Apa itu Arduino?

Arduino adalah salah satu kit mikrokontroller yang berbasis pada Atmega328. Modul ini dilengkapi dengan berbagai hal yang dibutuhkan oleh mikrokontroller untuk bekerja. Hanya dengan menghububngkan dengan USB ke komputer, arduino sudah siap untuk bekerja.

Ada beberapa macam arduino tergantung dari ukuran dan performanya. Beberapa yang populer digunakan adalah arduino UNO, arduino Nano, arduino Mega.

Arduino ini dapat kita gunakan untuk mengendalikan berbagai komponen elektronik dengan cara kita memprogram arduino tersebut. Program yang telah kita buat kemudian di install/flash ke arduino, kemudian arduino akan bekerja sesuai dengan program yang telah kita buat.

Contoh dari arduino adalah kita bisa membuat robot, mengatur kecepatan motor, mengatur suhu, display LCD dan masih banyak lagi.

Robot Arduino

Macam-macam jenis firmware untuk mini quad

Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan perbedaan firmware FC yang tersedia untuk mini quad (drone racing). Kita akan melihat sejarah firmware dan apa yang mereka rutin lakukan.

Banyak dari firmware tersebut memiliki kemampuan untuk menerbangkan quadcopter dan Pesawat yang lain, beberapa dari firmware tersebut data mengendalikan mobil dan robot. Tapi pada kali ini kita akan fokus pada firmware yang berhubungan dengan mini quad (drone race).

Daftar Firmware Flight Controller untuk mini quad

  • Baseflight
  • Cleanflight
  • Betaflight
  • iNav
  • Raceflight
  • KISS
  • OpenPilot
  • LibrePilot
  • TauLabs
  • dRonin

Apa Itu Flight Controller

Flight Controller sering juga disebut dengan FC merupakan otak dari sebuah drone. Biasanya flight controller ini terdiri dari beberapa komponen yang dilengkapi dengan sensor untuk mengetahui arah dari drone. Flight Controller juga menerima perintah dari pengguna, dan mengontrol motor (dinamo) agar drone tetap terbang di udara.

Akhir-akhir ini semua Flight Controller mempunyai sensor wajib yaitu Gyro (Gyroscope) dan ACC (Accelerometer). Beberapa FC ada yang memiliki sensor lebih seperti Barometer dan Magnetometer (Kompas).

Flight Controller juga terhubung dengan komponen lain seperti GPS, LED, Sensor Sonar dll.

Flight Controller untuk drone racing (balap) sangat cepat berkembang. Mulai dari ukuran yang mengecil dan kemampuan prosesor yang semakin baik, serta lebih banyak fungsi yang bisa dipakai.

Evolution of Flight Controller

Firmware Flight Controller

Selain dari perbedaan hardware, flight controller juga menggunakan beberapa firmware berbeda yang memiliki fungsi tersendiri.

Berikut merupakan daftar dari Firmware FC yang terkenal untuk mini quad. Jika anda sama sekali tidak tahu dengan firmware tersebut, saya merekomendasikan  Betaflight. Betaflight memiliki performa yang bagus dan betaflight yang paling populer saat ini.

Firmware FC saat ini biasanya bisa do setting melalui komputer, smartphone, bahkan dari radio kontrol.

 

Skip to toolbar