Materi Sosiologi Kelas XI Bab I “Tentang Kelompok Sosial”

Salam SosantPedia 🙂

Kali ini saya akan memposting materi Sosiologi kelas XI Kurikulum 2013 mengenai “Tentang Kelompok Sosial” Nah untuk lebih jelasnya,yuk jangan lewatkan membaca postingan ini ya.

BAB I KELOMPOK SOSIAL

Manusia adalah makhluk individu dan juga makhluk sosial, dalam menjalankan aktivitasnya manusia tidak dapat untuk mencukupi kebutuhannya sendiri tanpa banuan dari orang lain. Memang, jika dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya seperti hewan, dia tidak akan dapat hidup sendiri. Seekor anak ayam pun walaupun tanpa induk mampu mencari makan sendiri demikian pula dengan hewan-hewan lainnya seperti kucing, anjing, harimau dll.

Sejak dilahirkan manusia sudah mempunyai dua hasrat atau keinginan pokok, yaitu:

  1. Keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain di sekeliling (masyarakat)
  2. Keinginan untuk menjadi satu dengan suasana alam sekelilingnya.

Untuk dapat menghhadapi dan menyesuaikan diri dengan kedua lingkungan tersebut di atas, manusia menggunakan pikiran, perasaan dan kehendaknya. Di dalam menghadapi alam sekelilingnya seperti udara yang dingin, alam yang kejam dan lain sebagainya, manusia menciptakan rumah, pakaian dan lain-lain

Syarat kelompok sosial, antara lain:

  1. Adanya kesadaran pada setiap anggota kelompok bahwa dia merupakan sebagian dari kelompok yang bersangkutan
  2. Adanya hubungan timbal balik antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnnya
  3. Ada suatu faktor yang dimiliki bersama sehingga hubungan antar mereka bertambah erat, yang dapat merupakan nasib yang sama, kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideologi politik yang sama dan lain-lain. Tentunya faktor mempunyai musuh bersama, misalnya dapat pula menjadi faktor pengikat/pemersatu
  4. Berstruktur, berkaidah dan mempunyaipola perilaku. Bersistem dan berproses

Macam-macam Kelompok Sosial

Klasifikasi Macam-macam Kelompok Sosial Menurut Robert Bierstedt, kelompok memiliki banyak jenis dan dibedakan berdasarkan ada tidaknya organisasi, hubungan sosial antara kelompok, dan kesadaran jenis. Bierstedt kemudian membagi kelompok berdasarkan ada tidaknya organisasi hubungan sosial antara kelompok, dan kesadaran jenis menjadi empat macam antara lain:

  1. Kelompok statis, yaitu kelompok yang bukan organisasi, tidak memiliki hubungan sosial dan kesadaran jenis di antaranya.
  2. Kelompok kemasyarakatan, yaitu kelompok yang memiliki persamaan tetapi tidak mempunyai organisasi dan hubungan sosial di antara anggotanya.
  3. Kelompok sosial, yaitu kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi.

Kelompok Sosial Dipandang dari Sudut Individu

Dalam masyarakat yang sudah kompleks, individu biasanya menjadi anggota dari kelompok sosial tertentu sekaligus, misalnya atas dasar sex, ras, dan sebagainya. Akan tetapi, dalam hal lain seperti di bidang pekerjaan, rekreasi dan sebagainya, keanggotaannya bersifat sukarela. Apabila kelompok sosial dianggap sebagai kenyataan di dalam kehidupan manusia/individu, juga harus diingat pada konsep-konsep dan sikap-sikap individu terhadap kelompok sosial sebagai kenyataan subjektif yang penting untuk memahami gejala kolektivitas.

In-Group dan Out-Group

Dalam proses sosialisasi (socialization), orang mendapatkan pengetahuan antara “kami”nya dengan “mereka”nya. Kelompok sosial merupaka tempat dimana individu mengidentifikasikan dirinya sebagai in-groupnya. Siakap outgroup selalu ditandai dengan suatu kelainan yang berwujud  antagonisme atau antipati. Perasaan in-group dan out-group atau perasaan dalam serta luar kelompok dapat merupakan dasar suatu sikap yang dinamakan etnosentrisme.

Untuk semakin menambah pengetahuan kita, maka saya  berikan link berita yang berkaitan dengan materi kelompok sosial. Silahkan klik link berikut ini https://www.eramuslim.com/berita/nasional/shell-akui-pihaknya-mendukung-kelompok-lgbt-ayoo-boikot.htm

untuk semakin menambah pemahaman kita bersama, saya memiliki soal pengayaan, silahkan bisa kamu jawab soal-soal berikut ini

Soal Pengayaan:

  1. Apa syarat dapat dikatannya sebuah kelompok sosial?
  2. Apa yang dimaksud dengan in-group dan out-group? Jelaskan dan berikan contonya!
  3. Bagaimana kelompok sosial dipandang dari sudut individu?
  4. Dari artikel berita tersebut, bagaimana kesimpulannya?
  5. Bagaimana fennomena kelompok-kelompok sosial yang ada di masyarakat saat ini?

Sumber : Soekanto Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Rajagrafindo Persada: Jakarta

postingan ini sebelumnya telah diposting oleh Itsna Rizqi Istiqomah, untuk lebih jelasnya silahkan klik link berikut ini

Itsna Rizqi istiqomah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: