MEDIA PEMBELAJARAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai Media Pembelajaran yang saya dapat dari Mata Kuliah Pengembangan Media Pembelajaran dengan dosen Pengampu Bapak Agung Kuswantoro. Seperti yang kita ketahui bahwa Media itu sangat penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas karena media merupakan perantara untuk menyampaikan pesan dari seorang guru kepada para siswanya.
Seperti yang tercantum dari artikel yang saya baca di google scholar mengenai Media Pembelajaran dari A.Arsyad 2016 bahwa Media pembelajaran berasal dari bahasa latin ”medius” yang secara harfiah berarti ”tengah”, perantara atau pengantar. Dalam bahasa Arab, media perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Gerlach dan Ely mengatakan bahwa media apabila dipahami secara garis besar adalah manusia, materi, atau kejadian yang membangun kondisi yang membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap.

Sehingga, dengan keterbatasan yang dimiliki, manusia seringkali kurang mampu menangkap dan menanggapi hal-hal yang bersifat abstrak atau yang belum pernah terekam dalam ingatannya dan untuk menjembatani proses belajar mengajar yang demikian, diperlukan media pembelajaran yang memperjelas dan mempermudah peserta didik dalam menangkap pesan pesan pendidikan yang disampaikan. Oleh karena itu, semakin banyak peserta didik disuguhkan dengan berbagai media dan sarana prasarana yang mendukung, maka semakin besar kemungkinan nilai-nilai pendidikan mampu diserap dan dicernanya

Ada berbagai Media Pembelajaran yang dapat digunakan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar di kelas. Seperti yang dijelaskan oleh Pak Agung di pertemuan Minggu lalu ketika kita mencari di google contohnya Media Pembelajaran untuk mapel matematika itu akan keluar banyak sekali berbagai macam media yang digunakan misalnya: bangun ruang, begitu pula dengan mapel geografi, dan biologi akan dijumpai banyak media pembelajaran yang dapat digunakan. Namun, yang sangat disayangkan disini ketika mencari di google mengenai media pembelajaran untuk Administrasi Perkantoran itu sangat sedikit dan yang ditemukan pun hanya berupa powerpoint, cover, dan gambar-gambar. Itu yang menjadikan motivasi Pak Agung dan kami tentunya sebagai mahasiswa untuk bisa mengembangkan atau bahkan membuat Media Pembelajaran untuk jurusan Administrasi Perkantoran.
Kemudian Pak Agung juga menjelaskan berbagai contoh media pembelajaran yang dapat digunakan di Jurusan Administrasi Perkantoran. Salah satunya adalah Media “Gudmen” yang digunakan dalam pembelajaran mengetik manual, dalam pengembagan media ini digunakan satuan epm (entakan per menit) untuk mengukur kemampuan siswa dalam mengetik manual. Kemudian ada media audio yang dapat digunakan dalam pembelajaran stenografi, jika di mengetik ada satuan epm di stenografi juga mempunyai satuan yang disebut skm (suku kata per menit) yang digunakan untuk mengukur seberapa cepat kemampuan siswa dalam menulis stenografi. Selanjutnya media e-arsip yang digunakan dalam pembelajaran Kearsipan. Media-media tersebut juga dapat digunakan di lingkungan perkantoran untuk mengefisiensi pekerjaan dan menghemat waktu dalam penyelesaian tugas. Sangat menarik media-media yang telah dicontohkan oleh Pak Agung tersebut, sehingga dalam perkuliahan kali ini diharapkan seluruh mahasiswa mampu menciptakan berbagai macam Media Pembelajaran khususnya untuk jurusan Administrasi Perkantoran.
Sekian penjelasan saya mengenai Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran, semoga bisa memberi motivasi dan bermanfaat bagi kita semua 

Oleh :
Ayung Ningtias 7101415090
Rombel PAP B 2015

Leave a Reply


Skip to toolbar