Archive for Desember 15th, 2015

Materi Sosiologi Kelas XI : Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni

Desember 15, 2015 in Pembelajaran Sosiologi SMA,Sosiologi | Comments (0)

kartun

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara yang multikultural, negara yang kaya akan keberagaman suku bangsa di dalamnya. Yang mana Setiap suku bangsa mempunyai keunikan sendiri sendiri, berbeda satu sama lain. Perbedaan tersebut sangatlah luas cakupannya. Mencakup perbedaan agama, ras, suku, adat istiadat, bahasa, dan sebagainya. Indonesia adalah negara yang beragam, termasuk didalamnya adalah keragaman akan kebudayaan. Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia , ragam berarti macam atau jenis. Ada tiga macam yang mengambarkan masyarakat yang majemuk yaitu masyarakat Plural, masyarakat Heterogen, dan masyarakat multukultural. (more…)


Materi Sosiologi Kelas XI : Permasalahan Sosial dalam Masyarakat

in Pembelajaran Sosiologi SMA,Sosiologi | Comments (0)

Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.

Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya. (more…)


Materi Sosiologi Kelas XI : Pembentukan Kelompok Sosial

in Pembelajaran Sosiologi SMA,Sosiologi | Comments (0)

Manusia apabila disandingkan dengan makhluk hidup lain seperti hewan, maka dia tiak akan mungkin bisa bertahan hidup sendiri. Misalnya saja seekor anak ayam, walaupun ditinggal induknya tetap bisa mencari makan sendiri, namun manusia tanpa manusia lain pasti akan mati. Dalam menghadapi alam sekeliling maka manusia harus hidup berkawan dengan manusia-manusia lainnya. Karena apabila manusia hidup sendiri, maka akan terjadi gangguan dalam perkembangan jiwanya. Naluri ¬†manusia untuk selalu hidup dengan orang lain disebut dengan gregariousness sehingga manusia disebut juga social animal (hewan sosial), yaitu hewan yang mempunyai naluri untuk senantiasa hidup bersama.¬† Karena sejak dilahirkan manusia sudah mempunyai dua hasrat atau keinginan pokok, yaitu: (more…)