custom-header

Rumah Ilmu Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi #1

Rumah Ilmu Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi #1
Rumah Ilmu Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi #1
https://jateng.tribunnews.com/2014/06/04/unnes-rancang-green-building-senilai-usd-454-juta

https://jateng.tribunnews.com/2014/06/04/unnes-rancang-green-building-senilai-usd-454-juta

Universitas Konservasi adalah universitas yang dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat memiliki konsep yang mengacu pada prinsip-prinsip konservasi (perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan secara lestari) baik konservasi terhadap sumber daya alam, lingkungan, seni dan budaya. (PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG NOMOR 27 TAHUN 2012 Pasal 1:2)

Universitas konservasi harus memiliki metode yang tepat dalam menyadarkan pentingnya konservasi. konservasi ini yang nantinya akan mengangkat derajat konservasi sehingga konservasi tidak hanya ada di universitas konservasi saja tetapi merata ke seluruh wilayah yang memang harus berbasis konservasi.

Bagaimana Universitas Konservasi bisa memiliki reputasi sangat tergantung pada langkah apa yang akan dilakukan. untuk menjadikan univesitas konservasi bereputasi maka perlu adanya tempat pembelajaran yang memadai dan sesuai dengan konteks. Membangun rumah ilmu adalah salah satu jalan keluarnya.

Rumah Ilmu adalah sebuah wadah yang menjadi tempat atau area bernaung untuk mencari ilmu atau pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu. Rumah ilmu ini akan menjadi acuan bagaimana ilmu itu didapat dengan baik ataukah tidak. Sebuah rumah ilmu yang baik memang wajib hukumnya terutama cara pemberian ilmu yang digunakan. Keberhasilan rumah ilmu dalam pembelajaran tergantung pada siapa yang mengajar, siapa yang diajar, tempat mengajar dan bagaimana cara mengajar. itulah unsur penting yang harus ada.

Namun, rumah ilmu yang dapat mengangkat reputasi universitas konservasi itu seperti apa?. Pastinya rumah ilmu yang sesuai dengan konteks konservasi. Rumah ilmu ini harus memberikan ilmu yang berkaitan dengan konservasi. Selaian itu cara pengajaran yang dilakukan harus bisa membuat mahasiswanya nyaman dan antusias memngikuti kegitan konservasi yang diadakan. Staf pengajar memiliki peran penting barhasil tidaknya pengajaran yang diberikan, pengajar harus tahu betul bagaimana memberikan ilmu yang bermanfaat dan tentunya tidak membosankan bagi mahasiswa. Cara mengajar sangat berpengaruh pada hasil yang akan didapat. Cara mengajar yang menyenangkan sehingga membuat mahasiswa nyaman wajib hukumnya. Misalnya dengan melakukan pembelajaran diluar ruangan sehingga mahasiswa tidak jenuh. Selain itu dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan outdoor seperti terjun langsung ke hutan lindung atau cagar alam. Kenyaman mahasiswa akan memberikan efek entusiame mahasiswa yang akan meningkat drastis.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: