VIDEO PEMBELAJARAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

Pertemuan Selasa, 27 Maret 2018
Pada kesempatan ini saya ingin berbagi informasi mengenai Media Pembelajaran yang dapat digunakan pada jurusan Administrasi Perkantoran. Pada hari Selasa minggu lalu ketika saya mengikuti perkuliahan pengembangan Media Pembelajaran. Saya disuguhi atau ditampilkan beberapa video mengenai Administrasi Perkantoran.
Video dapat digunakan sebagai salah satu Media Pembelajaran untuk memudahkan siswa menyerap atau menangkap materi yang dipelajari, dengan tampilan video yang menarik itu akan membuat siswa merasa senang dan sedikit mengurangi rasa bosan mengikuti pembelajaran disekolah yang hanya berkutat dengan buku, bolpoin, dan papan tulis saja.
Video yang ditampilkan oleh Pak Agung adalah semuanya yang berhubungan dengan Administrasi Perkantoran, Pak Agung menggolongkan media tersebut ada yang bersifat kognitif dan media dengan materi bersifat praktek.
1. Video materi praktek, pak Agung menampilkan dua video yaitu tentang kearsipan
a. Video yang pertama hanya berupa gambar-gambar berjalan dengan diiringi musik tanpa ada suara atau penjelasan, namun penjelasanya berupa tulisan berjalan dengan gambar yang ditampilkan, misalnya: gambar filling cabinet, gambar guide, map, folder dan yang lainya.
b. Video yang kedua, hampir sama dengan video pertama yaitu tentang materi kearsipan, namun pada video kedua ini ada peraga yaitu orang asing yang berbahasa Inggris dalam penjelasanya, pada video tersebut menjelaskan bagaimana cara menata arsip dinamis, dengan berbagai peralatan yang lengkap seperti : filling cabinet, guide, map, dan folder dengan warna yang berbeda-beda untuk memudahkan dalam penjelasnya.
Dari kedua Video tersebut tentu video kedua lebih menarik dan mudah dipahami hanya saja terkendala masalah bahasa. Namun, menurut Pak Agung dari video yang kedua kita dapat melihat bahwa media yang sesungguhnya adalah keterpaduan antara teori, alat, dan komunikasinya.
2. Video yang bersifat kognitif, yaitu video yang berdasarkan pengetahuan, pemahaman dan berdasarkan teori yang ada. Pada video yang ditampilkan ada seorang wanita asing yang sedang diwawancarai mengenai administrasi perkantoran, kemudian ada beberapa orang juga yang diwawancarai tentang administrasi perkantoran, pembuat video ingin mengetahui beberapa pendapat dari berbagai sumber dengan pekerjaan yang berbeda namun semuanya tentang administrasi perkantoran, ini bertujuan untuk mengkaji konsep-konsep administrasi perkantoran dan supaya orang – orang mengetahui bahwa admnistrasi perkantoran itu sangat luas dan tidak hanya melulu tentang kearsipan, mengetik, dan menulis saja.
3. Video Praktik secara langsung di kantor, Pak Agung juga menampilkan beberapa contoh video yang menampilkan bagaimana pekerjaan yang ada di kantor dengann berbagai peraga yang mempunyai peran yang berbeda-beda. Dalam video tersebut, ditampilkan bagaimana cara menerima telepon yang baik, menerima tamu yang baik, mengurus surat masuk dan keluar, dan mengarsipkan. Video tersebut juga dapat digunakan untuk media pembelajaran di administrasi perkantoran.
Dari berbagai media berupa video-video yang telah saya jelaskan diatas tentu saja masih memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, yang terpenting disini dalam pembuatan media pembelajaran harus diperhatikan materi dan aspek-aspek supaya sesuai dan terkait antara teori yang dipelajari.
Selain video yang menarik, untuk memudahkan dalam menyerap mata pelajaran guru juga bisa menggunakan peta konsep sesuai materi dan teori yang ada. Sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi melalui konsep-konsep yang dibuat dan kemudian menghubungkanya sehingga bisa terkait satu sama lain.
Sekian penjelasan dari saya mengenai media yang dapat digunakan pada Administrasi Perkantoran. Semoga bermanfaat 

Oleh :
Ayung Ningtias
7101415090
PAP B 2015

Leave a Reply


Skip to toolbar