HASIL DISKUSI KELOMPOK PETA KONSEP DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN

Pertemuan ke 5 (Selasa, 10 April 2018)
Pada minggu lalu telah diberikan tugas kelompok oleh Pak Agung setiap kelompok terdiri dari 5 orang untuk membuat mind maping atau peta konsep dari materi Administrasi Perkantoran kemudian dari peta konsep tersebut ditentukan media pembelajaran apa yang tepat.
Setelah satu minggu berlalu maka tiba waktunya untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok yaitu pada pertemuan ke 5 tanggal 10 April 2018. Ada beberapa hal yang harus disampaikan pada saat presentasi di depan antara lain:
a. Peta konsep yang telah dibuat dan materi apa yang dimasukan dalam peta konsep tersebut
b. Media pembelajaran apa yang dipilih
c. Mengapa memilih media pembelajaran tersebut
Kemudian setiap perwakilan kelompok satu orang maju kedepan untuk mempresentasikan hasil diskusinya :

1. Kelompok 1, Siti Khotimah
Kelompok pertama memilih materi komunikasi dengan berfokus pada praktik bertelepon baik menerima telepon maupun menelpon kemudian untuk mempermudah siswa dalam mempelajari materi tersebut kelompok 1 memilih Video sebagai media pembelajaran sehingga siswa dapat mengetahui cara berkomunikasi yang benar melalui video tersebut dan dengan harapan siswa dapat dengan mudah menyerap materi yang disampaikan guru

2. Kelompok 2, Wanda Dwi
Kelompok kedua ini juga memilih materi tentang komunikasi hampir sama dengan kelompok pertama, namun kelompok 2 ini fokus pada proses komunikasinya atau ke ranah kognitif nya yang nantinya dari proses komunikasi tersebut dapat diketahui siapa pengirim pesan, penerima pesan, media yang digunakan untuk menyampaikan pesan, dan berbagai hambatan yang mungkin terjadi. Kemudian kelompok 2 juga memilih media Video untuk materi proses komunikasi ini.

3. Kelompok 3, Hafidhotul Khasanah
Kelompok 3 ini memilih materi Hubungan Masyarakat (Humas) yang berfokus pada pelayanan pelanggan, kelompok 3 ini mengambil materi humas karena mereka ingin supaya berbagai informasi yang disebarkan oleh bagian humas ini adalah semua berupa fakta dan bukan Hoax. Sehingga, untuk menghapus anggapan tersebut maka kelompok 3 berharap bahwa humas bisa dijadikan jembatan sebagai sumber informasi yang akurat. Kemudian media yang dipilih oleh kelompok 3 ini adalah Pop Up atau semacam buku yang nantinya didalam buku itu ada gambar timbul yang menjelaskan berbagai alur pelayanan yang dilakukan oleh bagian humas.

4. Kelompok 4, Lailatul Khasanah
Kelompok 4 memilih materi Komunikasi dengan berfokus pada komunikasi yang dilakukan di kantor yang nantinya akan dijelaskan berbagai alur komunikasi yang ada di kantor, materi ini lebih berfokus pada kognitif atau pengetahuan, dan kelompok 4 memilih media Video untuk memudahkan siswa memahami materi komunikasi yang ada dikantor.

5. Kelompok 5, Fauzan Priambodo
Kelompok 5 memilih materi Kearsipan yang berfokus pada ranah kognitif atau pengetahuan yaitu materi sistem penyimpanan arsip yang dibagi menjadi : sistem penyimpanan abjad, wilayah, tanggal, pokok soal, nomor desimal, dan nomor terminal digit. Kemudian untuk memudahkan penyampaian materi kelompok 5 memilih media Video yang nantinya dalam video tersebut akan dijelaskan berbagai sistem dengan alat – alat arsip dan peraga yang menjelaskanya.

6. Kelompok 6, Metayani
Kelompok 6 ini memilih materi Pelayanan Prima yang berfokus pada kepuasan pelanggan eksternal yang nantinya dijelaskan bahwa untuk melayani pelanggan ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti 3A (Attitude, Attention, Action) kemudian kelompok 6 memilih media Video yang menampilkan cara pelayanan prima yang baik dan benar sekaligus ada peraga dalam video tersebut.

7. Kelompok 7, Reny Eka S
Kelompok 7 memilih materi Humas yang berfokus pada media humas yang nantinya menjelaskan berbagai media yang digunakan dalam hubungan masyarakat. Kemudian memilih media yaitu Puzzle yang nantinya siswa dapat menyusun puzzle tersebut dan mengetahui media apa yang terdapat di puzzle tersebut.
Namun, menurut Pak Agung media puzzle pada materi media humas ini kurang tepat.

8. Kelompok 8, Ani Chudaifah
Kelompok 8 memilih materi Pengadaan Perbekalan ada beberapa materi pengetahuan yang dijelaskan dan juga bisa digunakan untuk praktik. Namun sebelum praktik harus diketahui terlebih dahulu materi dasar seperti pengertian, fungsi, sistem pengadaan dll. Kelompok 8 memilih media Video dan Role Mode. Video digunakan untuk menampilkan berbagai cara pengadaan kemudian setelah siswa mengetahui dan paham maka guru akan membagi siswa kedalam beberapa kelompok untuk menggunakan media Role Mode atau bermain peran misalnya: ada pimpinan, kepala gudang dll yang nantinya dipraktikan alur dari pengadaan perbekalan

9. Kelompok 9, Ayuni
Kelompok 9 ini memilih materi mengetik 10 jari dengan menggunakan 3 alat yaitu mesin tik manual, mesin tik elektronik, dan Personal Computer. Pada materi mengetik 10 jari ini kelompok 9 menggunakan Media yaitu aplikasi yang bisa diinstal dilaptop seperti Typing Master sehingga harapanya siswa dapat berlatih sendiri di rumah masing-masing dan harapanya semua siswa dapat mengetik 10 jari buta tanpa melihat tuts namun melihatnya ke arah teks yang diketik

10. Kelompok 10, Berliana
Kelompok 10 ini memilih materi manajemen kearsipan mereka merasa jika materi kearsipan hanya disampaikan seperti biasa itu sangat membosankan sehingga kelompok 10 ini berkeinginan untuk membuat Game yaitu Arsip Legend untuk memudahkan siswa dalam belajar kearsipan.

11. Kelompok 11, Kearsipan
Kelompok 11 ini juga memilih materi kearsipan yang berfokus pada manajemen kearsipan yaitu sistem penyimpanan arsip. Kemudian media yang dipilih adalah Pop Up

Dari berbagai pemaparan para kelompok dapat diambil kesimpulan bahwa dalam pemilihan media pembelajaran yang tepat itu harus melibatkan materi, guru dan siswa dan jika dalam penggunaan suatu media guru masih berperan banyak itu artinya belum dikatakan media. Dalam hal ini media hanya sebagai perantara penyampaian materi selebihnya seorang guru harus mengetahui media apa yang tepat untuk materi yang akan disamapaikan.

Cukup sekian informasi dari saya semoga bermanfaat 

Leave a Reply


Skip to toolbar