Apa Itu Flight Controller

Flight Controller sering juga disebut dengan FC merupakan otak dari sebuah drone. Biasanya flight controller ini terdiri dari beberapa komponen yang dilengkapi dengan sensor untuk mengetahui arah dari drone. Flight Controller juga menerima perintah dari pengguna, dan mengontrol motor (dinamo) agar drone tetap terbang di udara.

Akhir-akhir ini semua Flight Controller mempunyai sensor wajib yaitu Gyro (Gyroscope) dan ACC (Accelerometer). Beberapa FC ada yang memiliki sensor lebih seperti Barometer dan Magnetometer (Kompas).

Flight Controller juga terhubung dengan komponen lain seperti GPS, LED, Sensor Sonar dll.

Flight Controller untuk drone racing (balap) sangat cepat berkembang. Mulai dari ukuran yang mengecil dan kemampuan prosesor yang semakin baik, serta lebih banyak fungsi yang bisa dipakai.

Evolution of Flight Controller

Firmware Flight Controller

Selain dari perbedaan hardware, flight controller juga menggunakan beberapa firmware berbeda yang memiliki fungsi tersendiri.

Berikut merupakan daftar dari Firmware FC yang terkenal untuk mini quad. Jika anda sama sekali tidak tahu dengan firmware tersebut, saya merekomendasikan  Betaflight. Betaflight memiliki performa yang bagus dan betaflight yang paling populer saat ini.

Firmware FC saat ini biasanya bisa do setting melalui komputer, smartphone, bahkan dari radio kontrol.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: