Ujian Tengah Semester (UTS) Bahasa Indonesia saya manfaatkan untuk dua tujuan sekaligus. Pertama, mengevaluasi hasil belajar mahasiswa. Kedua, mengevaluasi kinerja dosen oleh mahasiswa. Kedua hal itu sama-sama penting untuk melaksanakan perkuliahan di masa yang akan datang lebih baik.

Untuk megevaluasi kinerja dosen, saya memberikan angket kepada mahasiswa. Dalam angket, ada lima pertanyaan untuk mengevaluasi kinerja dosen dari aspek penguasaan materi, keterpahaman penjelasan, suasana kelas, motivasi, dan kesanggupan dosen menciptakan pembelajaran yang aktif. Evaluasi dari mahasiswa saya rasa perlu karena saya adalah dosen muda yang belum cukup berpengalaman.

Untuk menggali informasi tentang kelima hal itu, saya menggunakan lima pertanyaan berikut:
1. Menurut Anda, bagaimana tingkat penguasaan materi dosen Bahasa Indonesia?
2. Menurut Anda, apakah penjelasan yang diberikan dosen mudah/sulit dipahami?
3. Menurut Anda, apakah dosen dapat mengelola kelas dengan menyenangkan?
4. Menurut Anda, apakah dosen dapat memotivasi Anda agar belajar dengan lebih baik?
5. Apakah dosen telah menggunakan metode mengajar yang mendorong keaktifan mahasiswa?

Pada setiap pertanyaan, saya memberikan opsi skala satu sampai sepuluh. Selain itu, tersedia kolom isian yang memungkinkan mahasiswa memberikan argumentasi atas pilihan tersebut. Argumentasi mahasiswa penting supaya jawaban yang mereka berika tidak sekadar menjadi data kuanttatif. Mahasswa tidak mencantumkan identitasnya sehingga dapat bersikap independen.

Data yang saya sajikan di bawah ini adalah data dari rombel 19 dengan jumlah mahasiswa 52. Karena ada 4 mahasiswa yang tidak masuk, hanya 48 mahasiswa yang berpartisipasi menjadi responden penelitian kecil ini. Setelah direkapitulasi, berikut saya sajikan hasil evaluasi mahasiswa terhadap kinerja saya.

Pertanyaan 1

Penjelasan:
Mahasiswa yang menjawab 6 dan 7 memberikan alasan bahwa penguasaan materi dosen sudah cukup baik, tetapi terkadang ada materi yang lupa dibahas lagi.

Pertanyaan 2

Penjelasan:
Mahasiswa yang memberikan skor 6 dan 7 merasa bahwa penjelasan yang disampaikan dosen terlalu cepat. Selain itu, mahasiswa juga merasa ada pilihan kata dosen yang masih asing atau baru pertama kali didengar dan tidak dipahaminya.

Pertanyaan 3

Penjelasan:
Mahasiswa yang memberikan skor 5 merasa bahwa kelas bahasa Indonesia tidak menyenangkan karena terlalu membosankan.

Mahasiswa ynag memberi skor 6 berpendapat bahwa suasana kelas sedikit kurang menyenangkan, seharusnya sekali-kali mengajar disertai game atau selingan hiburan.

Mahasiswa yang memberi skor 7 berpendapat bahwa dosen terlalu datar dalam menyampaikan materi.

Pertanyaan 4

Penjelasan:
Mahasiswa yang memberi skor 4 berpendapat bahwa dosen kurang memberikan motivasi.

Mahasiswa yang memberi skor 5 berpendapat bahwa dosen memberi tugas terlalu banyak, cenderung memaksa.

Mahasiswa yang memberi skor 6 merasa bahwa dosen sudah cukup memberikan motivasi namun secara tidak langsung.

Pertanyaan 5

Penjelasan:

Mahasiswa yang memberi skor 5 berpendapat bahwa dosen terlalu memperhatikan mahasiswa yang aktif tetapi kurang memacu kekatifan yang berlum akutf. Menurutnya, ia merasa malu untuk tunjuk tangan jika tidak diberi stumulus oleh dosen.

Mahasiswa yang memberi 6 berpendapat bahwa tidak seluruh mahasiswa yang berpendapat di kelas dan cenderung diam.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Skip to toolbar