Cuplikan Sosiologi Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013

Hai Kawan blogger  😀

Postingan kali saya akan memberi pengetahuan mengenai silabus sosiologi SMA kelas X kurikulum 2013. Waktu pelaksanaan kegiatan pembelajaran Sosiologi kelas X dilaksanakan selama tiga jam pelajaran per-minggu. Dalam mendukung kegiatan pembelajaran tersebut, diperlukan suatu materi pembelajaran dan kompetensi dasar untuk dua semester yang akan disajikan sebagai berikut:

  1. Materi Pembelajaran ke 1

Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat : Sosiologi sebagai ilmu sosial; realitas sosial sebagai obyek kajian; kehidupan sosial sebagai objektivitas; serta gejala sosial (tindakan individu, tindakan kolektif, pengelompokan sosial, interaksi antar individu, dan kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat).

Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berfungsi mengkaji gejala sosial di masyarakat.
  • Menalar suatu gejala sosial di lingkungan sekitar dengan menggunakan pengetahuan sosiologis.
  1. Materi Pembelajaran ke 2

Individu, kelompok, dan hubungan sosial : Pembentukan identitas (diri/ saya/ individu dalam hubungan dengan orang lain/ kamu/ individu lain, hubungan antar individu dalam pembentukan kelompok (kami/ kita), hubungan antara individu dengan kelompoknya (saya dan kami/ kita), hubungan antara diri/ saya/ individu dengan kelompok lain (mereka), hubungan antar kelompok (kami/ kita dan mereka)); serta perlunya institusi atau lembaga sosial untuk terciptanya tatanan dan tertib sosial.

Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Mengenali dan mengidentifikasi realitas individu, kelompok dan hubungan sosial di masyarakat.
  • Mengolah realitas individu, kelompok, dan hubungan sosial sehingga mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan sosial di masyarakat.
  1. Materi Pembelajaran ke 3

Ragam gejala sosial dalam masyarakat : Perbedaan sosial, perbedaan individu, perbedaan antar kelompok; multidimensi identitas dalam diri subyek individual maupun kelompok; heterogenitas sosial dalam kehidupan masyarakat; penghargaan atau penghormatan terhadap keanekaragaman atau heterogenitas sosial.

Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami ragam gejala sosial di masyarakat.
  • Mengaitkan realitas sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial di masyarakat.
  1. Materi Pembelajaran ke 4

Metode penelitian sosial : Metode penelitian sosial; merancang penelitian; merumuskan pertanyaan; teknik pengumpulan data; mengolah dan menganalisis data; merumuskan dan menyajikan hasil penelitian.

Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami berbagai metode penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali gejala sosial di masyarakat.
  • Melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: