PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN

Pertemuan ke 4 (Selasa, 3 April 2018)
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai Pemilihan Media Pembelajaran. Setelah pertemuan yang lalu dibahas dan ditampilkan mengenai berbagai macam media pembelajaran seperti Video dan Peta konsep maka pada kesempatan ini kita harus mampu memilih media yang tepat dan sesuai untuk suatu mata pelajaran atau materi yang akan disampaikan supaya nantinya peserta didik bisa dengan mudah menyerap materi yang disampaikan oleh guru melalui media yang tepat tentunya.

Seperti yang tercantum dalam buku Azhar Arsyad (2013) halaman 67-78, bahwa pertimbangan-pertimbangan dalam memilih media pembelajaran seperti motivasi, perbedaan individual, tujuan pembelajaran, organisasi isi, persiapan sebelum mengajar, emosi, partisipasi, serta penerapan. Dalam buku Azhar Arsyad juga disebutkan mengenai penekanan dalam pembelajaran seperti menghafal, menerapkan ketrampilan, mengaitkan hubungan-hubungan, dan berpikir lebih tinggi.

Jadi, hal terpenting dari pemilihan media pembelajaran itu adalah media tersebut harus ada kaitanya atau nyambung dengan teori dan materi yang akan diajarkan, kemudian harus memilah apakah materi tersebut berupa hafalan, praktik, atau materi yang menerapkan ketrampilan khusus. Sehingga, media pembelajaran tidak melulu powerpoint atau video yang biasa kita jumpai dalam pembelajaran di sekolah-sekolah.

Dalam pemilihan media pembelajaran seorang guru harus mempunyai beberapa pertimbangan atau kriteria khusus tentunya yang terkait dengan materi yang akan diajarkan, seorang guru juga harus menguasai materi terlebih dahulu supaya dari materi tersebut bisa dibuat peta konsepnya kemudian dari peta konsep tersebut bisa menentukan media pembelajaran yang tepat.

Dengan adanya media pembelajaran yang tepat maka akan didapat kualitas dalam proses pembelajaran karena guru dapat dengan mudah mentransfer materi melalu media yang tepat sebagai sarana untuk membantu penyampaian materi kepada siswa. Kualitas pembelajaran juga dipengaruhi oleh kualitas media pembelajaran yang digunakan. Sehingga, untuk mendapatkan kualitas pembelajaran yang baik dan berpengaruh pada siswa maka diperlukan perencanaan dan pemilihan media pembelajaran yang baik dan tepat pula. Jika media pembelajaran tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan maka media pembelajaran tersebut dapat digunakan secara efektif dan tidak sia-sia.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan mengenai pemilihan media pembelajaran, semoga bermafaat 

Leave a Reply


Skip to toolbar