c. Tombol Fungsi (Funtion Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standar. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada system operasi maupun aplikasi.
d. Tombol Kontrol (Control Keys)
Tombol ini menyediakan control terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dala kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah diantara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (CTRL), alternate (ALT), dan escape (ESC).
Gambar berikut adalah keyboard beserta peran peran tombol-tombolnya secara lengkap:
Sekian dulu ya seoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda ^_^. ntar artikel ini akan saya sambung lagi dengan menambahkan table beberapa fungsi tombol. terimakasih ^_^
sumber:https://terabjad.blogspot.co.id/2015/07/jenis-jenis-keyboard-komputer.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: