Mencapai kebebasan finansial adalah impian bagi kebanyakan orang. Akan tetapi, hanya sedikit membuat mimpi menjadi kenyataan. Berikut ini adalah 10 kebiasaan kunci yang membantu membuka jalan tersebut.

1. Tetapkan Tujuan Hidup

Sebuah keinginan “kebebasan finansial” terlalu samar dari sebuah tujuan. Apa artinya bagi Anda? Tuliskan berapa banyak Anda harus memiliki rekening bank Anda, apa gaya hidup memerlukan dan pada usia berapa ini harus dicapai. Semakin spesifik tujuan Anda, semakin tinggi kemungkinan mencapai keinginan tersebut. Kemudian, hitung mundur dengan situasi saat ini dan bangun mileposts keuangan secara berkala. Menuliskan semuanya secara rapi. Terakhir, menempatkan lembar tujuan di awal sebagai pengikat keuangan Anda.

2. Membuat Anggaran

Membuat anggaran rumah tangga bulanan dan berpegang teguh pada itu. Kedua hal itu adalah cara terbaik untuk memastikan semua tagihan terbayar dan tabungan sesuai jalurnya. Hal ini juga yang memperkuat tujuan Anda. Selain itu, hilangkan untuk berbelanja secara Royal.

3. Bayar Kartu Kredit Secara Penuh

Kartu kredit dan pinjaman konsumen berbunga tinggi serupa racun untuk membangun kekayaan. Membuat sebuah titik untuk melunasi saldo penuh setiap bulan. Anda bisa beralih pada pinjaman mahasiswa, hipotek, dan pinjaman serupa biasanya memiliki suku bunga yang jauh lebih rendah. Hal ini akan membuat Anda sedikit lebih cepat untuk melunasinya.

4. Buat Tabungan Otomatis

Bayar diri Anda terlebih dahulu. Mendaftarkan diri dalam rencana pensiun majikan Anda dan membuat penuh penggunaan manfaat pencocokan-kontribusi. Akan lebih bijak jika memiliki penarikan otomatis untuk dana darurat. Biaya hidup setidaknya dua sampai tiga bulan, yang dapat dimanfaatkan untuk biaya tak terduga dan kontribusi otomatis ke rekening perantara atau akun yang sama. Idealnya, uang harus ditarik pada hari yang sama Anda menerima gaji, sehingga Anda akan terhindar dari godaan untuk memakainya.

5. Mengabaikan keluarga Jones

Seorang tetangga pembual memamerkan mobil baru atau smartphone terbarunya. Hal yang dapat Anda lakukan adalah senyum sopan, mengangguk, dan mengambil kenyamanan mengetahui upahmu akan datang sepuluh kali lipat di masa depan.

6. Mengecek Kredit

Nilai kredit seseorang menentukan tingkat apa yang ditawarkan saat membeli mobil baru atau refinancing rumah. Hal ini juga berdampak pada hal-hal yang tidak terkait. Misalkan, asuransi mobil dan premi asuransi jiwa. Alasannya adalah orang dengan kebiasaan keuangan nekat juga cenderung sembrono dalam aspek kehidupan lainnya seperti mengemudi dan minum. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mendapatkan laporan kredit secara berkala untuk memastikan tidak ada tanda hitam yang keliru. Hal ini dikhawatirkan dapat merusak nama baik Anda.

7. Merundingkan

Banyak orang Amerika yang ragu-ragu untuk bernegosiasi untuk barang dan jasa. Kekhawatiran itu membuat mereka tampak murah. Mengatasi handicap budaya ini dan Anda bisa menyimpan ribuan setiap tahun. Usaha kecil, khususnya, cenderung terbuka untuk negosiasI. Dimana membeli dalam jumlah besar atau berulang bisnis dapat membuka pintu untuk diskon yang baik.

8. Pendidikan Berkelanjutan

Meninjau semua perubahan yang berlaku dalam hukum pajak setiap tahun. Hal ini dilakukan untuk memastikan semua penyesuaian dan pemotongan yang dapat dimaksimalkan. Mengikuti berita keuangan dan perkembangan di pasar saham, dan jangan ragu untuk menyesuaikan portofolio investasi Anda sesuai. Pengetahuan juga merupakan pertahanan terbaik terhadap mereka yang memangsa investor canggih untuk mengubah uang dengan cepat.

9. Pemeliharaan yang Tepat

Merawat properti mulai dari mobil, mesin pemotong rumput, sepatu dan pakaian membuat mereka bertahan lebih lama. Karena biaya pemeliharaan akan lebih kecil dari biaya penggantian. Hal itu adalah investasi yang tidak boleh dilewatkan.

10. Latihan dan Makan Tepat

Prinsip perawatan yang tepat juga berlaku untuk tubuh. Beberapa perusahaan telah membatasi hari sakit, sehingga kerugian penting dari pendapatan setelah hari-hari yang digunakan. Obesitas dan penyakit membuat premi asuransi meroket. Kesehatan yang buruk dapat memaksa pensiun lebih awal dengan pendapatan bulanan yang lebih rendah.

Source : http://blog.techarea.co.id/ini-10-kebiasaan-akan-membantu-anda-mencapai-kebebasan-finansial/